Kamis, 18 Juli 2024

Breaking News

  • Pj Gubri Lantik 3 Pejabat Eselon II Pemprov Riau, Ini Nama-namanya   ●   
  • CERI Minta KPPU Lakukan Audit Forensik Sistem Eproc di Kementerian ESDM   ●   
  • UIR Terima Bantuan Pendidikan Sebesar Rp145 Juta dari BTN Syariah   ●   
  • Siang Ini Pj Gubri Lantik 3 Kepala OPD Hasil Assesmen   ●   
  • Disperindag Ungkap Penyebab Minyakita Langka di Riau   ●   
Bakal Direvitalisasi Melalui DAK, Bappeda Rohul Minta Desa Usulkan Semua Sekolah Rusak
Senin 03 Februari 2020, 08:00 WIB
Kabid Perencanaan Pembangunan Rafit Mahendra
Pasir Pengaraian, berazamcom - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau menghimbau, semua desa dan Kecamatan di Rohul agar mengusulkan sekolah rusak di wilayahnya.

Usulan revitalisasi atau pembangunan sekolah baru ini nantinya akan diusulkan ke Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Diakui Kabid Perencanaan Pembangunan Rafit Mahendra, saat ini Pemerintah Pusat tengah membuka keran untuk anggaran pendidikan. Hal itu sedana dengan Fokus Presiden Joko Widodo dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kini Pemerintah pusat sedang jor-joran dibidang pendidikan, khususnya penudiaan infrastruktur pendidikan. Jadi ini kesempatan kita untuk mendapatkan anggaran penyediaan infrastruktur pendidikan Khususnya SD dan SLTP di tengah terbatasnya keuangan daerah kitasaat ini," terang Rafit, kemarin.

Selama ini, ada kondisi dilematis yang dialami sekolah terutama terkait upaya sekolah dalam mengejar akreditasi sekolah. Bahkan, untuk mengejar akreditasi tidak jarang sekolah melaporkan bangunan mereka dalam kondisi baik di dapodik, padahal, kondisi riil sekolah tersebut rusak.

Rafit mencontohkan, di Kabupaten Inhu tahun 2019 lalu berhasil mendapat anggaran besar dalam pembangunan infrastruktur pendidikan melalui dana DAK, mencapai Rp65 miliar. Keberhasilan itu dikarenakan Inhu berhasil meyakinkan Pemerintah Pusat mereka sangat membutuhkan sarana pendidikan tersebut.

“Belajar dari itu, kita minta desa dan kecamatan usulkan sekolah rusak untuk dilakukan revitlisasi ataupun kebutuhan bangunan baru, ke dinas pendidikan pemuda dan olah raga rohul sebagai Leading Sektor agar segera bisa kita usulkan ke Pusat," sebut Rafit. *



Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top