Minggu, 21 Juli 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Ini 15 Jenis Bahan yang Perlu Diketahui Bila Belanja Baju Online

Minggu, 14-07-2019 - 12:42:53 WIB

 
Ilustrasi. Net

TERKAIT:
 
  • Ini 15 Jenis Bahan yang Perlu Diketahui Bila Belanja Baju Online
  •  

    Berazamcom - Sekarang ini mulai dari anak remaja hingga dewasa sekalipun lebih tertarik belanja baju di online shop melalui Instagram, Facebook dan E-commerce. Namun ketika belanja baju online, ada hal yang perlu diperhatikan dengan baik, yaitu jenis bahan yang digunakan. Seringkali, para pembeli ini mengabaikan jenis bahan baju, sehingga saat barang sudah datang dan melihat bajunya timbul rasa kecewa karena bahan baju tidak sesuai yang diinginkan.

    Bahan baju yang tidak sesuai bisa membuat penampilan menjadi tidak sempurna, misalnya merasa tidak nyaman dipakai, tubuh menjadi terlihat gemuk, pendek dan sebagainya. Untuk itu, mulai dari sekarang bagi Anda yang ingin membeli baju online harus lebih teliti lagi dengan mengetahui jenis-jenis bahan.

    Cermati.com telah mengumpulkan beberapa nama jenis bahan beserta spesifikasinya yang sering digunakan konveksi busana, baik baju atasan, bawahan, dres, hijab dan sebagainya dari berbagai sumber.

    Ini Jenis Bahan dan Spesifikasinya

    1. Katun

    Bahan katun ini terbuat dari serat kapas dan sering dipakai untuk dijadikan pakaian dan tentunya juga paling banyak digemari. Sebab, bahan katun sangat nyaman dipakai, adem dan mudah menyerap keringat. Tapi perlu diketahui, katun ini juga memiliki banyak ragamnya.

    Misalnya saja, katun jepang yang memiliki tekstur halus dengan daya serap yang bagus, katun paris yang bahanya lebih tipis dan menerawang, dan katun silk sutra yang bahannya terbuat dari kepompong sutera yang juga memiliki tekstur licin tapi tetap nyaman digunakan.

    2. Brokat

    Brokat lebih dikenal bahan yang sering digunakan konveksi untuk baju-baju pesta, mula dari kebaya, dres dan sebagainya. Memang benar, tapi secara detailnya brokat adalah kain yang disulam. Sekarang ini kain brokat memiliki motif yang cantik-cantik, bahkan tak jarang juga brokat ditambahkan ornament tertentu seperti manik-manik, sehingga menambah kesan mewah dan anggun.

    3. Polyester

    Polyester merupakan bahan yang tidak mudak menyerap keringat dan memiliki tekstur yang agak kasar. Selain itu bahan ini juga terbilang mudah kusut dan warnanya lebih cepat pudar karena polyester tidak murni hanya dari serat kapas saja, tapi juda ada serat buatan didalammnya. Maka tak heran dengan kualitas yang rendah ini, bahan polyester dijual dengan harga yang murah.

    4. Baby Terry

    Baby Terry merupakan hasil dari perpaduan dua bahan, yaitu katun sebesar 80% dan sisanya adalah polyester. Jangan khawatir, meski ada sedikit mengandung bahan polyester, baby terry tetap memiliki daya serap. Biasanya bahan ini banyak digunakan untuk membuat jaket atau sweater.

    5. Chiffon

    Bahan Chiffon atau sering disebut sifon adalah bahan yang terbuat dari perpaduan beberapa komponen mulai dari sutra, katun, nilon, polyester dan rayon. Sifon ini fisiknya tipis tapi ada kesan mengkilap walau samar-samar. Biasanya para konveksi busana menggunakan bahan ini untuk pembuatan pakaian formal hingga gaun-gaun pesta yang cocok dipakai pada malam hari.

    6. Woolpeach

    Woolpeach atau wolfis sering digunakan pada baju gamis, atasan dan juga berbagai macam model hijab. Bahan ini mengandung beberapa campuran kain dari sutra, katun dan ada serat sintetis. Dengan beberapa kombinasi bahan ini membuat fisiknya tebal tapi tetap nyaman dipakai, sebab bahan wolfis ini juga memiliki tekstur yang halus.

    7. Denim

    Apakah denim dengan jeans memiliki makna yang sama? Nyatanya keduanya ini berbeda. Denim merupakan jenis bahan, sedangkat jeans adalah produk celana yang terbuat dari denim. Bahan denim sendiri menjadi salah satu kain yang kokoh karena terbuat dari katun twill.

