Kamis, 19 Mei 2022

Breaking News

  • Kejari Kuansing Musnahkan Barang Bukti Kulit Harimau Hingga Sabu Sebanyak 296,80 Kg   ●   
  • Pemprov Riau Anggarkan Bantuan 14 Milyar Untuk 12.266 Pelaku Usaha Mikro   ●   
  • Selamatkan Aset, Sekda Kuansing Ambil Alih Pengelolaan Kebun Sawit Pemda   ●   
  • Rumah Zakat Terima Global Good Govermance Award 2022   ●   
  • Sendratasik FKIP UIR Taja Workshop Dendang Syair Bersama Maestro Syair Nusantara Asal Malaysia   ●   
Pemprov Riau Bentuk Tim Khusus Cegah Penyebaran Hepatitis Misterius
Rabu 11 Mei 2022, 11:06 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto

Pekanbaru, berazamcom - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah membentuk tim khusus untuk mengantisipasi penyebaran virus hepatitis akut di Provinsi Riau. Pasalnya di Indonesia sudah ditemukan 4 kasus yang meninggal dunia akibat hepatitis misterius itu.

"Kita di Riau sudah bentuk tim khusus untuk mendeteksi hepatitis akut. Untuk jelaskan silahkan konfirmasi Kepala Dinas Kesehatan Riau," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, Selasa (10/5/2022).

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Zainal Arifin mengatakan, jika pihaknya mengirim surat edaran ke Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota se-Riau.

"Supaya mereka juga memberi arahan yang sama kepada Puskesmas di wilayah masing-masing. Kita berharap dengan surat edaran itu bisa menjadi pedoman mengantisipasi terhadap kasus hepatitis ini," katanya.

Dilansir dari mediacenter.riau.go.id, bahkan Zainal mengakatakan, pihaknya bersama Kementerian Kesehatan sudah mensosialisasikan kepada seluruh Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota terkait hepatitis akut tersebut melalui zoom metting.

"Jadi ketika ada konfirmasi ada gejala hepatitis, nanti ada tim khusus yang memutuskan bahwa gejala itu benar hepatitis akut," terangnya.

Karena itu, lanjut Zainal, saat ini  pihaknya terus memantau perkembangan kasus tersebut di seluruh kabupaten kota se Riau. Sebab kasus ini baru ada kejadian di Indonesia 4 orang.

"Di Riau sendiri belum kita temukan kasus serupa. Kita jangan terlalu khawatir karena penyebab virus ini berbeda dengan Covid-19. Kalau Covid-19 kan melalui pernapasan, sentuhan dan lainnya. Kalau hepatitis ini melalui kontaminas, ataupun serum darah yang masih bisa kita batasi. Karena itu, kita harus menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan," terangnya.

"Untuk itu, kita mengimbau masyarakat jangan terlalu khawatir. Meski demikian ketika menemukan gejala, demam, kencing warna kuning agar segera memeriksa ke fasilitas kesehatan," sambungnya.

Sehingga dengan begitu, tambah Zainal, pasien bisa dipantau oleh dokter, dan namun dokter puskesmas tidak bisa menentukan bahwa pasien tersebut kena hepatitis akut.

"Itu nanti ada tim khusus yang menentukan bahwa pasien tersebut benar terjangkit hepatitis akut berdasarkan hasil laboratorium. Tim itu terdapat di kabupaten kota dan provinsi. Untuk di provinsi, kita bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Riau," jelasnya.

"Jadi nanti tim RSUD Arifin Achmad yang menentukan. Sehingga ini tidak salah kaprah, nanti sedikit-sedikit sudah diklaim hepatitis. Karena Hepatitis ini sudah ada levelnya, A, B, sampai E. Misalnya setelah diperiksa di labor pasien mengalami Hepatitis A yang tidak mengandung virus," tandasnya.


 

[]bazm




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top