Sabtu, 18 Mei 2024

Breaking News

  • Ketua DPC PJS Kota Palembang Soroti Pembangunan Terminal Batubara Kramasan   ●   
  • Pernyataan Wan Abu Bakar Berpotensi Primordialisme, Tokoh Riau Edy Natar Nasution Angkat Bicara   ●   
  • Dinkes Siak dan Apkesmi Gelar Webinar, Perkenalkan Program ILP   ●   
  • Mahasiswa Hukum UIR Raih Best Speaker di Kontes Duta Wisata Riau 2024   ●   
  • UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp 70 Juta dari Bank Syariah Indonesia   ●   
Kilas Balik Kepemimpinan Gubernur Riau Edy Nasution 2023 dan Harapan di 2024
Minggu 31 Desember 2023, 10:42 WIB
Edy Natar Nasution saat dilantik menjadi Gubernur Riau oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara

Pekanbaru berazamcom - Keberhasilan suatu kepemimpinan dapat dilihat dari berbagai aspek, termasuk sosial, politik, ekonomi, dan integritas seorang pemimpin. Begitu pun dengan kepemimpinan Gubernur Riau, Edy Nasution, dalam tahun 2023. Sebagai seorang yang diharapkan mampu memberikan perubahan nyata bagi masyarakat Riau, proses evaluasi dan harapan di tahun mendatang adalah hal yang penting untuk disimak.

Dalam aspek sosial, kepemimpinan Edy Nasution di tahun 2023 dapat dikatakan cukup memberikan dampak positif. Terdapat inisiatif dan program-program yang diluncurkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti pembangunan infrastruktur yang memperbaiki kualitas hidup masyarakat serta memberikan akses yang lebih baik bagi pendidikan dan kesehatan. Namun, tetap diperlukan evaluasi untuk memastikan bahwa program-program tersebut benar-benar mencapai sasaran yang diinginkan dan mampu mengatasi masalah sosial yang masih ada.

Dalam bidang politik, kepemimpinan Edy Nasution juga penting untuk dilihat dari sudut pandang stabilitas politik daerah. Keharmonisan antara pemerintah daerah dengan legislatif serta kemampuan dalam menjalankan roda pemerintahan dengan baik adalah hal yang perlu dievaluasi. Mampukah Edy Nasution menjaga stabilitas politik daerah dan merangkul semua pihak agar dapat bekerja sama dalam menghadapi permasalahan yang bermunculan? Evaluasi mendalam perlu dilakukan untuk memastikan pemerintahan yang efektif dan partisipasi aktif semua pihak. Di titik ini Edy Nasution dinilai tidak akan sulit melakukan perubahan yang nyata karena dia telah memiliki pengalaman dan latar belakang pendidikan yang mumpuni.

Dalam aspek ekonomi, pencapaian dalam pembangunan ekonomi daerah menjadi indikator penting bagi keberhasilan kepemimpinan. Tahun 2023 menjadi tahun evaluasi mengenai upaya pemerintah dalam memperkuat sektor ekonomi daerah, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan perekonomian rakyat, serta menjaga stabilitas ekonomi. Apakah program-program yang dilaksanakan mampu memberikan dampak positif dalam perekonomian dan kesejahteraan masyarakat? Evaluasi yang komprehensif diperlukan untuk menetapkan langkah-langkah kebijakan yang lebih baik pada tahun mendatang. Edy Nasution dengan segala daya dan kekuatan yang ada diyakini mampu mewujudkan semua program program yang di 2023 mungkin masih belum memuaskan semua pihak. Hal ini lumrah terjadi dalam pemerintahan apalagi Edy Nasution menjaba hanya dalam waktu yang sangat singkat. Sebelumnya Edy hanya menjabat Wakil Gubernur. Dia bersama Syamsuar telah berupaya untuk mewujudkan janji janji kampanye mereka kendati belum sepenuhnya terealisasi secara konprehensif.

Selain itu, seorang pemimpin yang kuat perlu memiliki kepemimpinan yang baik, pro rakyat, dan agamis. Kualitas kepemimpinan yang efektif dalam mengambil keputusan, berkomunikasi dengan baik, dan mampu memimpin dengan tindakan yang adil dan bertanggung jawab merupakan tolok ukur yang penting. Bagaimana kepemimpinan Edy Nasution dalam hal ini? Jawaban nya banyak pihak yang mengapresiasi kinerjanya.

Satu hal yang spektakuler yang dia tunjukkan adalah sikap tegas dan pro rakyat dengan menginstruksikan kepada para staf nya membentuk tim gabungan untuk mendalami terhadap adanya potensi pelanggaran hukum PT SIR dalam memperoleh HGU yang berkonflik dengan masyarakat Okura yang selama ini tidak mendapatkan hak hak yang seharusnya diberikan secara adil oleh PT SIR. Kebijakan mantan Danrem 031/WB ini langsung direspon oleh berbagai elemen masyarakat.

Dengan kebijakan tersebut harapan di tahun 2024 adalah akan semakin mengokohkan dan memperkuat kepemimpinannya yang pro rakyat dan agamis, serta mampu menghadirkan kebijakan yang adil dan bermartabat bagi seluruh rakyat Riau.

Diatas semua yang telah diikhtiarkan selama ini Edy Nasution selalu mengingatkan bahkan mengajak masyarakat untuk tidak lupa menunaikan solat sebagai wujud membangun hubungan intim dengan Allah SWT Tuhan semesta alam. Menurut dia langkah ini harus menjadi prioritas utama sebelum melakukan kewajiban pekerjaan yang ditugaskan kepada seluruh birokratnya di lingkungan Pemprov Riau. Lewat gerakan dakwah Sholat Subuh Berjamaah atau yang lebih populer dengan sebutan GSSB, Edy dinilai berhasil membentuk dan memperkuat keimanan para pegawai maupun seluruh rakyat Riau.

Dalam kesimpulannya, kilas balik kepemimpinan Gubernur Riau Edy Nasution di tahun 2023 menunjukkan adanya keberhasilan dalam berbagai aspek, namun evaluasi menyeluruh tetap perlu dilakukan untuk memastikan peningkatan yang berkelanjutan di tahun mendatang.

Harapan di tahun 2024 adalah mampu menjaga sosial politik yang stabil, menggerakkan sektor ekonomi daerah, dan memiliki kepemimpinan yang kuat dengan nilai-nilai pro rakyat dan agamis. Dengan demikian, masyarakat Riau dapat berharap untuk masa depan yang lebih baik di bawah kepemimpinan Edy Nasution.

"Seorang pemimpin dihargai, disegani, dan dihormati bukan karena kewenangan dan kekuasaan yang dimilikinya, melainkan kapabilitas yang diwujudkan dalam kinerja yang terpuji."

Agaknya kata bijak ini tidak berlebihan jika disematkan pada Edy Natar Nasution karena gelagat kearah itu sudah memancar dan bakal melesatkannya ke panggung kontestasi pemilihan pemimpin Riau tahun 2024 yang penuh halang rintang dan harapan  perubahan baru demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Riau secara keseluruhan.  Amin!


Editor: Yanto Budiman




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top