    Selain itu, ketebalan denim juga beragam tergantung dari kebutuhan produk yang akan dibuat tapi tetap memiliki tekstur yang halus. Selain celana, denim juga sering dibuat untuk jaket, rok, tas, sepatu, hingga gaun atau dres.

    8. Jersey

    Jersey menjadi salah satu bahan yang tak asing lagi bagi para pembeli baju online. Bahan ini sering digunakan untuk membuat kaos, selimut musim dingin, dan gamis. Secara rincinya, bahan jersey adalah bahan kain yang terbuat dari jenis tekstil rajutan yang terdiri dari serat katun. Tapia da juga jersey yang dicampir dengan serat sintetis.

    9. Bubble Pop

    Sama seperti dengan namanya, bahan bubble pop ini memiliki tekstur seperti kulit jeruk dan ada gelembung bila dilihat dari jarak dekat. Bahan yang juga sering disebut crepe ini termasuk jenis kain yang sangat ringan dan sering ditemukan untuk baju muslim, atasan hingga kerudung.

    10. Balotelli

    Sekarang ini banyak baju ditemukan dengan bahan Balotelli. Bahan ini memiliki fisik yang cukup tebal dan teksturnya agak kasar. Jika dilihat dari dekat, Balotelli memiliki serat bergaris namun serupa dengan kotak-kotak kecil. Meski begeitu, baju yang menggunakan bahan ini nyaman dipakai, tidak melekat tubuh dan tidak menerawang. Biasanya bahan ini digunakan untuk membuat baju atasan, gamis, dan tunik.

    Baca Juga: Yuk Hemat Saat Belanja Online dengan Cara Ini

    11. Rajut

    Rajut sering digunakan untuk membuat pakaian bayi, anak kecil hingga dewasa mulai dari kaos, polo, sweater, dan masih banyak lagi. Bagi penggemar baju rajut perlu mengetahui bahwa rajut terbagi menjadi 3 jenis, yaitu single knit yang merupakan jenis rajutan yang pembuatannya menggunakan jarum khusus rajut, double knit adalah rajutan yang memiliki tekstur lembut dan juga motif yang beragam, dan stiper jenis yang menggabungkan benang berwarna pada proses merajutnya

    12. Wedges

    Wedges juga menjadi bahan pakaian yang sedang tren saat ini. Bahan ini sangat cocok digunakan baju-baju formal seperti blazer, jas, blouse atau baju atasan. Spesifikasinya, wedges ini memiliki fisik bahan yang tebal, kaku, lentur tapi sedikit licin.

    13. Maxmara

    Maxmara juga menjadi bahan yang paling sering dipilih banyak orang karena bahannya yang adem, memiliki tekstur lembut, mengkilap, ringan, nyaman dipakai dan yang lebih penting lagi memiliki banyak ragam warna dan motif yang cantik. Maxmara ini juga memiliki banyak ragamannya, antara lain lux, galaxy, midi, dan polos. Bahan ini tak hanya diproduksi untuk hijab saja, tapi sekarang ini banyak juga menggunakan maxmara untuk membuat dres hingga gaun pesta.

    14. Satin

    Hampir sama dengan maxmara, bahan satin juga lembut dan mengkilap sehingga terlihat mewah dan elegan. Namum fisik dari satin sendiri lebih tebal dan agak kaku. Bahan satin ini bisa ditemukan pada kerudung segi empat dan sangat cocok juga bila dibuat rok, dres atau gaun-gaun pesta

    15. Scuba

    Bahan ini belum lama muncul, jadi tak heran bila masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Bahan scuba memiliki serat kain yang lembut, halus dan tebal. Bahan ini juga sangat elastis dan pastinya membentuk lekukan tubuh. Biasanya para konveksi menggunakan bahan ini untuk memproduksi kaos atasan atau celana.

    Pilih Bahan Baju yang Nyaman sesuai Kebutuhan

    Menyoal berpakaian seseorang tentunya punya seleranya masing-masing, mulai dari model hingga jenis bahan pakaian yang dipilih. Namun, Anda jangan sampai salah memilih keduanya karena bisa merusak penampilan. Pilihlah baju dengan tak hanya memiliki model bagus saja, tapi pilih juga baju yang menggunakan bahan yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

    Sebelum order baju di online, cek kembali keterangan bahan baju atau hijab pada kolom keterangan. Jika tidak mengetahuinya, lebih baik cari spesifikasi bahan tersebut di laman penelusuran (Google), atau bisa juga tanyakan langsung kepada penjual.*bazm3



     
    Berita Lainnya :
  • Ini 15 Jenis Bahan yang Perlu Diketahui Bila Belanja Baju Online
  •  

    Komentar Anda :