Selasa, 13 April 2021

Breaking News

  • Jelang Ramadan, Harga Sembako di Pekanbaru Melonjak Tajam   ●   
  • Rumah Zakat Riau Hadirkan Rumah Singgah di Pekanbaru   ●   
  • Dimulai Hari Ini, Berikut Sasaran Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021   ●   
  • Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Acara Reborn Dispar Riau Keren   ●   
  • Dorong Kearifan Lokal, Pj Sekdaprov Riau Buka Ramadhan Fest Puan Aspekraf   ●   
Tingkatkan Usaha Ekonomi Masyarakat, Mahasiswa Kimia UMRI Taja Pelatihan Online
Kamis 24 September 2020, 20:36 WIB
Rahmiwati Hilma M.Si, dosen pembimbing yang sudah banyak melahirkan karya ilmiah.

Kampar, berazamcom- Mahasiswa kimia Universitas Muhamadiyah Riau (UMRI) membuat terobosan atau gebrakan baru berupa pengabdian terhadap masyarakat.

Giat pengabdian masyarakat yang diprakarsai mahasiswa (Retno Sari Damayanti, Norramizawati, Marlian, Eka Afriani, dan Agus Arya Prayogi) ini dilakukan di Desa Mekar Jaya, Kabupaten Kampar.

Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Mekar Jaya melalui pelatihan 'pemuda pintar' dalam mengelola sayur pakis menjadi inovasi usaha. Dalam hal ini, Mahasiswa Kimia UMRI bekerja sama dengan organisasi Karang Taruna Mekar Jaya untuk melakukan pelatihan.

"Sektor yang akan dikembangkan oleh mahasiswa ini adalah perekonomian, dengan cara mengelola sayur pakis. Sayur pakis sendiri sangat banyak tumbuh di Desa Mekar Jaya, sehingga tanaman ini memiliki potensi yang tinggi untuk dijadikan inovasi usaha dalam mengembangkan perekonomian di desa," kata dosen pembimbing Rahmiwati Hilma M.Si.

Dosen yang sudah banyak melahirkan karya ilmiah ini juga menyebutkan, produk yang diharapkan dari pelatihan adalah, sebuah jajanan unik dengan nama keripik “kribo”.

"Olahan ini memiliki cita rasa yang unik serta memiliki khasiat yang cukup banyak. Pakis memiliki kandungan antioksidan dan vitamin A yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sungguh manfaat yang luar biasa, apalagi mengingat kondisi pandemi saat ini yang menuntut kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh," terang Rahmi.

Daring

Kegiatan pelatihan yang mendapat dukungan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik ndonesia ini, dilaksanakan secara daring (online).

Hal ini dilakukan mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih mewabah. Jadi, ini salah satu cara agar tidak terjadi kerumunan, serta terjadinya kontak fisik (physical distancing).

"Dengan adanya pelatihan pemuda ini, diharapkan mahasiswa dapat memberikan masukkan dan inovasi kreatif kepada masyarakat. Sehingga dapat membuat desa berkembang dengan memanfaatkan potensi yang ada, terutama dalam sektor usaha perekonomian," harap Rahmi.***

[]bazm02




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top