Senin, 09 Desember 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Kapolri: Tangkap Pembakar Hutan Dan Lahan

Selasa, 13-08-2019 - 00:20:34 WIB

 


TERKAIT:
 
  • Kapolri: Tangkap Pembakar Hutan Dan Lahan
  •  

    Pekanbaru, Berazam.com - Kepala Kepolisian Republika Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Tito karnavian mengatakan 90 persen dari penyebab Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Indonesia merupakan ulah dari tangan manusia.

    "Informasi yang dikumpulkan termasuk dari kepala BNPB, diatas 90persen penyebabnya karena manusia," Ujar Kapolri seusai melakukan rapat di Ruang VIP Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, bersama Panglima TNI,Kementerian LHK,BNPB dan Forkopimda Provinsi Riau,Senin (12/8/2019) petang tadi.

    Karena tingginya angka kebakaran hutan dan lahan akibat ulah manusia, Kapolri memerintahkan jajarannya untuk melakukan tindakan tegas jika mendapati orang yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan.

    "Saya sudah memerintahkan jajaran Polda seluruh Indonesia untuk melakukan tindakan tegas dan lakukan proses hukum terhadap pelaku pembakaran," Ucapnya.

    Masih dikatakan Tito, dirinya juga memerintahkan setiap orang seperti masyarakat, TNI serta Polisi jika mendapati pelaku pembakaran untuk segera dilakukan penangkapan.

    "Jika kedapatan segera lakukan penangkapan dan langsung diserahkan kepada penyidik," Tegasnya.

    Lebih jauh Tito mengatakan Kepolisian sudah banyak melakukan penangkapan terhadap pelaku pembakaran hutan, namun dirinya mengaku ingin ada tindakan yang lebih tegas lagi untuk pelaku pembakaran hutan termasuk kepada perusahaan sehingga menimbulkan efek jera bagi pelakunya.

    Sejauh ini, sebanyak 5 perusahaan di Riau yang mana wilayahnya kedapatan mengalami kebakaran terpantau oleh Satgas Karhutla. Kapolri menegaskan akan melakukan tindakan.

    "Kalau itu dibakar oleh korporasi kita akan lakukan tindakan, tapi kalau dari luar kemudian merambat sehingga dia menjadi korban kita akan memperoleh pembakar pertama. Saya kira itu berbeda," Pungkasnya. *bzam09



     
    Berita Lainnya :
  • Kapolri: Tangkap Pembakar Hutan Dan Lahan
  •  

    Komentar Anda :