Kamis, 18 April 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
14 Burung Langka Diamankan Dari Tangan Pedagang

Kamis, 14-02-2019 - 00:53:00 WIB

 


TERKAIT:
 
  • 14 Burung Langka Diamankan Dari Tangan Pedagang
  •  

    Pekanbaru, Berazam.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau mengamankan sebanyak 14 ekor burung bangau berjenis Ardea Purpurea dari seorang yang menjual hewan tersebut di Jalan Lintas Pekanbaru-Lipat Kain, Kampar.

    Kemarin, Selasa (12/02) Polisi Kehutanan BBKSDA Riau Bidang wilaya I akan melaksanakan kegiatan patroli di Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling di dalam perjalanan menujur lokasi, petugas Polhut menemukan seorang pedagang yang tengah menjual burung tersebut dipinggir jalan.

    "Burung tersebut terpaksa diamankan karena merupakan jenis burung liar yang dilindungi, dan tidak dibenarkan untuk diperjualbelikan ataupun dipelihara," ujar Kepala Bidang Teknis BBKSDA Riau, M Mahfud, Rabu (13/02).

    Pedagang yang diketahui bernama Dani tersebut mengaku mendapatkan hewan yang dilindungi tersebut didapatkannya di sungau didesa nya, karena burung tersebut memang biasa hidup di tepian air.

    "Saat diinterogasi petugas, yang bersangkutan tidak mengetahui bahwa satwa ini merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi oleh Undang-undang. Petugas segera mengamankan satwa sekaligus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada penjual dan beberapa masyarakat yang berada di sekitar kejadian,"jelas Mahfud.

    Sampai saat ini BBKSDA masih terus mendamali jenis burung yang di jual oleh Dani tersebut. Karena masih tergolong kecil, hewan tersebut masih sulit untuk dikenali.

    "Untuk sementara ini jenis Ardea SP, karena masih anak-anak, belum bisa kita pastikan. Namun berdasarkan dari ciri fisiknya, memiliki uban di jambul, paruh dan kakinya warna kuning, ini mengarah ke Ardea Sumatrana," jelasnya lagi.

    Mahfud menuturkan hewan tersebut dijual dengan harga yang berfariasi tergantung dari besar kecilnya ukuran hewan tersebut.

    "Yang kecil dijual Rp.10ribu dan yang besar dijual Rp.15ribu,"jelasnya.

    Selanjutnya ke14 burung tersebut dibawa ke Pekanbaru, tepatnya di kantor BBKSDA. Dan secepatnya akan dilepaskan kembali kemargasatwa.

    "Kita lihat sifat alaminya masih kuat, saat diberikan makanan sudah bisa makan sendiri tanpa harus disuap," tukasnya.

    Untuk diketahui, sebelumnya juga telah diamankan 18 ekor Burung dengan jenis yang sama pada Senin, 11 Februari 2019 di Jl. Lintas Pematang Reba, Kec. Rengat Barat, Kab. Indragiri Hulu oleh petugas Bidang KSDA Wilayah I Balai Besar KSDA Riau. Dan saat ini satwa tersebut diamankan di Kantor Bidang KSDA Wil. I di Rengat. Sedangkan keempat belas satwa yang ditemukan di Kab. Kampar saat ini berada di kandang transit satwa Balai Besar KSDA Riau untuk observasi sebelum dilakukan tindakan konservasi lebih lanjut demi kelestariannya. *bzam09



     
    Berita Lainnya :
  • 14 Burung Langka Diamankan Dari Tangan Pedagang
  •  

    Komentar Anda :