Senin, 25 Oktober 2021

Breaking News

  • TAF Hadirkan Aplikasi Digital FLEX dan TAF Jakarta Service Lounge   ●   
  • Banjir Promo di SPEKTRA FAIR, Catat 96 Kota Beruntung!   ●   
  • Ketua ASITA Riau Mundur, DPP ASITA Segera Tunjuk Pelaksana Tugas   ●   
  • DPRD Minta Pemprov Riau Percepat Vaksinasi dan Masyarakat Wajib Peduli   ●   
  • Kakanwil Kemenag Riau Lepas Kontingen Riau ke KSM Tingkat Nasional   ●   
Siaga Bencana, Plh Bupati Rohul Akui Sudah Petakan dan Mitigasi Bencana Sejak 2018
Senin 26 April 2021, 16:03 WIB
Plh Bupati Rohul Abdul Haris, Kapolres, Dandim 0313/ KPR dan pihak BPBD, ikuti Rakor Pemprov dan Pemkab dalam rangka penanganan Covid-19 dan mitigasi bencana di Riau.

Pasir Pengaraian, berazamcom - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Letjen TNI Doni Monardo, ingatkan setiap daerah siaga dan mitigasi bencana, saat Rakor Pemprov dan Pemkab dalam rangka penanganan Covid-19 dan Mitigasi Bencana di Provinsi Riau, kemarin.

Menyikapi hal itu, Pemkab Rokan Hulu (Rohul) sudah menindaklanjuti arahan Kepala BNPB dan Pemprov, agar tetap siaga bencana. Karena, sejak 2018 Pemkab Rohul sudah petakan potensi-potensi daerah rawan bencana alam, seperti banjir, kebakaran hutan dan lahan juga angin puting beliung.

“Di Rohul, bencana yang rutin terjadi banjir maupun karhutla mengingat Rohul memiliki lahan mineral dan lahan gambut. Namun dari 2018 hingga kini bencana Karhutla bisa kita tekan,” ungkap Plh Bupati Rohul H Abdul Haris, kemarin sore.

Abdul Haris mengaku, itu bisa ditekan karena masyarakat sudah mengerti dan paham bahaya membuka lahan dengan cara membakar, sehingga masyarakat sudah menggunakan teknologi.

“Di desa-desa yang rawan karhutla, juga telah dibentuk masyarakat peduli api, yang cepat bergerak minimal berikan sosialisasi ke masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran yang bisa meluas,” ucapnya.

Terkait bencana banjir, Abdul Haris menambahkan, rutin dialami dan sudah dilakukan mitigasi termasuk penyediaan anggaran setiap tahunnya melalui APBD Rohul. Karena untuk bencana, biayanya dari dana tidak terduga, karena bencana tidaklah suatu hal yang bisa direncanakan namun ketika datang dan terjadi, Pemkab sudah upaya melakukan penanganannya.

"Mitigasi potensi bencana alam yang memungkinkan, namun sampai hari ini memang Rohul tidak memiliki seperti patahan gempa yang berhubungan dengan itu. Di Bukit Barisan sebenarnya ada patahan semangko yang sudah kita petakan dan sudah kita lakukan mitigasi untuk antisipasinya,” tegasnya

Untuk pencegahan Karhutla, sebut Plh Bupati lagi, di setiap desa rata-rata sudah membangun antara 3-5 embung itu belum termasuk perusahaan yang beroperasi di Rohul. Sehingga jumlah embung yang besar sekitar 150 unit dan embung yang kecil banyak tersebar di desa.*

 

[]bazm-13

sumber: halloriau.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top