Kamis, 18 Juli 2024

Breaking News

  • Pj Gubri Lantik 3 Pejabat Eselon II Pemprov Riau, Ini Nama-namanya   ●   
  • CERI Minta KPPU Lakukan Audit Forensik Sistem Eproc di Kementerian ESDM   ●   
  • UIR Terima Bantuan Pendidikan Sebesar Rp145 Juta dari BTN Syariah   ●   
  • Siang Ini Pj Gubri Lantik 3 Kepala OPD Hasil Assesmen   ●   
  • Disperindag Ungkap Penyebab Minyakita Langka di Riau   ●   
Sepanjang Januari 2020, 10 Warga Rohul Positif Terinfeksi DBD
Kamis 30 Januari 2020, 07:07 WIB
ilustrasi

Pasirpengaraian, berazamcom-Sepanjang Bulan Januari 2020 terdata 10 warga di Rokan Hulu (Rohul) positif terinfeksi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hal itu disampaikan Kabid Pencegahan Pengendian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Rohul dr Darmadi Lubis, Rabu (29/1/2020).

Diakui Darmadi, data tersebut dihimpun dari seluruh unit instalasi medis yang ada di Rohul secara terpadu sepanjang Bulan Januari 2020.

"Seluruh data tersebut bersumber dari seluruh instalasi kesehatan yang ada di Rohul direkap secara berkala," jelasnya.

Ditambahkan Darmadi, bagi penderita DBD tersebut berasal dari segala rentang usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Daerah rawan DBD di Rohul masih didominasi di Kecamatan Rambah.

"Curah hujan yang cenderung tinggi menyebabkan penyakit DBD masih potensial menyerang masyarakat luas," sebutnya.

Darmadi mengimbau, agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan dan membuang segala wadah yang dapat menampung air sehingga bisa meminimalisir perkembangan jentik nyamuk.

"Kemudian masyarakat juga disarankan, untuk menggunakan bubuk Abate guna membunuh jentik nyamuk. Bubuk tersebut gratis dan bisa didapatkan secara bebas di Puskesmas-Puskesmas terdekat," imbaunya.

Pada tahun 2019 sebut Darmadi, angka penderita DBD di Rohul mencapai angka 232 warga terinfeksi. Berharap, dengan membiasakan bergotong royong dapat mengurangi dampak resiko terkena gigitan nyamuk penyebab DBD.

"Bila lingkungan bersih, kemungkinan untuk terkena gigitan nyamuk penyebab DBD juga menjadi semakin kecil. Itu yang kita harapkan dari semangat bergotong royong membersihkan lingkungan masing-masing," harapnya
*

[]bazm-13
sumber: halloriau.com



Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top