Senin, 5 Desember 2022

Breaking News

  • Ambil Sumpah ASN, Plt Bupati Kuansing Sayangkan Minimya Kehadiran CPNS   ●   
  • Pemprov dan Delapan Kabupaten/Kota di Riau Teriam Predikat WTP   ●   
  • Sudah Mulai Belajar Berjalan, Mita Ingin Kembali Bersekolah   ●   
  • Riau Terima DIPA dan TKD Tahun 2023 Sebesar Rp 30,71,Triliun   ●   
  • BMKG : Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Mengguyur Riau Sore Hingga Dini Hari   ●   
TAMPILKAN PENYANYI SHYAKIRA FATIHA
Pembukaan Milad ke-60 UNRI Tampak Megah dan Berlangsung Meriah
Jumat 30 September 2022, 01:15 WIB
Meriah -- Suasana acara pembukaan Milad ke-60 Universitas Riau di Lapangan Kampus Panam [ist]

PEKANBARU, berazamcom — Acara Pembukaan (Opening Ceremony) Milad ke-60 Universitas Riau (UNRI), Kamis pagi (29/9) di Lapangan Terbuka Kampus UNRI Panam Pekanbaru, berlangsung megah dan meriah. Penampilan penyanyi Shyakira Fatiha, finalis Grand Final The Voice All Star 2022 milik stasiun televisi GTV, membuat acara menjadi tampak spektakuler.  

Kemegahan acara Milad UNRI tahun ini mulai terlihat dari tata panggung dan tenda penonton yang terlihat apik. Acara digelar di lapangan terbuka (open space) seluas lapangan bola. Namun luas yang digunakan hanya sekitar 75 meter x 75 meter. Di sisi Utara lapangan, didirikan sebuah panggung (stage) hiburan dan pengisi acara, mirip panggung konser musik. Modern dan kekinian. Seperangkat sound system berkekuatan 20 ribu watt, dan peralatan musik seperti orgen melengkapinya. Panggung ini menghadap ke panggung utama permanen (berjarak sekitar 75 meter) yang ditempati Rektor Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, para pimpinan di lingkungan UNRI, dan undangan VIP. Sementara itu, di sisi Barat dan Timur lapangan ini, berdiri hamparan tenda-tenda kerucut tempat seribuan undangan menyaksikan parade dan hiburan. Alhasil, kedua panggung dan kedua hamparan tenda, mengelilingi (mengurung) lapangan tersebut. 

Hasil pantauan media ini, sejak pukul 08.00 WIB, para pengisi acara dan tamu mulai bergerak menuju lokasi acara. Acara pembukaan Milad ke-60 UNRI terlihat meriah karena dihadiri seribuan orang, dan tidak berkurang jumlahnya sejak awal  acara pukul 09.00 WIB hingga berakhir tiga jam kemudian. Ramainya sivitas akademika yang hadir, tampaknya karena tiga tahun berturut-turut sebelum ini, acara Milad UNRI hanya dilakukan secara online lantaran dunia dilanda pandemi Covid-19. Lockdown dimana-mana, semua kegiatan tidak bisa dilakukan di luar rumah.       

Lalu, berbeda dengan pembukaan Milad tahun-tahun sebelumnya, kali ini Rektor, jajaran pimpinan, dan tamu undangan VIP yang hadir tidak langsung duduk di panggung utama (kehormatan). Tapi memasuki lapangan dan naik ke panggung dengan  didahului oleh barisan Drumband “Catur Bahana Symphoni” SMA Negeri Pekanbaru. Sementara undangan lain (dosen,  pegawai, dan mahasiswa) kemudian mengisi tenda-tenda kerucut tadi. Lalu, para pengisi acara, khususnya peserta parade dari berbagai fakultas, lembaga dan unit di lingkungan UNRI, bersiap di pinggir lapangan. 

Tari Persembahan oleh sanggar seni mahasiswa “Dolphin” dari Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), Lantunan Ayat Suci Al-Quran oleh mahasiswa FPK Muhammad Ikhlas Nasution, mengawali acara. Disusul serangkaian lagu mars, medley nusantara, dan “Unri Jaya” oleh Paduan Suara “Äqua Chair” FPK.  Lagu "Unri Jaya” yang energik dan memotivasi, diciptakan oleh Dr Windarti dan Dr Morina Riauwaty Siregar, keduanya dosen senior FPK UNRI.     

