Kamis, 24 September 2020 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
 
Webinar JMSI Dengan Dubes Indonesia Untuk Vietnam
Soal Corona, Dubes Ibnu Hadi: Pemerintah di Vietnam Itu Seperti Dewa

Sabtu, 20-06-2020 - 18:22:12 WIB

 
Dubes Indoesia untuk Vietnam, YM Ibnu Hadi saat acara webinar yang digelar Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Sabtu (20/6/2020) sore.

TERKAIT:
 
     

    Berazamcom - Vietnam termasuk negara yang berhasil menanganai pandemi virus corona baru atau covid-19. Hingga saat ini tak ada lagi kasus penyebaran virus asal Wuhan itu di sana. Hal itu tak lepas dari sistem politik dan kultur masyarakat disana, dimana sistem komunis tak memberi ruang bagi perbedaan pendapat dan kuatnya kepemimpinan di negara tersebut. “Disinikan pemerintah seperti dewa, apa yg dititahkan harus dilakukan,” kata Dubes Indoesia untuk Vietnam, YM Ibnu Hadi saat acara webinar yang digelar Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Sabtu (20/6/2020) sore. Menurutnya, ruang untuk berdiskusi dan beradu argument tak ada. Komunikasi hanya satu arah dari pemerintah kepada masyarakat. Mulai dari pemerintah pusat, tingkat provinsi hingga kota jelas komandonya dan semua orang harus mengikuti arahan pemerintah. Masyarakat pun, lanjut Ibnu Hadi, mematuhi aturan pemerintah dengan penuh disiplin. Apalagi, kultur masyarakat seperti itu sudah terjadi sejak puluhan tahun. Sehingga, kepatuhan masyarakatnya jadi salah satu kunci keberhasilan penanganan covid-19 di Vietnam. “Jam sembilan sudah tak ada lagi aktifitas,” ujarnya. Dikatakan Ibnu Hadi, jika ditemukan orang yang masih keluyuran langsung di bawa ke Posko. Dan diinapkan disana serta diinterogasi. “Disini bedanya dengan Indonesia. Untuk situasi Covid-19 cara ini cukup efektif,” ujarnya. Selain itu, Ibnu Hadi juga menjelaskan bila sejak dari awal pemerintah Vietnam cepat bertindak dan mengikuti arahan WHO. “Kebijakannya seperti itu. Sehingga, tak banyak kasus Covid-19 yang tersebar,” katanya. Ibnu Hadi juga menceritakan, kasus pertama Covid-19 di Vietnam terjadi di Hanoi dekat airport yang menimpa karyawan sebuah perusahaan asing asal Jepang. “Pemerintah Vietnam langsung mengisolasi dan orangnya diempani pemerintah,” demikian Ibnu Hadi menjelaskan.*bazm3


     
    MTQ (di) Kampar
    Oleh: Syafriadi

    Sudah lama saya tak menyaksikan open dan closing cermony Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ). Sabtu malam (30/11 2019), saya sempatkan datang ke Kota Bangkinang. Melihat malam penutupan MTQ Provinsi Riau ke-38.
     
     
    Polres Bengkalis Tangkap Pelaku Curas Terhadap Seorang Nenek 81 Tahun
    Gunakan Laras Panjang, Prajurit Lanud RSN Asah Kemampuan Menembak
    Menjelang HUT TNI ke-75, Lanud Rsn Gelar Donor Darah
    Gubernur Ingatkan Bahaya Covid di Pernikahan Anak Ketua JMSI Riau
    Dukung Kasmarni, Caleg PKS Ini Sediakan Rumahnya Untuk Sosialisasi dan Silaturrahmi