Senin, 5 Desember 2022

Breaking News

  • Ambil Sumpah ASN, Plt Bupati Kuansing Sayangkan Minimya Kehadiran CPNS   ●   
  • Pemprov dan Delapan Kabupaten/Kota di Riau Teriam Predikat WTP   ●   
  • Sudah Mulai Belajar Berjalan, Mita Ingin Kembali Bersekolah   ●   
  • Riau Terima DIPA dan TKD Tahun 2023 Sebesar Rp 30,71,Triliun   ●   
  • BMKG : Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Mengguyur Riau Sore Hingga Dini Hari   ●   
Kunker Spesifik ke Riau, Komisi II DPR RI Cek Data HGU
Kamis 24 November 2022, 09:59 WIB

Pekanbaru, berazamcom - Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja (Kunker) spesifik ke provinsi Riau, Rabu (23/11/2022). Pada kunjungan kerja kali ini, pihak Komisi II DPR RI melakukan evaluasi terkait Hak Guna Usaha (HGU) dan tata ruang di provinsi Riau.

Tim Komisi II saat itu langsung melakukan rapat bersama Badan Pertanahan Nasional Riau, para Kepala BPN Kabupaten/kota serta OPD terkait dilingkungan Pemprov Riau.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mengatakan, konflik pertanahan sebagai besar dipicu oleh penguasaan tanah korporasi besar yang telah menelantarkan tanah HGU dan HPL. Namun demikian, saat tanah tersebut diolah oleh masyarakat, maka pemagang hak tanah tersebut melakukan pengusiran.

"Hal inilah yang kerap menyebabkan konflik horizontal antara pengusaha besar dengan rakyat kecil. Secara nasional, sekitar 65 persen lebih tanah di Indonesia dikuasai kelompok pengusaha," katanya.

Terkait persoalan HGU di Riau, pihaknya menyoroti beberapa persoalan seperti yang terjadi di Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu. Dari dua persoalan tersebut, ditaksir kerugian negara mencapai ratusan triliun rupiah.

"Hal ini tentunya juga menghambat pelayanan pertanahan di Riau," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, Pemerintah provinsi Riau satu suara dengan pihak Komisi II DPR RI. Karena memang persoalan HGU ada pada pemerintah pusat.

"Karena itu apa yang terjadi di Riau ini sudah kami sampaikan, dan selanjutnya pihak Komisi II DPR RI akan membicarakan dengan lintas komisi. Kita ingin persoalan HGU ini diselesaikan, baik yang berkonflik dengan masyarakat dan juga perusahaan yang belum punya HGU," harapnya.





Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top