Senin, 28 September 2020 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
 
Mengenal 5 Rukun Islam, Pondasi Agama Seorang Muslim

Senin, 14-09-2020 - 15:20:29 WIB

 
ilustrasi

TERKAIT:
 
     

    Jakarta, berazamcom -- Rukun Islam adalah dasar-dasar keislaman atau pondasi bagi seorang Muslim. Terdapat lima rukun Islam yang wajib diamalkan seorang Muslim.

    Rukun dapat berarti pondasi atau pilar. Sehingga rukun Islam merupakan pondasi agama yang wajib diamalkan. Seseorang dikatakan sebagai seorang Muslim jika menjalankan lima rukun Islam.

    Berikut lima rukun Islam.

    1. Syahadat

    Dua kalimat syahadat wajib diamalkan seorang Muslim. Kalimat syahadat merupakan bentuk kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad SAW merupakan utusan Allah SWT.

    Kalimat syahadat mesti diucapkan secara lisan bagi seseorang yang masuk dalam agama Islam. Kalimat syahadat juga harus diyakini secara penuh.

    Berikut dua kalimat syahadat:

    أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَٰهَ إِلَّا ٱللَّٰهُ

    Ashadu anlaa ilaaha illaallaah

    Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah.

    وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ ٱللَّٰهِ

    Wa ashadu anna muhammadan rasuulullaah

    dan Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul utusan Allah.

    2. Salat

    Seseorang yang beragama Islam wajib untuk melakukan salat lima waktu yakni Subuh, Zuhur, Ashar, Magrib, dan Isya. Salat merupakan tiang agama. Allah SWT mewajibkan orang beriman untuk salat menyembah-Nya.

    "Sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman," bunyi firman Allah dalam surat An-Nisa ayat 103.
    3. Puasa

    Umat Islam juga wajib berpuasa di bulan Ramadan. Puasa adalah ibadah menahan hawa nafsu yang memiliki banyak hikmah. Perintah berpuasa terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 183.

    "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," bunyi firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183.

    4. Zakat

    Zakat adalah memberikan sebagian harta yang dimiliki sesuai dengan ketentuan kepada orang yang berhak menerimanya. Zakat juga berarti membersihkan harta yang dimiliki.

    Zakat yang wajib dikeluarkan adalah zakat fitrah dan zakat maal atau zakat harta. Zakat fitrah dikeluarkan pada bulan Ramadan menjelang Idulfitri. Sedangkan Zakat maal dikeluarkan setiap tahun.


    5. Naik haji bagi yang mampu

    Melakukan ibadah haji bagi yang mampu adalah rukun Islam yang terakhir. Allah mengundang umatnya yang mampu untuk datang ke Baitullah di Mekkah pada bulan haji yakni bulan Dzulhijjah.

    Bagi yang tidak mampu, dapat merayakan Hari Raya Iduladha dengan berkurban.

    Lima rukun Islam ini wajib diamalkan bagi setiap Muslim. Terdapat balasan atau hukuman bagi orang yang tidak mengamalkan rukun Islam.*

     

    []bazm-13

    sumber: CNN Indonesia.com



     
    MTQ (di) Kampar
    Oleh: Syafriadi

    Sudah lama saya tak menyaksikan open dan closing cermony Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ). Sabtu malam (30/11 2019), saya sempatkan datang ke Kota Bangkinang. Melihat malam penutupan MTQ Provinsi Riau ke-38.
     
     
    Luar Biasa! Pasar Modern Sorek Harus Bisa Dioperasikan, Sewa untuk Pedagang Gratis Dua Tahun
    DPC Partai Demokrat Pelalawan Serahkan Mandat PAC Kerumutan, Wardoyo Siap Menangkan HT
    Paripurna Dewan 'Hujan' Interupsi, Ida Yulita Sebut MoU KUA-PPAS Perubahan APBD Langgar UU
    Tingkatkan Usaha Ekonomi Masyarakat, Mahasiswa Kimia UMRI Taja Pelatihan Online
    Ternyata Nomor Urut 3 Sesuai Prediksi dan Harapan HT