Minggu, 15 09 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Pemerhati Adat Kuansing Pinta Polisi Tindak Tegas Pelaku Penambangan Ilegal

Senin, 09-09-2019 - 12:36:53 WIB

 


TERKAIT:
 
  • Pemerhati Adat Kuansing Pinta Polisi Tindak Tegas Pelaku Penambangan Ilegal
  •  

    Pekanbaru, Berazam.com - Tokoh pemuda Muara Lembu dan juga pemerhati adat Rantau Singingi, Yandra Ngalo menyoroti masih berjalannya aktivitas penambangan ilegal di Kabupaten Kuantan Singingi.

    Sebab selain aktivitas tersebut dapat merusak lingkungan, penambangan tersebut juga diduga tidak mengantongi satupun surat izin.

    "Izin galian satupun tidak ada, dan jangan sampai masalah ini berlarut larut," Ujar Yandra Ngalo, Senin (09/09).

    Dampak lainnya juga dirasakan oleh warga bantaran sungai Kuantan dan sungai Singingi. Dewasa ini akibat dari galian tersebut, sungai yang biasa digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-haripun sudah sangat tercemar.

    "2 sungai utama di Kab. Kuantan Singingi, sudah hampir seperempat abad airnya tercemar dan tak bisa dimanfaatkan, sampai rasa ikan pun berubah. Dari rasanya manis sekarang menjadi rasa lumpur," Tegas pria yang juga tokoh pemuda Rantau Singingi ini.

    Yandra berharap dengan datangnya Kapolres Kuantan Singingi yang baru, yaitu AKBP Hengky Poerwanto bisa membawa aura positif untuk menyelamatkan lingkungan di Kab. Kuantan Singingi.

    "Saya menghimbau kapolres kuansing yang baru jangan hanya sekedar memberhentikan, menyita atau lainnya. Tapi harus tangkap oknum tersebut dan juga tindak secara hukum. Kalau perlu selidiki jika ada oknum yang membekengi kegiatan tersebut," Tegasnya.

    Yandra juga menghimbau warga sekitar juga ikut berperan aktif untuk menindak aktivitas yang dilakukan di galian tersebut.

    "Semua elemen-elemen harus dilibatkan, dimulai dari RT sampai ke Kepala Desa, tidak cukup hanya Bupati Mursini saja," Tukasnya. *bzam09



     
    Berita Lainnya :
  • Pemerhati Adat Kuansing Pinta Polisi Tindak Tegas Pelaku Penambangan Ilegal
  •  

    Komentar Anda :