Jumat, 3 Februari 2023

Breaking News

  • Pemko Pekanbaru Minta LPTQ Susun Program Magrib Mengaji   ●   
  • Pj Sekdako Pekanbaru Pastikan Flyover Simpang Garuda Sakti Dibangun Tahun Depan   ●   
  • Peduli Ekonomi Desa, Gubernur Syamsuar Terima Penghargaan dari Kemendes PDTT   ●   
  • Disnaker Riau Sebut Penyebab Kematian Pekerja Sumur Minyak di Minas Siak Tak Sesuai Standar K3   ●   
  • Bulog Pastikan Stok Beras di Riau Masih Aman, Cukup untuk 4 Bulan ke Depan   ●   
Di Momen Hari Ibu
Besok, Prof Dr Sri Indarti SE MSi Dilantik Jadi Rektor UNRI
Selasa 20 Desember 2022, 20:19 WIB
Prof Dr Sri Indarti, Rektor Perempuan Pertama UNRI [ybs]

PEKANBARU, berazam.com – Kalau tak ada aral melintang, besok siang, Rabu (21/12), Prof Dr Sri Indarti SE MSi dilantik jadi Rektor Universitas Riau (UNRI) periode 2022-2026. Dia menggantikan rektor sebelumnya, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA. Acara pelantikan berlangsung di Kemendikbud Ristek, Jakarta.

Demikian dikabarkan sumber terpercaya berazam.com yang sudah berada di Jakarta, saat dikonfirmasi melalui WhattsApp, Selasa hari ini. “Insya Allah besok siang (pelantikan Rektor),” jawabnya singkat. Sumber tersebut tidak menjelaskan lebih jauh detail acara pelantikan, namun biasanya pelantikan Rektor dilakukan oleh Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim BBA MBA.  

Informasi yang dikumpulkan berazam.com sepanjang hari ini menyebutkan, beberapa petinggi UNRI sudah berada di Jakarta. Meski demikian, belum ada pengumuman resmi dikeluarkan oleh universitas kebanggaan Bumi Melayu yang sudah berusia 60 tahun itu. Beberapa dosen dan pegawai baru mencoba mereka-reka jadwal pelantikan, sambil menunggu kabar resmi.  

Prof Sri Indarti terpilih jadi Rektor UNRI setelah dalam pemilihan pada 27 Juli lalu, dia meraih suara 48 dari 77 suara pemilih yang terdiri dari 50 suara Senat Universitas dan 27 suara dari Kuasa Mendikbudristek. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNRI ini menyisihkan dua pesaingnya, Prof Dr Iwantono MPhil yang hanya mengoleksi 15 suara, dan Dr Ir Deni Efizon (14 suara).

Prof Sri adalah Dekan FEB UNRI dua periode, yang akan mengakhiri masa jabatannya tahun 2023 ini. Perempuan ramah kelahiran Sungai Salak, Indragiri Hilir, 9 April 1965 ini, pernah pula dua kali menjabat Ketua Jurusan Manajemen FEB, dan Ketua Program S2 Manajemen di almamaternya itu. Tahun 2010-2014 dia tercatat sebagai Wakil Dekan I (Bidang Akademik) di kampus yang sama.

Sejak duduk di bangku SMP Negeri 1 Rengat, sulung dari tiga bersaudara itu sudah terbiasa hidup mandiri dan jauh dari orang tua. Sosoknya bersahaja. “Dulu kan saya tinggal di desa. Ketika SMP saya sudah kost karena sekolah saya jauh dari rumah orangtua. Butuh waktu satu malam baru sampai menggunakan kapal,” kenang Sri suatu ketika.

Setamat SMA Negeri 8 Pekanbaru, Sri remaja melanjutkan kuliah di Jurusan Manajemen FEB UNRI, tamat tahun 1987. Tahun berikutnya dia diterima menjadi dosen tetap FEB. Ibu dua anak ini menamatkan S2 di Universitas Andalas Padang (1997), dan S3 Universitas Brawijaya (2010).  

Dalam wawancara khusus dengan berazam.com, beberapa hari menjelang terpilih jadi Rektor, Juli lalu, Prof Sri Indarti bertekad menjadikan UNRI sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). PTN yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom. Selain itu, dia juga akan berupaya menjadikan UNRI sebagai kampus yang terakreditasi internasional. "Tidak hanya di Asia Tenggara, tapi seluruh dunia. Dan untuk mewujudkan semua itu, butuh kerjasama semua pihak," katanya.

Dengan pelantikan besok ini, Prof Sri Indarti menjadi perempuan pertama yang menjadi Rektor UNRI. Sekaligus merupakan hadiah terindah baginya karena pelantikan dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Ibu, 22 Desember. Selamat, Bu Rektor! *** [tim berazam]    




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top