Selasa, 14 Mei 2024

Breaking News

  • Masa Depan Indonesia Pasca Jokowi, Teka-teki yang Menantang   ●   
  • Lepas Keberangkatan Jemaah Haji Riau ke Arab Saudi, Ini Pesan yang Disampaikan Pj Gubri   ●   
  • Pemprov Riau Buka Seleksi 4 Jabatan Eselon II   ●   
  • Membatasi Kebebasan Pers: Ancaman Terhadap Demokrasi dan Transparansi   ●   
  • Salah Kaprah Caleg Terpilih Maju Dalam Pilkada 2024 Tidak Wajib Mundur Dari Jabatannya   ●   
Pelajar Makassar Semangat Belajar Sustainability di IEFE 2019
Jumat 05 April 2019, 16:43 WIB
Para pelajar bersemangat mendatangi stand APRIL dalam Indogreen Environment & Forestry Expo (IEFE) 2019 di Makassar.
MAKASSAR, berazamcom -  Asia Pasific Resources International Limited (APRIL) bersama Restorasi Ekosistem Riau (RER) kembali berpartisipasi dalam IndoGreen Environment & Forestry Expo (IEFE) 2019 yang diadakan di Makassar pada 4 hingga 7 April 2019. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Ratusan pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan termasuk dari pelajar di Makassar bersemangat mendengarkan penjelasan mengenai program yan dihadirkan seperti proses pembuatan produksi dari kayu menjadi kertas, Program Desa Bebas Api beserta tim Fire Fighter, Rumah Batik Andalan, program sustainability forest management policy/ SFMP dengan kebijakan konservasi 1:1 serta Restorasi Ekosistem Riau.

Siswa SMK Kehutanan Makassar, Dani mengaku sangat tertarik dengan adanya fire fighter di APRIL  sebagai salah satu langkah dalam menjaga hutan berkelanjutan.

“Saya juga tertarik dengan program Restorasi Ekosistem Riau yang bagus dengan keanekaragaman fauna,” jelasnya.

Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono mengatakan tahun ini mengambil tema “Integrasi dan Sinergi Industri Pada Sektor Kehutanan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. IEFE 2019 diharapkan semakin mendekatkan impian Indonesia menjadi “champion” dalam perdagangan produk kayu legal dan hasil hutan bukan kayu di pasar global.

Dijelaskannya, pada tahun 2018, tercatat USD 12,17 miliar disumbangkan sebagai devisa negara dari aktivitas perdagangan sektor hasil hutan. "Angka ini merupakan rekor tertinggi yang dicatatkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, dan merupakan wujud keberhasilan pemerintah dan para stakeholder sektor LHK, yang telah melakukan langkah-langkah koreksi (Corrective Actions) untuk perbaikan pengelolaan sektor LHK," jelas Bambang.

Selain ingin membangkitkan keoptimisan dalam industri sektor LHK, Bambang juga menyampaikan bahwa Pemerintah berkomitmen dalam mengedepankan akses masyarakat untuk memanfaatkan hutan melalui Perhutanan Sosial. "Berbagai langkah korektif telah dilakukan Pemerintah seperti moratorium pembukaan izin baru, mendorong kerjasama hutan sosial serta membangun konfigurasi bisnis baru. Keterkaitan dengan pameran ini adalah bagaimana konfigurasi bisnis baru bisa terlaksana," tambahnya.

Corporate Communication APRIl, Fembiarta Binar Putra mengatakan APRIL grup berkomitmen dalam menjaga kelestarian alam secara berkesinambungan sebagai bagian dari upaya menjaga iklim (good for climate). Salah satunya dengan program kebijakan pengelolaan hutan lestari SFMP dengan kebijakan 1:1.

“Sejak lama perusahaan telah menetapkan kebijakan tersebut. Kebijakan 1 banding 1 itu artinya 1 hektar area hutan tanaman untuk 1 hektar konsesi,” tuturnya. (rls)



Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top