Selasa, 25 Juni 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Gubri Hadiri Rakor Kepenghuluan/Kepala Desa se-Kabupaten Rohil

Selasa, 16-04-2019 - 14:13:35 WIB

 
Gubernur Riau Menyerahkan Sertifikat tanah wakaf, tanah ulayat dan tanah hibah di Gedung Serbaguna Bagan Siapi-api.

TERKAIT:
 
  • Gubri Hadiri Rakor Kepenghuluan/Kepala Desa se-Kabupaten Rohil
  •  

    PEKANBARU, berazamcom - Gubernur Riau Syamsuar menghadiri Rapat Koordinasi Kepenghuluan/Kepala Desa se-Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang dilaksanakan Senin (15/4/2019) di Gedung Serba Guna Bagansiapiapi.

    Rapat Koordinasi penghulu/lurah se-Kabupaten Rokan Hilir tahun 2019 dihadiri Bupati Rohil Suyatno, Sekda Rohil Arfan, Ketua DPRD Rohil Syarifuddin, penghulu /lurah se-Rohil, camat se-Rohil, Kepala OPD Pemkab Rohil, rombongan Pemprov Riau, Asisten 1 Ahmad Syahrofi, Karo Umum Riyadi, tokoh masyarakat Rohil dan Forkopimda .

    Bupati Rohil Suyatno memaparkan tentang pembangunan jangka pendek dan panjang di Kabupaten Rohil. "Kami telah mengumpulkan seluruh penghulu dan lurah untuk mengajukan pembangunan di daerahnya. Beberapa yang direkomendasikan adalah pembangunan fisik antara lain pembangunan sekolah dan jembatan yang menghubungkan Rohil dan Rohul, serta jembatan di daerah Pujut," ungkap Bupati Rohil.

    "Dulu, kami lawan politik, sekarang sudah bekawan dengan Bapak Syamsuar. Dalam pemerintahan beliau senior saya. Harapan kami Bapak Gubri bisa membantu pembangunan daerah Rohil kami ini," kata Bupati.

    Selanjutnya Gubernur Riau Syamsuar memaparkan tentang perjalanan hidup dan kariernya. "Saya putra asli Jumrah Rohil. Saya pernah jadi Camat Rindu. Mudaha-mudahan camat di sini bisa jadi Gubernur Riau. Di dunia tidak ada yang tidak mungkin. Semua bisa terjadi. Saya dari staf jadi camat, kemudian Bupati Siak sampai akhirnya dilantik jadi Gubri oleh Presiden Joko Widodo Istana Presiden di Jakarta. Ini lah pengalaman hidup saya," ungkap Gubri.

    Lebih lanjut dijelaskan, untuk pembangunan Sinaboi Rohil pihak kementerian terkait sudah memberikan bantuan di desa ini berupa bantuan jalan jembatan maupun listrik. Visinya agar program desa bisa selalu bersenergi dengan Pemkab dan Pemprov Riau agar pembangunan berkelanjutan dan sekaligus bisa menggerakan Bumdes .

    "Saya dapat laporan banyak desa belum ada Bumdes. Ini yang harus kita selesaikan. Kami Pemprov Riau juga ingin sering berkunjung ke Pemkab Kabupaten se Riau dalam memantau pembangunan infrastruktur. Harapan kami dengan pembangunan jalan ini bisa meningkatkan perekonomian daerah dan desa tersebut. Selanjutnya pembangunan pertanian daerah seperti lumbung padi dapat meningkatkan produksi pangan kita. Lumbung padi ini di Siak, Rohil dan Bengkalis. Kami juga membenahi pompa perairan irigasi sawah," tukas Gubri lagi.

    Lanjut Gubri lagi, tidak ada alih fungsi lahan. Katanya, nantinya akan dilakukan kerja sama Pemprov dengan Dandim maupun PTPV. Kementerian terkait sudah memberikan perhatian pada hasil produksi petani baik itu sawit dan karet. PTPV bisa memperdayakan hasil petani. Juga melalui bank-bank yang bisa memberikan pinjaman untuk replanting sawit. PTV juga ungkap Gubri diperintah Presiden untuk meningkatkan harga hasil kebun pertanian.

    "Di Riau ini harus ada BUMD Perikanan karena potensi perikanan di Riau ini sangat besar. Jangan hanya toke yang berkuasa. Dengan peningkatan pendapatan nelayan maka PAD daerah juga akan meningkat," ungkap mantan Bupati Siak syamsuar. Menurutnya ia sudah berkoordinasi dengan BPK RI agar bersama-sama mengawal hasil pendapatan Riau ini.

    Sambung Gubri lagi, ia berharap penghulu/lurah dan camat se-Rohil bisa melakukan perbaikan perencanaan desa. Selanjutnya Gubri memaparkan mengenai wisata halal. Terang Gubri lagi, Riau peringkat ketiga dalam hal produk halal setelah Lombok, Aceh dan Riau Kepri.

    "Kita telah membuat MoU bidang transportasi Riau-Melaka. Dan di Rohil juga diharapkan ada perguruan tinggi. Selain itu kita juga akan membangun rumah sakit online dan pembenahan supaya RS lebih bagus lagi. Sehingga tidak ada masyarakat kecewa. Dana anggaran kita ada Rp 9 triliun, mungkin buat bangun Rohil tidak cukup apa lagi Riau keseluruhan. Kita memang mengusulkan bantuan dari dana dari pusat melalui APBN," ungkap Gubri.

    Selanjutnya kepada camat lurah dan penghulu agar bisa membantu Polsek dan Dandrem demi kelancaran Pemilu tanggal 17 April esko hari. Ia mengimbau kepada masyarakat jangan Golput. Masyarakat agar dapat menggunakan hak pilih dan ikut berpartisipasi. "Pemilih di Riau ini 73 %. Tolong Pak Penghulu/Lurah, Camat untuk membantu kelancaran Pemilu kita ini besok," ungkap Gubri. (rilis)



     
    Berita Lainnya :
  • Gubri Hadiri Rakor Kepenghuluan/Kepala Desa se-Kabupaten Rohil
  •  

    Komentar Anda :