Senin, 20 September 2021

Breaking News

  • ''Santun Berpolitik, Lebih Banyak Merangkul daripada Memukul''   ●   
  • Terus Turun, Kasus Aktif COVID-19 di Riau Tinggal 1.543 Orang   ●   
  • Wisata Istana Siak Kembali Dibuka, Gubri Pesan Pengunjung Taat Prokes   ●   
  • Pengendara Harus Waspada, Besok Polri Gelar Operasi Patuh Lancang Kuning 2021   ●   
  • Humas-WMPR Peduli, Salurkan Ratusan Paket Sembako   ●   
Airlangga Ramal Ekonomi Tumbuh 3 Persen di Kuartal III 2021
Sabtu 31 Juli 2021, 12:04 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Jakarta, berazamcom - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2021 berada di rentang 1 persen hingga 3 persen. Sementara, ia masih optimis pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2021 sebesar 7 persen.

"Dari segi pertumbuhan ekonomi pemerintah melihat walaupun diharapkan di kuartal II masih bisa mencapai 7 persen, namun di kuartal III diperkirakan range turun ke 1 persen-3 persen," ujarnya dalam acara rekomendasi Guru Besar FK UNAIR untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Jumat (30/7).

Sedangkan, secara tahunan pertumbuhan ekonomi diproyeksi berada di rentang 3,7 persen sampai dengan 4,5 persen. Angka ini direvisi turun dari prediksi sebelumnya yakni 4,5 persen sampai 5,3 persen.

"Namun, secara yoy (tahunan) diharapkan 3,7 persen-4,5 persen masih tercapai dan ini tentunya sepenuhnya kembali saya katakan sepenuhnya tergantung dari penanganan covid-19 dan disiplin masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi kuartal III 2021 dipengaruhi oleh implementasi PPKM darurat pada sejumlah wilayah. Kebijakan itu diyakini berdampak pada penurunan konsumsi masyarakat yang salah satunya tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK). Per Juni 2021, Survei Konsumen (SK) Bank Indonesia mencatat IKK berada di posisi 107,4 atau naik dibandingkan Mei 2021 yakni 104,4.

"Kalau melihat konsumsi, walaupun ritel (IKK) sudah di atas 107,4 dengan penerapan PPKM level 4 ini akan terjadi penurunan," ujarnya.

Selain penurunan keyakinan konsumen, ia juga memperkirakan PPKM darurat mendorong kenaikan jumlah pekerja yang terdampak pandemi. Padahal, pada Februari 2021 lalu angkanya berhasil ditekan menjadi 19,10 juta orang dari sebelumnya 29,12 juta pada Agustus 2020.

"Dengan PPKM level 4 kelihatannya ada beberapa yang dirumahkan kembali, ini menjadi tantangan bagi kita karena menghadapi dua tantangan yaitu mengobati dan memutus mata rantai, di lain pihak perlu dorongan lapangan kerja dan kita perlu berempati kepada saudara-saudara kita yang memang bekerja atau menerima upah secara harian," katanya.




 

 

 

[]bazm

Sumber : CNN Indonesia




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top