Jum'at, 06 Desember 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Direktur PT SSS Mengaku Siap Mengikuti Proses Hukum

Senin, 12-08-2019 - 23:42:50 WIB

 
Lokasi lahan PT SSS di desa Kuala Panduk kecamatan Teluk Meranti

TERKAIT:
 
  • Direktur PT SSS Mengaku Siap Mengikuti Proses Hukum
  •  

    Pekanbaru, Berazam-Direktur operasional PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS) mengaku pasrah dan akan koperatif jika dipanggil pihak penyidik kepolisian. Bahkan dia menegaskan siap menghadapi segala kemungkinan yang terburuk termasuk dijadikan sebagai tersangka.

    "Saya akan memberikan semua informasi jika diminta pihak kepolisian, saya akan koperatif dan siap menghadapi segala kemungkinan yang terburuk termasuk dijadikan sebagai tersangka," kata Eben, melalui sambungan telepon seluler nomor 082170706xxx, Senin (12/8) malam.

    Menurut Eben, tersangka belum tentu bersalah atau tidak. Namun, sebagai salah seorang direksi, dia akan mengikuti semua proses hukum yang dilakukan pihak penyidik kepolisian, dalam hal ini Polda Riau.

    "Tersangka kan belum pasti atau belum tentu bersalah. Namun sebagai warga negara yang taat hukum saya akan mengikuti semua proses hukum yang berlaku," pungkasnya.

    Perusahaan perkebunan sawit, PT SSS, menjadi tersangka korporasi di kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. Polisi menetapkan tersangka ke PT SSS karena lalai mengawasi lahan mereka. 

    "Dalam hal ini kelalaian mereka. Jadi lahan yang sekian ribu hektare itu dibiarkan, tidak diawasi, tidak dirawat, sehingga terjadi kebakaran," jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019), dikutip dari laman Detik.com.

    Dedi menambahkan, pihaknya masih melakukan pendalaman untuk menggali jenis kelalaian yang dilakukan perusahaan tersebut. Dia menjelaskan, tidak tertutup kemungkinan penetapan tersangka akan dilakukan ke jajaran direksi hingga karyawan.

    "Nanti akan dicek semua tingkat kelalaiannya di mana, apakah mulai direksi sampai karyawan tidak peduli terhadap lahan yg menjadi tanggung jawab dan kontrol dia. Kalau memang terbukti, ya, nanti tidak menutup kemungkinan dari mulai direksi sampai karyawan yg bertanggung jawab mengontrol lahan tersebut bisa dijadikan tersangka," sambung Dedi.

    Dedi menerangkan, 15 saksi, dari direksi sampai karyawan, telah dimintai keterangan soal sejauh mana kegiatan kontrol mereka terhadap lahan dan seperti apa prosedur pengawasan lahan.

    "Ini sudah dimintai keterangan 15 orang, mulai dari direksi kemudian layer di bawahnya sampai dengan karyawan. Sampai sejauh mana kontrol mereka terhadap lahan menjadi tanggung jawab mereka. Kan sudah ada pembagian-pembagiannya, sudah ada SOP-nya," terang Dedi.

    Polda Riau menetapkan perusahaan perkebunan sawit PT SSS sebagai tersangka dalam perkara kebakaran hutan dan lahan. Perusahaan tersebut berada di Kabupaten Pelalawan.

    "Kami sudah tetapkan tersangka korporasi PT SSS, saya sebutkan inisial," kata Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo, saat jumpa pers di lokasi Karhutla, di Pekanbaru, yang dikutip dari Antara, Jumat (9/8).

    bazm2





     
    Berita Lainnya :
  • Direktur PT SSS Mengaku Siap Mengikuti Proses Hukum
  •  

    Komentar Anda :