Kamis, 18 April 2019 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Ketua KPU Pekanbaru Tak Menampik Banyak Kekurangan Surat Suara

Rabu, 17-04-2019 - 21:52:09 WIB

 


TERKAIT:
 
  • Ketua KPU Pekanbaru Tak Menampik Banyak Kekurangan Surat Suara
  •  

    Pekanbaru, Berazam.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru mengakui bahwa dibeberapa TPS di Pekanbaru mengalamo kekurangan surat suara.

    Ketua KPU Pekanbaru, Anton Merciyanto menyebutkan kekurangan surat suara tersebut dikarenakan banyaknya jumlah Daftar Pemilih Khusu (DPK) dan juga Daftar Pilihan Tambahan (DPTb) yang ikut menggunakan hak suaranya di TPS tersebut.

    "Emang surat suara sekarang ini banyak yang kurang. Faktornya itu salah satunya karna DPK nya tinggi. Karena DPK itu kan tidak terakomodir di dalam surat suara. Kemudian DPTb nya juga tinggi," ungkap Anton, Rabu (17/04).

    Dari itu, lanjut Anton, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bawaslu Pekanbaru untuk melaporkan kekurangan surat suara tersebut.

    "Iya, memang ada kekurangan surat suara, kita sudah koordinasi dengan Bawaslu," katanya.

    Anton menjelaskan, dari ketentuan yang berlaku surat suara yang di distribusikan ke TPS jumlahnya sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah dengan 2 persen dari jumlah DPT.

    Namun, Anton mengatakan, kondisi yang terjadi saat ini, jumlah DPK dan jumlah DPTb melebihi 2 persen dari jumlah DPT. Hal ini lah yang menyebabkan surat suara yang tersedia tidak cukup.

    "Jumlah surat suara itu kan sebenarnya DPT plus 2 persen. Nah berarti kalau ada yang DPK otomatis tidak terakomodir, kalau dia lebih besar dari 2 persen dari jumlah DPT. Dan kondisinya sekarang, (jumlah DPK dan DPTb) lebih dari 2 persen. Itu yang menyebabkan surat suara itu kurang," ujarnya.

    Dari hasil koordinasi dengan Bawaslu, lanjut Anton pihaknya akan mengambil surat suara yang berlebih dari beberapa TPS lain, kemudian akan diserahkan kepada TPS yang kekurangan surat suara.

    "Nah untuk solusinya saat ini, tadi sudah disepakati dengan Bawaslu, itu kita menetapkan dulu pendaftaran sampai jam 1 siang. Kemudian kita mendata TPS-TPS yang kurang dan yang berlebih surat suaranya. Dan yang lebih akan kita ambil dan kita bagi ke TPS yang kekurangan surat suara," jelasnya.

    Anton tak menampik pihaknya mendapatkan protes dari masyarakat karena kekurangan surat suara.

    "Kita juga sudah turun ke beberapa lokasi. Dan memang banyak yang protes. Saya pikir kita juga harus paham itu," pungkasnya. *bzam09



     
    Berita Lainnya :
  • Ketua KPU Pekanbaru Tak Menampik Banyak Kekurangan Surat Suara
  •  

    Komentar Anda :