Kamis, 18 April 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Pengembangan Sumber Daya Kaum Ibu Gunung Toar Guna Menuju Sentra Ekonomi Kreatif Tahun 2020

Kamis, 14-02-2019 - 07:07:54 WIB

 
ist


TERKAIT:
 
  • Pengembangan Sumber Daya Kaum Ibu Gunung Toar Guna Menuju Sentra Ekonomi Kreatif Tahun 2020
  •  

    Kuansing, berazamcom - Bupati Kuansing H.Mursini yang diwakili oleh Sekda Kuansing Dianto Mampanini membuka secara langsung Musrenbang Kecamatan Gunung Toar, Rabu Pagi (13/02/2019) di Gedung serba guna Kecamatan Gunung Toar.

    Musrenbang Kecamatan tahun 2020 yang di selenggarakan secara sederhana tersebut begitu tampak meriah dengan kehadiran para kaum perempuan kecamatan Gunung Toar.

    Sekda Dianto pimpin pada kesempatan tersebut langsung berdialog dengan masyarakat guna mendengarkan sumbang saran kegiatan pembangunan di Kecamatan Gunung Toar.

    Menurut Mampanini, " Kecamatan Gunung Toar ini cocok dijadikan Sentra Kampung Batik dan ekonomi kreatif lainnya, sebab secara georafisnya Kecamatan Gunung Toar dekat dengan ibukota kabupaten, selain itu penduduk setempat khususnya kaum perempuan yang juga bisa dijadikan penunjang penghasilan untuk keluarga, tentu dengan peningkatan keterampilan di berbagai bidang misalnya membatik, dan membordir, membuat tas serta pengembangan usaha kecil menengah seperti kerupuk sagu, salai ikan yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi masyarakat kuansing yang pulang kampung".

    " Kita pada beberapa bulan lalu sudah mengadakan kunjungan kerjasama dengan Pengusaha Batik dan Bordir di Padang, untuk meningkatkan sumber daya manusia Gunung Toar, kita bisa kirim 75 orang secara bertahap untuk pelatihan membatik dan membordir. Silahkan untuk setiap desa bisa mengirim 4 atau 5 orang setiap desa.", terang Sekda Dianto.

    Camat Gunung Toar yang biasa disapa dengan panggilan  Eris itu  menyampaikan prioritas pemantapan infrastruktur untuk Kecamatan Gunung Toar tahun 2020 yang menghubungkan akses jalan ke desa-desa yang dibatasi aliran sungai, diantaranya  Pembangunan Jalan akses Jembatan Toar - Teberau Panjang (2,4 KM) dan Pembangunan Jembatan Gantung Lubuk Terentang - Siberobah (98 Meter).

    Kemudian, untuk mempermudah akses perekonomian yang menghubungkan desa-desa di Kecamatan Gunung Toar menuju Kecamatan lainnya, diusulkan juga Peningkatan dan Pengaspalan Jalan Toar Petapahan - Jake (Lanjutan), Pengaspalan Jalan Seberang Sungai - Teluk Beringin (2 KM), dan Pengaspalan Jalan Teberau Panjang - Siberobah (1,6 KM).

    Selain itu, untuk terlaksananya pembangunan dan penahan tebing dengan baik, perlu Pembangunan Turap SD Kampung Baru (50 Meter), dan Pembangunan Turap Nurul Islam Kampung Baru (50 Meter).

    Camat Gunung Toar ekspos bazar hasil kreatifitas kaum perempuan dalam rangka menuju Ekonomi Kreatif tahun 2020, dikatakannya setahun belakangan Kecamatan Gunung Toar telah menjadi Kampung Batik Kuansing, yakni dengan mengembangkan produk Batik Nagori Kuansing serta membentuk Kelompok Usaha Bersama (Kube) dengan produk oleh-oleh. Kedepan Kube ini diharapkan berkembang menjadi Kube Ternak Sapi, Pengadaan Bibit Tanaman Pangan dan holticultura, serta Stimulan Kolam Rakyat.

    "Seluruh usulan kegiatan yang kami ekspos barusan, inilah inginnya masyarakat kami Gunung Toar di tahun 2020 kedepan, semoga dapat menjadi program prioritas bagi OPD terkait di Kabupaten Kuantan Singingi demi pemantapan infrastruktur, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat  Gunung Toar.", tutup Camat Sada Risnah.

    Turut mendampingi Sekda DR.Dianto Mampanini,SE.MT, Asisten I Muhjelan Arwan, SH,MH, Asisten III Dr.Agus Mandar, S.Sos,M.Si, Para Staf Ahli dan sejumlah Kepala OPD berserta Para Kabag, Kabid dan kasubag/kasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi.*


    []Bazm - 8



     
    Berita Lainnya :
  • Pengembangan Sumber Daya Kaum Ibu Gunung Toar Guna Menuju Sentra Ekonomi Kreatif Tahun 2020
  •  

    Komentar Anda :