Rabu, 05 08 2020 Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan - Indeks Berita
 
Polda Riau dan Polres Kampar Terjunkan Personil SAR Ke Gunung Sahilan

Kamis, 12-12-2019 - 14:06:09 WIB

 
Banjir di Kecamatan Gunung Sahilan

TERKAIT:
 
  • Polda Riau dan Polres Kampar Terjunkan Personil SAR Ke Gunung Sahilan
  •  

    Bangkinang, berazamcom - Banjir yang melanda di Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar menjadi perhatian bagi Polda Riau dan Polres Kampar dengan mengirimkan beberapa personil yang terlatih ke lokasi guna membantu masyarakat.

    Kapolres Kampar AKBP Muhammad Kholid melalui Kasubag Humas Iptu Deni Yusra, Kamis (12/12/2019) siang, di Bangkinang Kota menyampaikan bahwa jajaran Polda Riau dan Polres Kampar beberapa waktu lalu telah mempersiapkan personil dan peralatan untuk diturunkan ke lokasi banjir yang terjadi.

    "Sejak Rabu kemarin (11/12), Polres Kampar telah menurunkan 5 personil Sabhara yang memiliki kemampuan SAR terbatas ke wilayah desa Gunung Sahilan ini," ujar Deni.

    Menurutnya, bahwa mereka juga membawa kendaraan taktis Rescue yang memiliki beberapa peralatan yang dibutuhkan dilokasi bencana, serta perahu karet dan peralatan pendukung lainnya.

    "Dari Polda Riau juga mengirim 4 personil Polair beserta peralatan perahu karet, mereka bergabung dengan personil Polres Kampar serta sejumlah anggota Polsek Kampar Kiri yang juga diturunkan ke lokasi untuk membantu masyarakat dan mengamankan daerah yang terkena banjir ini," tambahnya.

    Dipaparkan Deni, para personel Kepolisian ini melakukan patroli air di perkampungan yang terkena banjir, untuk memastikan tidak ada warga yang terjebak dan mereka siap melakukan pertolongan dan evakuasi bila dibutuhkan.

    "Tingginya curah hujan di wilayah kabupaten Kampar beberapa hari terakhir telah mengakibatkan banjir dibeberapa desa di wilayah kecamatan Gunung Sahilan, terpantau dua desa yang terdampak banjir ini yaitu desa Gunung Sahilan dan Sahilan Darussalam," papar Deni.

    Banjir hampir setiap tahun melanda daerah ini yang biasa terjadi pada puncak musim penghujan antara bulan Desember hingga Januari, saat ini ada sekitar 200 lebih rumah yang terkena genangan banjir ini.

    Pada 2 desa ini tidak semua wilayah terendam banjir karena sebagiannya berada di daerah ketinggian, dan dijadikan sebagai tempat pengungsian bagi warga yang juga merupakan rumah-rumah kerabat mereka.

    "Meski begitu setiap bencana alam khususnya banjir, pasti ada potensi-potensi kerawanan yang akan timbul sebagai dampaknya, atas pertimbangan itulah Aparat Kepolisian bersama Pemerintah Daerah harus hadir untuk membantu dan memberikan rasa aman bagi masyarakat," sebut Deni.

    Sementara itu, dari jajaran Pemerintah daerah kabupaten Kampar juga telah menurunkan personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah beserta peralatan pendukungnya.

    Pemda Kampar melalui personil yang diterjunkan ke wilayah banjir tersebut membuka dapur umum di desa Gunung Sahilan ini untuk membantu konsumsi warga yang terdampak banjir.

    Pada hari Rabu (11/12/2019) siang kemarin, Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto juga meninjau lokasi banjir di kecamatan Gunung Sahilan dan menyerahkan sejumlah bantuan bagi korban banjir.

    "Pada sore hari kemarin, Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid didampingi Kapolsek Kampar Kiri Kompol Yulisman turun ke lokasi untuk meninjau secara langsung dan memberikan arahan kepada personel yang bertugas," pungkas Deni.*bazm3/rif



     
    Berita Lainnya :
  • Polda Riau dan Polres Kampar Terjunkan Personil SAR Ke Gunung Sahilan
  •  

    Komentar Anda :