Gubri: Alhamdulillah Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Telah Didistribusikan

Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Telah Didistribusikan

Pekanbaru, berazamcom - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan bahwa saat ini vaksin Covid-19 akan didistribusikan ke seluruh Kabupaten/Kota di Riau. Yang mana hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Alhamdulillah vaksin Covid-19 tahap pertama telah didistribusikan ke 3 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Ini merupakan ikhtiar kita bersama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Gubri di Pekanbaru, Selasa (12/1/2021).

Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat Riau untuk mendukung pelaksanaan vaksinisasi Covid-19 agar dapat berjalan dengan lancar sesuai tugas pemerintah yaitu 3T diantaranya Tracing, Testing, Treatment.

"Kami terus mengimbau kepada seluruh masyarakat Riau agar selalu waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan," imbuhnya.

Saat pelepasan pendistribusian vaksin Covid-19 tahap pertama, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir menyampaikan bahwa vaksin tersebut di distribusikan di tiga daerah yakni, kabupaten diantaranya Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kampar, dan Kota Pekanbaru.

"Untuk tahap pertama selain di Kota Pekanbaru juga didistribusikan di Kabupaten Kampar dan Pelalawan," kata Mimi Yuliani Nazir di Gudang Vaksin UPT Instalasi Farmasi dan logistik Kesehatan (IFLK) Jalan Kesehatan Pekanbaru, Selasa (12/1/2021).

Adapun jumlah vaksin yang didistribusikan pada tahap pertama ini yaitu untuk kota Pekanbaru sebanyak 11.040 dosis, Kabupaten Kampar 2.400 dosis, dan Kabupaten Pelalawan 1.800 dosis. Sebagai informasi, pendistribusian vaksin ini dijaga sangat ketat oleh aparat kepolisian bersenjata lengkap sampai ke UPT IFLK Kabupaten/Kota.

"Vaksin didistribusikan ke tiga kabupaten kota sesuai arahan dari pusat dan UPT IFLK sudah ada di setiap kabupaten/kota se-Provinsi Riau untuk penempatan vaksin tersebut," terangnya.

Ia menginformasikan bahwa setelah pendistribusian vaksin tahap pertama maka besok akan didatangkan kembali vaksin tahap ke dua yang kemudian akan didistribusikan kedaerah lainnya dan untuk vaksinisasi akan dilakukan pada tanggal 14 Januari 2020).

"Besok Bapak Presiden akan divaksin pertama kali kemudian Provinsi dan 3 kabupaten kota yang telah didistribusikan vaksin tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 14 Januari," pungkasnya.*

 

[]bazm-13

sumber: mediacenter