Minggu, 1 Agustus 2021

Breaking News

  • Tinjau Posko PPKM Pasar Cik Puan, Kapolda Riau Mengajak Semua Pihak Bangun Bersama Gerakkan Ekonomi   ●   
  • Berikan Bansos dan Gelar Vaksinasi, Kapolda Riau: Kolaborasi dan Sinergi Mampu Tangani Covid-19   ●   
  • Kapolri Apresiasi 30 Tahun Pengabdian Alumni Akpol 91, Bersama Mahasiswa Gencarkan Vaksinasi Percepat Herd Immunity   ●   
  • Kinerja Semester 1 Subholding Upstream Pertamina Capai Target   ●   
  • Buka Forum RPJMD, Bupati Inhu : Silahkan Beri Saran Positif dan Konstruktif   ●   
Simak, Enam Rekomendasi Letjen TNI Ganip Warsito untuk Kendalikan Kasus Covid-19
Minggu 13 Juni 2021, 16:19 WIB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito

Jakarta, berazamcom - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengaku baru menggelar rapat terbatas (Ratas) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (13/6).

Dalam rapat terbatas tersebut, Jokowi meminta Ganip untuk bisa menegakkan protokol kesehatan (prokes) demi menekan penularan Covid-19.

Jokowi juga meminta Ganip Warsito mempercepat proses testing agar hasilnya lebih cepat, memperkuat tracing, dan memperbaiki treatment atau tata kelola rumah sakit.

Dari permintaan itu, Ganip memiliki enam rekomendasi dalam rangka pengendalian kasus Covid-19 di daerah.

"Pertama kami akan mengoptimalkan 3K yakni komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi," kata Ganip dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB Indonesia di YouTube, Minggu (13/6).

Kedua, jenderal bintang tiga itu merekomendasikan tentang penguatan disiplin prokes dan pembatasan mobilitas dan aktivitas penduduk.

"Konsepnya adalah pemerintah daerah dalam hal ini Satgas Covid-19 daerah dan aparat keamanan harus terus mengawal jalannya prokes 3M serta melakukan kegiatan penegakan disiplin melalui operasi yustisi di daerah zona merah," beber Ganip.
Selanjutnya, Ganip merekomendasikan peningkatan jumlah pemeriksaan testing dan memasifkan kegiatan tracing.

Keempat, dirinya juga merekomendasikan ketersediaan obat, alat kesehatan, dan memaksimalkan fungsi karantina terpusat posko daerah.

"Pemerintah daerah harus memastikan kecukupan sumber daya alkes dan obat-obatan," lanjut dia.

Kelima, eks Kepala Staf Umum TNI itu merekomendasikan pengetatan pelaksanaan PPKM berskala mikro dan mengoptimalkan peran posko dan monitor evaluasi data kasus Covid-19.

"Setiap daerah harus melakukan pemantauan rutin data jumlah kasus aktif, kematian, dan kesembuhan serta bed occupacy rate di ICU dan isolasi," ungkap Ganip.

Terakhir, dirinya merekomendasikan tentang upaya antisipasi lonjakan kasus pada periode libur Iduladha 2021. Sebab, liburan panjang biasanya meningkatkan potensi penularan kasus Covid-19 yang disebabkan peningkatan mobilitas penduduk.

"Terutama, di pusat perbelanjaan, tempat wisata, tradisi halalbihalal kunjungan keluarga, ziarah makam, dan sebagainya. Ini sedini mungkin diantisipasi agar tidak ada lonjakan kasus," beber pria yang juga menjabat Kepala BNPB tersebut.

 

 

 

 

[]bazm

Sumber : jpnn.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top