Kamis, 06 08 2020 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Asisten III Pemkab Meranti Serahkan Kartu Identitas Anak

Jumat, 13-12-2019 - 14:15:00 WIB

 
Asisten III Setdakab Meranti Serahkan kartu identitas anak

TERKAIT:
 
  • Asisten III Pemkab Meranti Serahkan Kartu Identitas Anak
  •  

    Meranti, berazamcom - Bupati Kepulauan Meranti yang diwakili Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner SI.p M.Si melakukan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA), kepada para Wali Murid TK sederajat di Kecamatan Tebing Tinggi.

    Penyerahan KIA yang bertujuan sebagai identitas anak untuk mengantisipasi hal yang diinginkan tersebut dipusatkan di Aula TK Kalamkudus Selatpanjang, Jumat (13/12/2019).

    Turut hadir mendampingi Asisten III Sekda, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Sekretaris Dinas Disdukcapil Meranti Ramdan, Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Ratna Juwita, Direktur Kalam Kudus Riyanto, Ketua Forum Peduli Anak Wira dan ratusan Wali Murid penerima KIA yang hadir.

    Penyerahan KIA kepada perwakilan Wali Murid atau orang tua secara simbolis dilakukan langsung oleh Asisten III Sekda Meranti didampingi Kabag Humas dan pejabat lainnya. 

    Menyikpai kegiatan itu, Asisten III Sekdakab. Meranti menyambut baik penyelenggaraan kegiatan yang ditaja oleh Forum Peduli Anak Meranti ini. Menurutnya kegiatan itu sangat penting dan strategis untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada Wali Murid tentang pentingnya KIA bagi anak sebagai kartu Identitas lengkap anak.

    Karena pentingnya KIA tersebut, Asisten III Sekda Meranti menghimbau kepada para Wali Murid yang belum mengurus kartu KIA untuk segera mengurus kartu yang sangat bermanfaat untuk pengurusan berbagai administrasi anak serta sebagai antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap anak.

    "Jadi semua anak harus punya KIA, kartu ini harus dibawa terus agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada anak dapat segera diketahui siapa keluarganya secara jelas untuk diambil tindakan cepat," ujarnya.

    "Kartu ini juga bermanfaat seperti layaknya KTP sebagai penunjang pengurusan administrasi kependudukan," tambahnya.

    Selanjutnya dihadapan para Wali Murid yang hadir dari beberapa sekolah taman kanak-kanak diantaranya TK Kalamkuds, TK Pertiwi, serta TK Matreya, H. Rosdaner juga mensosialisasikan soal kewajiban masyarakat membayar pajak bumi dan bangunan dan aturan mendirikan bangunan terutama terkait jarak sempadan jalan yang telah diatur dalam Perda, menurut Rosdaner ketentuan ini acap kali diabaikan masyarakat sehingga menimbulkan persoalan kedepan. 

    "Mari kita laksanakan kewajiban membayar pajak, dan bagi yang kendirikan bangunan supaya mengikuti aturan agar tidak menimbulkan masalah," ucapnya.

    Terakhir, Mantan Kadis Pendidikan Meranti yang juga pernah malang melintang sebagai guru ini mencoba memberikan pemahaman kepada para guru dan orang tua Wali Murid, agar lebih bijak menyikapi hukuman yang diberikan oleh guru kepada peserta didik yang pada dasarnya adalah bertujuan untuk kebaikan anak sendiri. 

    "Dengan ketatnya aturan saat ini guru dilarang untuk memukul atau menjewet anak sebab bisa-bisa dilaporkan Wali Murid, dan kepada Wali Murid lebih bijak menyikapi hukuman yang diberikan guru kepada anak jangan lantas melapor," paparnya.

    Dan yang tak kalah penting ia juga mengingatkan kepada orang tua untuk tidak memberikan anak dibawah umur kendaraan bermotor sebab sangat rentan terhadap keselamatan anak.

    Hal senada juga disampaikan oleh Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, ia juga menyampaikan kepada seluruh Wali Murid tentang pentingnya KIA untuk itu ia menegaskan semua anak harus mengantongi KIA untuk menjaga terjadinya hal yang tidak diinginkan kepada anak.

    Sebagai corong Pemerintah Daerah, dikatakan Hery, Bagian Humas dan Protokol Meranti siap menampung semua permasalahan yang dihadapi masyarakat seperti masalah Anak, Kependudukan, Perizinan dan lainnya. Sesuai dengan kewenangannya Humas Meranti akan mencoba berkoordinasi dengan Dinas/Badan terkait untuk dicarikan solusinya. 

    "Silahkan kepada bapak/ibu jika ada persoalan silahkan sampaikan kepada Bagian Humas. Nantinya Kita akan mencoba memfasiltasi dengan Dinas terkait untuk mendapatkan solusi terbaik atas permasalahan itu," ujarnya.

    Sementara itu, Direktur Sekolah Kalamkudus Riyanto, dalam sambutannya menyambut baik kegiatan yang baik yang digagas oleh Forum Peduli Anak untuk melindungi dan memfasilitasi hak-hak anak. 

    "Anak-anak merupakan generasi penerus dan calon pemimpin bangsa yang harus sehat, pintar, memiliki karakter dan moralitas yang baik, dan ini merupakan tugas kita bersama-sama pemerintah untuk mendidik anak agar kelak menjadi insan yang berguna bagi Nusa dan Bangsa serta memiliki masa depan cemerlang," pungkasnya.*rls






     
    Berita Lainnya :
  • Asisten III Pemkab Meranti Serahkan Kartu Identitas Anak
  •  

    Komentar Anda :