Kamis, 06 08 2020 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Berikut Kewajiban Masyarakat Kabupaten Bengkalis Selama Pelaksanaan PSBB

Senin, 18-05-2020 - 07:00:58 WIB

 
Plh Bupati Bengkalis H Bustami HY berdialog dengan anggota Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bengkalis, Ahad, 17 Mei 2020


TERKAIT:
 
  • Berikut Kewajiban Masyarakat Kabupaten Bengkalis Selama Pelaksanaan PSBB
  •  

    Bengkalis, berazamcom - Menindaklanjuti Peraturan Gubernur (Pergub) Riau Nomor: 27 Tahun 2020, dan Keputusan Gubernur Riau Nomor: Kpts. 840 / V / 2020, mulai 15 sd 28 Mei 2020, di Kabupaten Bengkalis dimulai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

    PSBB ini merupakan salah satu upaya untuk memutus mata rantai perpindahan Penyakit Virus Corona 2019 (Covid-19).

    Selain di Kabupaten Bengkalis, waktu yang bersamaan, PSBB juga diterapkan di Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, dan Kota Dumai.

    Lantas apa yang harus dilakukan masyarakat daerah ini selama melakukan PSBB?

    Dalam Peraturan Bupati Bengkalis Nomor 39 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Penyakit Virus Corona 2019 Di Kabupaten Bengkalis, penanganan beberapa keperluan masyarakat dipertanyakan.

    Diantaranya dalam Pasal 5 ayat (3), yang berbunyi, “Selama pemberlakuan PSBB, setiap penduduk diwajibkan untuk menangani hidup bersih dan sehat (PHBS) dan melakukan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun”

    Lanjutannya, ”menggunakan topeng di luar rumah, dan melaporkan tamu yang datang mengunjungi dalam jangka waktu 1x24 jam ke Ketua RT.”

    Selain itu, juga tercantum dalam Pasal 24 ayat (1) dan (2).

    Bunyi Pasal 24 ayat (1), yaitu, ”Selama pemberlakuan PSBB, setiap penduduk wajib memenuhi seluruh ketentuan dalam pelaksanaan PSBB, ikut serta dalam pelaksanaan PSBB, melaksanakan PHBS, dan menggunakan masker.”

    Sementara dalam Pasal 24 ayat (2), dibahas, “Dalam hal penanganan Covid-19, setiap penduduk wajib mengikuti pengujian dan pemeriksaan sampel untuk Covid-19 dalam penelusuran epidemiologi (pelacakan kontak) telah disetujui untuk diakses oleh petugas.

    Kemudian, “melakukan isolasi mandiri di tempat tinggal (rumah) dan atau tempat penampungan serta perawatan di rumah sakit sesuai dengan rekomendasi tenaga kesehatan, dan melaporkan kepada tenaga kesehatan mengenai diri sendiri dan / atau terpapar Covid-19. *

    []bazm-7



     
    Berita Lainnya :
  • Berikut Kewajiban Masyarakat Kabupaten Bengkalis Selama Pelaksanaan PSBB
  •  

    Komentar Anda :