Minggu, 17 Januari 2021 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
berazam
 
Kejaksaan Tetapkan 3 Tersangka Korupsi Rp 5 M Proyek 'Tiga Pilar' di Riau

Selasa, 12-01-2021 - 10:26:55 WIB

 
Kejaksaan Negeri Kuansing saat konferensi pers

TERKAIT:
 
     

    Kuansing, berazamcom - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuantan Singingi, Riau, menetapkan tiga orang sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek 'tiga pilar' di Kota Jalur. Kerugian negara diduga sekitar Rp 5 miliar.

    "Kami menetapkan tiga tersangka di kasus pengadaan mobiler (perlengkapan) pembangunan ruang pertemuan hotel di Kuantan Singingi. Ini dibangun dengan anggaran APBD 2015," kata Kajari Kuantan Singingi, Hadiman, Selasa (12/1/2021).

    Ketiga tersangka itu terdiri dari dua pejabat di Dinas Cipta Kerja dan Tata Ruang, Fahrudin dan Alfion Hendra, serta satu pihak swasta, yakni Direktur PT Betania Prima.

    Hadiman mengatakan pembangunan ruang pertemuan hotel itu masuk dalam proyek Pemda yang disebut proyek 'tiga pilar'. Ada tiga proyek yang dikerjakan, yakni hotel, kampus Universitas Islam Kuantan Singingi hingga Pasar Modern.

    "Bagian proyek tiga pilar yang terdiri dari hotel, Universitas Islam Kuantan Singingi dan pasar modern. Pengadaan mobiler hotel ini kerugian negara Rp 5 miliar lebih," ucap Hadiman.

    Dalam kasus tersebut, PT Betania Prima disebut tak menyelesaikan proyek senilai Rp 13,1 miliar. Akibat proyek tidak tuntas, pihak Pejabat Pembuat Komitmen menjatuhkan denda Rp 352 juta, namun denda tidak pernah ditagih hingga akhirnya diberikan teguran.

    "PT Betania Prima baru menyetor denda pada Maret 2018 setelah tiga kali ditegur. Bahkan sejak awal proyek tidak pernah dibentuk tim penilaian penerima hasil pekerjaan dan serah terima yang telah merugikan negara karena sampai saat ini tidak jelas keberadaaanya dan tidak bisa dimanfaatkan," katanya.

    Atas perbuatannya, ketiga tersangka dijerat Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 3, Jo Pasal 18 UU Pemberantasan Tipikor. Mereka terancam hukuman pidana penjara paling singkat 4 tahun.*

     

    []bazm-13

    sumber: detik.com



     
    MTQ (di) Kampar
    Oleh: Syafriadi

    Sudah lama saya tak menyaksikan open dan closing cermony Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ). Sabtu malam (30/11 2019), saya sempatkan datang ke Kota Bangkinang. Melihat malam penutupan MTQ Provinsi Riau ke-38.
     
     
    Begini Profil Syekh Ali Jaber, Pendakwah asal Madinah yang Berkewarganegaraan Indonesia
    Innalillahi, Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia
    Penasehat Hukum Berharap Tak Terjadi ''Failed By Press'' dalam Kasus Sekdaprov Non-Aktif Yan Prana Jaya
    Terima SKB 2 Kementerian, Sekolah di Pekanbaru Direncanakan Buka Pekan ke-3 Januari 2021
    Pemenang MTQ-VP Bebas Masuk UIR Tanpa Tes