Rabu, 21 08 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
55 Perusahaan Se-Indonesia Ditegur Kementerian LHK

Senin, 12-08-2019 - 23:29:22 WIB

 


TERKAIT:
 
  • 55 Perusahaan Se-Indonesia Ditegur Kementerian LHK
  •  

    Pekanbaru, Berazam.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK) Siti Nurbaya mengaku sudah mengantongi beberapa perusahaan yang diduga melakukan pembakaran hutan.

    "Kita sudah ada records nya, dan termasuk juga yang di Tesonilo. Dan kasus juga sedang diproses, saya juga kemari dilaporkan dari dinas mungkin masih ada 2 perusahaan lagi yang akan kena," Ujarnya seusai melakukan rapat di Ruang VIP Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, bersama Panglima TNI,Kapolri, dan Forkopimda Provinsi Riau,Senin (12/8/2019) petang tadi.

    Masih dikatakan Menteri Siti, dirinya juga mendapatkan data dari Gubernur Riau, Syamsuar saat melakukan rapat terkait perusahaan dan juga wilayah yang terdampak kebakaran lahan dan hutan.

    "Data dari pak Gubernur dan dari data yang saya ikuti ini lagi banyak di Kabupaten Siak dan Pelalawan, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir," Ujarnya.

    "Kalau dilihat disana ada konsesi-konsesi, jadi saya akan teliti aja, " Tambahnya.

    Terkait sanksi apa yang akan dikenakan oleh perusahaan yang diduga terlibat pembakaran hutan, Siti mengatakan di Kementerian LHK ada terdapat beberapa sanksi yang akan dijatuhkan jika perusahaan tersebut melakukan pembakaran hutan ataupun lahan.

    "Kalau di lingkungan ada sanksi administratif, perdata maupun pidana. Nanti akan tinggal proses saja sebetulnya," Tegasnya.

    Menteri Siti juga mendukung upaya TNI ataupun Polisi yang jika kedapatan dilapangan ada yang dengan sengaja membakar langsung menangkap oknum tersebut.

    "Tadi Panglima dan Kapolri mengatakan langsung ditangkap, pada dasarnya kita lakukan kaloboratif saja," Bebernya.

    Terkait berapa banyak perusahaan yang sudah diberikan peringatan oleh Kementerian LHK, Siti menyebutkan puluhan perusahaan yang ada di Indonesia sudah diberikan peringatan.

    "Sampai saat ini kita (Kementerian-LHK) sudah memberikan peringatan terhadap 55 perusahaan se-Indonesia," Jelasnya.

    "Sekarang kelihatannya memang aspek penegakkan hukum dan bagaimana menolong pembukaan lahan untuk masyarakat yang secara konsopsual harus diperbaiki," Pungkasnya. *bzam09



     
    Berita Lainnya :
  • 55 Perusahaan Se-Indonesia Ditegur Kementerian LHK
  •  

    Komentar Anda :