Pj Walikota Pastikan Belum Ada ASN Pemko Pekanbaru yang Maju jadi Caleg
Jumat 29 September 2023, 15:21 WIB
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun

Pekanbaru, berazamcom- Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, S.STP M.AP, memastikan hingga kini belum ada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintah kota setempat yang maju sebagai calon legislatif (caleg).


"Sampai sekarang belum ada laporan," ungkapnya, Jumat (29/9).

Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, kata dia, ASN yang maju sebagai caleg wajib mengundurkan diri terlebih dahulu.

"Aturannya kalau maju jadi caleg, itu harus mundur dari ASN, baru bisa maju kalau sudah ada SK pemberhentian," ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution ST M.Si. Ia menyatakan sejauh ini memang belum ada ASN Pemko Pekanbaru yang akan maju di Pileg tahun 2024 mendatang.

"Kecuali yang sudah pensiun, mungkin ada," ujarnya.

Seperti diketahui, berdasarkan PKPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, bagi ASN dan pejabat publik yang akan menjadi caleg wajib mundur dari jabatannya.

Pada Pasal 14 Ayat 3 dan Pasal 15 Ayat 3 PKPU dimaksud juga ditegaskan soal penyerahan surat bukti telah berhenti sebagai ASN dan pejabat publik.(*)




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com

About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top