Selasa, 13 April 2021

Breaking News

  • Jelang Ramadan, Harga Sembako di Pekanbaru Melonjak Tajam   ●   
  • Rumah Zakat Riau Hadirkan Rumah Singgah di Pekanbaru   ●   
  • Dimulai Hari Ini, Berikut Sasaran Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021   ●   
  • Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Acara Reborn Dispar Riau Keren   ●   
  • Dorong Kearifan Lokal, Pj Sekdaprov Riau Buka Ramadhan Fest Puan Aspekraf   ●   
Legislatif Minta Jaminan Persoalan Sampah Harus Selesai Jika Dikelola Pihak Ketiga
Rabu 24 Februari 2021, 14:09 WIB
Tumpukan sampah di salah satu jalan di Pekanbaru.

Pekanbaru, berazamcom - Kebijakan Pemerintah Kota Pekanbaru untuk kembali menyerahkan pengelolaan sampah dengan pihak ketiga menuai kritikan dari berbagai pihak. Bahkan Pemko terkesan memaksakan kehendak untuk tetap melanjutkan proses lelang meski lelang pertama dinyatakan gagal dan saat ini proses lelang terus berlanjut dan tinggal menunggu pemenang lelang diumumkan pada Maret mendatang.

Menurut Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani, pihaknya menginginkan adanya jaminan persoalan sampah selesai jika Pemerintah tetap memilih pihak ketiga mengelola sampah di 2 zona yang ditentukan.

"Karena proses lelang ini sedang berjalan, maka kita akan lihat dan jadi catatan bagi kita. Intinya kita ingin apa yang disampaikan Pemko bisa menjamin persolan sampah bisa diselesaikan," ungka Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani, Rabu (24/2/2021).

Menurut Politisi PKS ini lagi, sejak hampir 3 bulan ini masyarakat dibuat resah dengan persoalan tumpukan sampah, ada ancaman kesehatan dan keselamatan yang mengintai masyarakat. Pasalnya pengangkutan sampah yang saat ini menghandalkan pihak DLHK tidak berjalan maksimal. Dan dengan keterbatasan armada membutuhkan waktu antre pengangkutan.

Padahal menurut Hamdani, ada cara efektif yang bisa digunakan Pemko Pekanbaru dalam pengelolan sampah yakni dengan melibatkan unsur masyarakat,  LPM, RT RW, lurah hingga camat untuk bertanggung jawab mengelola sampah di daerah masing-masing.

"Pada dasarnya kita lebih menyarankan agar persoalan sampah ini diserahkan kepada masyarakat melalui LPM, RT, RW, lurah dan camat sehingga kontrol dari pemerintah juga lebih mudah. Tidak hanya itu, anggaran yang dikeluarkan Pemko juga lebih ekonomis dan bisa dialihlan ke hal-hal lain yang juga dibutuhkan, seperti untuk honor RT, RW dan keperluan lainnya," pungkas Hamdani.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri (TAF) juga menyarankan hal serupa, dimana pengelolaan sampah dilibatkan masyarakat.

"Saran kita kepada Walikota Pekanbaru agar pengelolaan sampah diserahkan kepada pihak kecamatan atau masyarakat, selain bisa memberikan masukan pada permasalahan sampah juga bisa teratasi dengan adanya peran aktif dari masyarakat," singkat TAF.

Permintaan agar persoalan sampah ditangani secara swakelola atau melibatkan masyarakat juga disampaikan Ruslan Tarigan. Bahkan pihaknya di Komisi IV beberapa waktu lalu sudah sepakat memberikan rekomendasi agar pengelolaan sampah diswakelola.

"Kita tetap konsisten agar sampah diswakeloa, bahkan beberapa waktu lalu berdasarkan hasil rapat kita juga sudah menandatangani berita acara agar sampah diswakelola saja, kenapa harus ngotot untuk dilelang ini sama saja mengulang keselahan yang lama," singkat Ruslan.*

 

[]bazm-13

sumber: halloriau.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top