Rabu, 16 Oktober 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Bersinergi Mempertahankan NKRI, Ilham Hudi : Bukan Berdasarkan Yang Diperintah dan Yang Memerintah

Kamis, 15-08-2019 - 15:52:00 WIB

 
Ilham Hudi, S.Pd.M.Pd Dosen Universitas Muhammadiyah Riau

TERKAIT:
 
  • Bersinergi Mempertahankan NKRI, Ilham Hudi : Bukan Berdasarkan Yang Diperintah dan Yang Memerintah
  •  

    Berazamcom - Sebagaimana  diwasiatkan oleh pendiri republik ini, Soekarno bahwa “kebesaran dan kemakmuran bangsa ini tidak pernah jatuh gratis dari langit, tetapi selalu merupakan kristalisasi keringat (kerja keras)”.

    Artinya tidak lain adalah bahwa keberhasilan bangsa Indonesia dalam sejarah perjuangan menegakkan kemerdekaan untuk bebas dari belenggu penjajah tidak lepas dari jerih payah dan tetesan darah para pejuang pahlawan bangsa yang bersedia mengorbankan jiwa raga demi mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

    Kondisi riil perjuangan untuk melepaskan diri dari belenggu penjajah yang telah dilakukan di berbagai wilayah nusantara oleh pahlawan dengan mempertaruhkan jiwa raga tentunya harus kita syukuri dengan mengisi dan mempertahankan kemerdekaan melalui kesadaran melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.

    Dengan mengetahui dan mau belajar sejarahnya maka setiap warga negara sadar akan hak dan kewajibannya serta mampu bertindak dan mengambil keputusan.

    Warga negara harus mengetahui gambaran sejarah negara, sehingga negara berkewajiban untuk sejauh mungkin memperkenalkan visi kesejarahan dan memberikan gambaran tentang sebuah sejarah nasional yang dapat dipahami dari generasi ke generasi. Terutama mengenai pengalamana masa lampau di mana penjajahan tidak hanya menorehkan  kesengsaraan dan penderitaan baik fisik maupun psikis tetapi juga nyawa yang harus dibayar.

    Oleh karena itu melalui penegasan kesejarahan nasional, diharapkan identitas bangsa akan terus terpelihara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

    Bersinergi Mempertahankan NKRI,
    Waktu terus berjalan tanpa terasa telah 74 tahun kita menapaki sejarah perjalanan bangsa ini. Namun kemerdekaan yang kita peroleh tentunya bukanlah akhir dari perjuangan, tetapi ada momentum yang harus kita manfaatkan terutama dalam upaya mengisi kemerdekaan republik yang kita cintai ini, tidak hanya melaksanakan kegiatan ceremonial belaka, lebih dari itu mari bersama kita memaknai kemerdekaan RI dengan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila agar selalu terjaga dan terpelihara dengan baik.

    Semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan peradaban yang telah dipupuk melalui proses waktu yang lama harus tetap  terpelihara dan semakin maju dari satu generasi ke generasi berikutnya.

    Kita tetap berkomitmen menjaga semangat persatuan untuk menjadi satu kesatuan yang utuh agar menjadi negara kokoh.

    Kita  harus  bersinergi untuk memperkuat dan membangun kehidupan demokratis dalam upaya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia senantiasa harus kita tanamkan terutama dalam menjaga persatuan dan kesatuan, sebab tantangan utama dalam mempertahankan nasionalisme tidak ditentukan semata-mata oleh tantangan dari luar, melainkan tantangan tersebut dapat berwujud upaya menjaga citra bangsa dan negara agar selalu positif dan menjadi kebanggaan bagi seluruh warga negara.

    Saat ini, sudah seharusnya segenap komponen bangsa bahu membahu satukan tekad dan menyatukan langkah memajukan bangsa.

    Khusus untuk penyelenggara negara hendaknya tertanam dalam pemikirannya bahwa atribut kita sama sebagai warga negara Indonesia, bukan berdasarkan yang diperintah dan yang memerintah.

    Sebab pemerintah adalah orang diberikan mandat, sedangkan yang diperintah adalah orang yang memberikan mandat. Oleh karena itu dalam  perumusan kebijakan pemerintahan hendaklah menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan nilai-nilai kebenaran.

    Untuk generasi muda, momentum kemerdekaan dapat dijadikan sebagai pemicu membangkitkan semangat kebangsaan dan patriotisme.

    Arus globalisasi dan berkembangnya teknologi informasi yang kian maju hendaknya dimanfaatkan secara maksimal oleh  generasi muda untuk belajar sejarah bangsa, karena dalam proses pembangunan generasi muda berperan aktif sebagai kekuatan baru.

    Akhirnya, momentum peringatan kemerdekaan dapat dijadikan sebagai bagian dari upaya memperkaya pengetahuan tentang sejarah perjuangan bangsa yang diharapkan akan membantu membentuk dan mematangkan kepribadian dan meneguhkan tekad serta semangat penyelenggara negara dan generasi bangsa untuk membangun masyarakat dan bangsa berdasarkan  ruang lingkup tugas, pekerjaan, dan pengabdian.*


    []Bazm - 8
    Ditulis Oleh ; Ilham Hudi, S.Pd., M.Pd



     
    Berita Lainnya :
  • Bersinergi Mempertahankan NKRI, Ilham Hudi : Bukan Berdasarkan Yang Diperintah dan Yang Memerintah
  •  

    Komentar Anda :