Rabu, 16 Oktober 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Wisuda 1.044 orang, Rektor Sampaikan Kemajuan Unilak

Sabtu, 12-10-2019 - 19:50:05 WIB

 
Rektor Unilak Hj Hasnati menaburkan beras kuning kepada para wisudawan

TERKAIT:
 
  • Wisuda 1.044 orang, Rektor Sampaikan Kemajuan Unilak
  •  

    Pekanbaru, berazamcom - Universitas Lancang Kuning kembali mewisuda 1.044 orang yang terdiri dari program pascasarjana dan sarjana yang berlangsung dalam sidang senat terbuka di hotel Labersa, Pekanbaru, Sabtu, (12/12019).

    Sidang senat terbuka itu dipimpin langsung Rektor Unilak Dr Hj Hasnati SH MH, dihadiri senat universitas, Gubernur Riau yang diwakili Kepala Balitbang Riau
    Dra Arbaini MT, Kepala LLDIKTI diwakili Jamurin SH MH (Kapala Bagian Sistem Informasi), Sekretaris Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji, Drs M Thamrin MM, Badan Pengawas Yayasan, guru besar Unilak, Ketua IKA Unilak Ayub Khan SH MSi, wisudawan, orangtua dan undangan lainnya.

    1.044 wisudawan ini berasal dari 9 fakultas dan pascasarjana. Dengan rincian Fakultas Ilmu Administrasi 90 orang, Fakultas Ekonomi 244 orang, Fakultas Teknik 41 orang, Fakultas Pertanian 42 orang, Fakultas Hukum 288 orang, Fakultas Ilmu Budaya 50 orang, Fakultas Kehutanan 13 orang, Fakultas Ilmu Komputer 115 orang, dan FKIP 108 orang. Dan untuk Pascasarjana, dari Prodi Magister Manajemen 17 orang, dan Magister Hukum 36 orang.

    Rektor Unilak Hj Hasnati menyebutkan hingga periode 59, unilak telah meluluskan alumni sebenyak 26.078 orang. Dengan rincian Sarjana 25.540, orang dan Pascasarjana 538 orang.

    "Selamat kepada para wisudawan yang telah meraih gelar sarjana, terimakasih juga kepada para orangtua yang telah mendukung anak-anaknya. Ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya turut saya sampaikan kepada seluruh pendiri universitas semoga jasa mereka tercatat sebagai amal saleh oleh Allah SWT," sebut Hasnati.

    Menurut Hasnati, dirinya berharap para lulusan dapat menjadi orang berbudi dan bermanfaat serta siap menghadapi tantangan ke depan seperti saat ini. Di era revolusi industri 4.0 dibutuhkan para lulusan yang siap berkompetisi, penuh kreatif dan kompeten di dalam segala bidang.

    Dia mengatakan, Unilak memberikan apresiasi ke seluruh civitas akademika yang telah menjadikan Unilak maju dengan meraih akreditasi B untuk institusi, dan dua prodi berakreditasi A, serta 17 prodi berakreditasi B.

    Di wisuda ini, Hasnati juga menjabarkan berbagai kemajuan dan prestasi yang di raih Unilak. Salah satunya prodi akuntansi yang meraih akreditasi A dari Ban PT. Selain itu, di bidang teknologi, sistem informasi karya Fasilkom Unilak digunakan oleh Pemkot Pekanbaru untuk mendukung smart city.

    Unilak juga mendukung penuh prestasi mahasiswa, tambah Hasnati. Diantara prestasi mahasiswa itu, mendapat juara satu NUDC LLDIKTI Wilayah X yang diraih mahasiswa FKIP dan hukum, juara kompetisi akutansi, juara 1 sepaktakraw di Jakarta, mahasiswa Unilak juga meraih tiga medali emas, satu perak dan tiga perunggu di POMNAS Jakarta 2019. Kemudian memperoleh juara tiga dayung HUT kota Pekanbaru 2019, juara bola basket CBL Pekanbaru, pemenang olimpiade akuntansi, dan banyak lagi.

    Sementara itu, Sekretaris Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji, Drs M Tamrin MM mengucapkan selamat kepada prodi akuntansi yang meraih akreditasi A. "Semoga prestasi ini dapat memicu prodi lainya, agar cita-cita unggul tahun 2030 dapat menjadi kenyataan. Saya ucapkan selamat kepada wisudawan dan jangan berhenti pada gelar sarjana saja. Tingkatkan terus ke jenjang yang lebih tinggi, karena di Unilak sudah ada dua prodi magister, silahkan melanjutkan pendidikan," sebutnya menyemangati.

    Selanjutnya, Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Balitbang Dra Arbaini MT mengucapkan terimakasih kepada Unilak atas daya dan upayanya yang terus eksis dan berkiprah di dunia pendidikan.

    "Semoga ini menjadi awal pembuka jalan untuk meraih kesuksesan dalam pembangunan khususnya di Riau. Kita berharap para wisudawan mempunyai jiwa enterpreneur, karena saat ini persaingan pada dunia kerja sangat ketat. Sebaiknya tidak lagi mencari pekerjaan, tapi membuka lapangan pekerjaan baru. Lulusan perguruan tinggi harus menjadi pioner penggerak ekonomi," harap Arbaini.

    Kepala LLDIKTI wilayah X yang diwakili Kepala Bagian Sistem Informasi Jamurin SH MH mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan
    Unilak. Menurutnya saat ini Unilak menjadi salah satu perguruan tinggi yang bagus, terus maju, berkembang, dan semoga kedepan menjadi unggul.

    "Untuk menjadi unggul harus didukung oleh kualitas dosen. Didalam mengajar dosen mesti tepat waktu, meningkatkan riset, publikasi terindeks scopus dan shinta. Kemudian, tempat pendidikan harus berbasis karakter. Selanjutnya perkuat dan perbanyak kerjasama dengan instansi terkait, seperti pemerintah, swasta, pengusaha, melakukan kerjasama baik didalam negeri maupun luar negeri. Lalu, meningkatkan akreditasi baik prodi maupun institusi.dengan terus meningkatkan sistem penjamin mutu internal (SPMI). Yang terakhir mengembangkan kurikulum yang mengarah ke enterpreunership/berwirausaha agar mendorong lulusan mampu membuka lapangan kerja," ujar Jamirun.

    Di prosesi wisuda Unilak kali ini dipenuhi dengan nilai-nilai budaya Melayu, di antaranya pembacaan ayat suci Alquran, pantun, petuah Melayu, dan tepuk tepung tawar untuk 1.044 wisudawan.*rls






     
    Berita Lainnya :
  • Wisuda 1.044 orang, Rektor Sampaikan Kemajuan Unilak
  •  

    Komentar Anda :