Senin, 5 Desember 2022

Breaking News

  • Ambil Sumpah ASN, Plt Bupati Kuansing Sayangkan Minimya Kehadiran CPNS   ●   
  • Pemprov dan Delapan Kabupaten/Kota di Riau Teriam Predikat WTP   ●   
  • Sudah Mulai Belajar Berjalan, Mita Ingin Kembali Bersekolah   ●   
  • Riau Terima DIPA dan TKD Tahun 2023 Sebesar Rp 30,71,Triliun   ●   
  • BMKG : Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Mengguyur Riau Sore Hingga Dini Hari   ●   
Wartawan Generasi Milenial, Tantangan Ketua PWI Riau
Rabu 22 Juni 2022, 14:18 WIB

Pekan ini adalah momen cukup strategis bagi seluruh anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau. Pada 22-24 Juni 2022 mereka akan berkonferensi (Konferprov) di Bengkalis.

Konferprov XV PWI Riau akan membahas program kerja lima tahun ke depan sekaligus mendengarkan pertanggungjawaban program kerja pengurus lima tahun terakhir. Tapi agenda yang paling seksi adalah pemilihan Ketua PWI Riau masa bhakti 2022-2025.

Perkembangan terakhir, terdapat dua kandidat kuat kan bertarung merebut kursi PWI Satu Provinsi Riau: H Zulmansyah Sekedang SSos, dan Dr H Syafriadi SH MH. Zulmansyah (50 tahun) adalah kandidat incumbent, karena masih memimpin PWI Riau saat ini. Dia sosok wartawan muda PWI Riau. Sementara Syafriadi (56 tahun) senior Zulmansyah.

Saya tidak tertarik menyorot mana yang diunggulkan, sebab keduanya orang hebat, dan sahabat yang baik. Justru saya lebih suka melihat tantangan PWI Riau ke depan dalam mengurus anggotanya. Kalau boleh dipetakan, hampir 500 orang anggota aktif PWI Riau, bisa dibagi ke dalam tiga kategori. Sekitar 20 persen anggota PWI Riau adalah kaum intelektual mapan dan pemikir, 35 persen golongan ‘entrepreuneur’ sukses, dan 45 persen adalah milenial yang masih berjuang menuju mapan.

Nah, yang menarik adalah mencermati golongan milenial yang 45 persen. Mereka adalah kader masa depan PWI yang tumbuh di era teknologi informasi (TI). Era TI adalah era cyber. Seluruh sendi kehidupan termasuk di dunia jurnalistik bergantung pada internet, dan para milenial ini dituntut harus menguasainya. Di sisi lain mereka memiliki keterbatasan secara finansial.

Di sinilah tantangan utama Ketua PWI Riau ke depan. Pertama, dia harus bisa gerakkan roda organisasi untuk membuat program kerja yang mampu mengantarkan para milenial ini menjadi generasi digital seutuhnya. Generasi yang mampu menjalankan profesi dengan penguasaan teknologi digital. Tentu saja dengan penguasaan ilmu jurnalistik yang memadai, dan memahami kode etik jurnalistik dengan baik. Pengayaan pengetahuan (Enrichment knowledge) adalah harga mati jika kita tidak ingin keitggalan kereta.

Kedua, Ketua PWI Riau ke depan harus bisa menggerakkan organisasi untuk membantu meningkatkan kesejahteran wartawan milenial ini. Yang bisa  mensupport stabilitas ekonomi rumah tangga mereka, seiring dengan meredupnya pemasukan iklan ke media.

Yang patut juga dicermati adalah, bahwa generasi milenial adalah generasi yang tak terbiasa hidup ribet. Mereka ingin hadapi dunia lebih rileks, bekerja sambil nongki-nongki, nggak bisa dipaksa-paksa. Intinya mereka lebih suka bekerja sambil happy-happy. Karena itu, semua program PWI yang ditujukan pada mereka, harus dikemas dalam nuansa enjoy.

Inilah sebagian tantangan Ketua PWI Riau ke depan. Lalu, siapa dari dua kandidat yang akan dipilih oleh peserta Konferprov XV PWI Riau di Bengkalis satu dua hari ini? Wait and See!

Yang patut juga kita jaga bersama adalah konferensi ini bukan ruang untuk gontok gontokan juga bukan saling menjatuhkan lawan. Sebab semua kandidat merupakan bafian dari rumah besar PWI tempat kita bernaung dan bersenda gurau setiap harinya di Mabes PWI Riau jalan Arifin Ahmad. So, siapapun nanti pemenangnya mereka harus kita dukung. Yang menang jangan berbusung dada, yang kalah juga harus legowo menerima realitas.


Selamat berkonferprov! Vidi, vini, vici!
Penulis adalah Anggota Dewan Kehirmatan PWI Riau/Wakil PU berazamcom. ke Depan




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Indeks
Sabtu 01 Oktober 2022, 08:52 WIB
Obstruction of Press Freedom
Selasa 30 Agustus 2022, 10:34 WIB
Siapa Berani Membela Sambo
Rabu 17 Agustus 2022, 15:10 WIB
Implikasi Refocusing Anggaran Terhadap Pelaksanaan Pemerintahan di Kabupaten Kampar
Rabu 22 Juni 2022, 14:18 WIB
Wartawan Generasi Milenial, Tantangan Ketua PWI Riau
Senin 21 Maret 2022, 13:50 WIB
Dinamika Perkembangan Bahasa Jepang di Riau
Kamis 17 Februari 2022, 13:32 WIB
CPP Block dan 'Politik Sambil Menyelam Minum Air'
Jumat 04 Februari 2022, 22:55 WIB
Bijak Gunakan Media Sosial
Selasa 06 Oktober 2020, 23:28 WIB
Memahami kembali Makna Demokrasi di Era yang Berubah
Kamis 06 Agustus 2020, 09:22 WIB
Partisipasi dan Gerakan Politik Kaum Milineal
Senin 22 Juni 2020, 10:31 WIB
Media Berperan Jaga Bahasa Indonesia dari Kehancuran


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top