Tak lama berselang, Dekan FPK selaku Ketua Umum Milad ke-60 UNRI 2022, diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr Ir Rakhman Karnila MSi, naik ke panggung memberi sambutan. Dia mengatakan, Milad kali ini sengaja diselenggarakan dengan meriah karena inilah Milad pertama diselenggarakan UNRI secara offline pasca bencana global Pandemi Covid-19.  Selain acara pembukaan yang terasa meriah, juga diselenggarakan berbagai pertandingan olahraga, termasuk gerak jalan santai, serta lomba lagu dan seni lainnya. Ada juga beberapa seminar ilmiah, bakti sosial kesehatan dan sebagainya. Kegiatan Milad akan berlangsung sebulan. Rangkaian Milad ke-60 UNRI akan ditutup dengan sebuah acara dan pagelaran seni yang tak kalah spektakuler, serta memberikan penghargaan dan hadiah-hadiah kepada para pemenang. “Milad UNRI tahun ini sengaja kita buat lebih spesial, demi sivitas akademika UNRI, tamu terhormat, dan masyarakat semua,” katanya.    

 

Parade Fakultas dan Lembaga

Sama dengan Milad UNRI tahun-tahun sebelumnya, Milad tahun ini juga diisi oleh Parade Kontingen dari 12 fakultas, serta sejumlah lembaga dan unit pelaksana teknis di lingkungan UNRI. Masing-masing kontingen unjuk kebolehan prestasi yang diraih selama setahun terakhir ini. Peserta parade unjuk kebolehan di karpet merah di depan Rektor, pimpinan di lingkungan UNRI, dan undangan VIP. Setelah pengibaran Bendera bergambar Logo Milad ke-60 UNRI, di panggung hiburan tampil penyanyi Shyakira Fatiha, gadis milenial Pekanbaru yang merupakan finalis The Voice All Star 2022 milik stasiun televisi GTV 2022. Mahasiswi sebuah perguruan tinggi di Pekanbaru itu melantunkan dua tembang “Peri Cintaku”, dan “Nirmala”. "Nirmala" dikenal sebagai lagu Melayu dengan cengkok yang rumit, namun lewat tenggorokan Shasa terdengar bening dan merdu. 

Sebelum memotong tumpeng, pertanda Milad ke-60 UNRI dimulai, Rektor Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA memberikan sambutan. Dia berharap agar Milad kali ini dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas UNRI menuju universitas berkelas internasional. Beberapa hadirin yang diwawancarai mengatakan acara pembukaan Milad UNRI kali ini memang tampak lebih megah dan spektakuler.

"Kerenlah, pokoknya," kata beberapa pegawai Rektorat.

"Bagus, mantap," timpal Ir Herman Mahmud MSi, Kepala Dinas Perikanan yang menjadi salah satu tamu VIP.

Mereka, dan para penonton terlihat puas dan terhibur karena banyaknya atraksi dan kebolehan yang ditampilkan. Termasuk berbagai tarian kreasi, dan penampilan formasi mahasiswa yang membentuk kalimat "Milad Unri 60”. Formasi ini dimainkan oleh 100 mahasiswa baru FPK UNRI. Meski menjelang siang, udara panas penyengat, namun penonton, dosen, pegawai dan mahasiswa masih betah menunggu acara benar-benar usai sekitar pukul 12.00 WIB. 

Rektor UNRI Prof Aras Mulyadi yang dimintai komentarnya seusai acara mengaku sangat puas dengan acara yang mengawali rangkaian Milad UNRI tahun ini. "Saya lihat banyak muncul bibit-bibit kreatif, terutama dari mahasiswa yang tampil," ujarnya sumringah. Karena itu, mungkin, hingga acara sudah ditutup pun, Rektor masih berada di panggung. Dia dengan ramah melayani para dosen, pegawai, dan mahasiswa, serta pengisi acara untuk berfoto bersama. Tahniah 60 tahun UNRI.*** [bazm/mas]




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top