Jumat, 27 November 2020 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
berazam
 
Terpapar Covid-19, Wartawan Berdedikasi Tinggi Ini Akhirnya Berpulang

Minggu, 25-10-2020 - 21:11:47 WIB

 
Rekan-rekan wartawan di Pekanbaru ikut menyolatkan almarhum M Moralis sebelum diantarkan ke tempat peristirahatan terakhirnya. Foto berazamcom/Bambang is

TERKAIT:
 
     

    Pekanbaru, berazamcom - Keluarga besar wartawan di Riau tengah berduka. Sekretaris Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Propinsi Riau, Mohammad Moralis berpulang ke Rahmatullah, Ahad, 25 Oktober 2020 sekitar pukul 11.30 WIB tadi di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.

    Pemimpin redaksi sebuah media online ini sempat dirawat secara intensif di Rumah Sakit Awal Bros Panam Senin (19/10/20) pukul 04.00 WIB dinihari dikarenakan tak demam, tak sadarkan diri. Dan ia mengeluh sesak napas.

    Tak sampai sehari, almarhum di rujuk ke RSUD Arifin Achmad Riau dan ditempatkan diruang ICU. Dari dari hasil swab, Selasa, 20 Oktober 2020, almarhum dinyatakan positif covid-19. Dia dirawat 6 hari dengan menggunakan ventilator. Dan akhirnya, almarhum menyerah. Berpulang ke Rahmatullah.

    Mendengar kabar tersebut, sejumlah wartawan menyempatkan diri datang ke RSUD Arifin Achmad untuk mensalatkan sekaligus memberi penghormatan terakhir terhadap almarhum. Almarhum dikebumikan dengan standar protokol kesehatan Covid 19 di TPU khusus Covid-19 Palas, Kecamatan Rumbai.

    Dirut RSUD dr Nuzelli sebelumnya menginformasikan kondisi kesehatan almarhum sempat membaik. Respon terhadap obat yang diberikan juga sangat baik. Moralis masih di dalam ruang ICU memakai ventilator dan dalam pengawasan tim dokter.

    Kepergian almarhum meninggalkan kesedihan mendalam bagi keluarga besar wartawan di Riau. Apalagi dalam kesehariannya almarhum dikenal ramah dan mudah bergaul dengan siapa saja.

    Media sosial maupun Grup WA PWI Riau, Forum Pemred dan sejumlah grup WA lain banjir dengan ucapan berbelasungkawa atas kepergian almarhum. Ucapan duka juga datang dari Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Riau, H Dheni Kurnia.

    “ Innalillahi wainna ilahi rajiun. Hari ini kita kehilangan wartawan yang tunak dan mencintai profesinya. Sosok wartawan yang pantas untuk dijadikan teladan. Selamat jalan adinda Mohammad Moralis. Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik, dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi kekuatan dan kesabaran, Amiin,” tulis H Dheni Kurnia.

    Sebelum dibawa ke tempat pemakaman, Direktur RSUD Arifin Achmad Dr Nuzelly memberikan sambutan bahwa pihak RSUD sudah memberikan semua yang terbaik buat almarhum termasuk menyiapkan ruangan ICU khusus tapi menurut dokter yang jaga, kondisi almarhum memang sudah terlanjur berat dan di ICU pun tidak mengalami perbaikan, saturasi oksigen terus menurun.

    "Kita sudah berbuat maksimal namun Tuhan berkehendak lain. Semoga beliau diletakan ditempat terbaik disisi NYA
    Aamiin ya Rabb," ucapnya.

    Dan dihadapan para pelayat yang menerapkan protokol kesehatan, Nuzelly juga berpesan agar senantiasa menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

    "Kita tidak tau virus ini mengenai siapa. Dan kapan berakhirnya. Hari ini kita menyaksikan saudara dan sahabat kita Mohammad Moralis dipanggil Allah SWT karena positif Covid-19. Untuk itu saya menghimbau kepada kawan-kawan wartawan dan siapa saja agar mematuhi 3 M yakni wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dimanapun berada serta dalam melakukan aktivitas apapun. Terpapar atau tidak, sehat atau tidak wajib 3 M," ucapnya.

    Sedangkan mewakili rekan-rekan wartawan, Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menyampaikan duka mendalam atas kepergian almarhum.

    "Hari ini kita kehilangan seorang sahabat, adek dan saudara. Mari kita doakan agar almarhum husnul khatimah," ujarnya terbata-bata.

    Dan sama dengan Nuzelly, Zulmansyah juga menekankan kepada semua wartawan khususnya anggota PWI Riau agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.*bazm3



     
    MTQ (di) Kampar
    Oleh: Syafriadi

    Sudah lama saya tak menyaksikan open dan closing cermony Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ). Sabtu malam (30/11 2019), saya sempatkan datang ke Kota Bangkinang. Melihat malam penutupan MTQ Provinsi Riau ke-38.
     
     
    Gantikan Kompol Hanafi, AKP Manapar Situmeang Resmi Jabat Kapolsek Tenayan Raya
    Selamat Jalan Muridku Terhebat: HAIDIR ANWAR TANJUNG WARTAWAN DETIK.COM
    Lima Irjen Bersaing Jadi Kepala BNN, Kapolda Riau Calon Kuat
    Rektor UIN Suska Riau Diberhentikan, SK Sudah Beredar
    Tingkat Pengangguran di Riau Didominasi Lulusan SMA/SMK