Kamis, 18 Juli 2024

Breaking News

  • Pj Gubri Lantik 3 Pejabat Eselon II Pemprov Riau, Ini Nama-namanya   ●   
  • CERI Minta KPPU Lakukan Audit Forensik Sistem Eproc di Kementerian ESDM   ●   
  • UIR Terima Bantuan Pendidikan Sebesar Rp145 Juta dari BTN Syariah   ●   
  • Siang Ini Pj Gubri Lantik 3 Kepala OPD Hasil Assesmen   ●   
  • Disperindag Ungkap Penyebab Minyakita Langka di Riau   ●   
Bakal Calon Bupati Upayakan Pilkada Rohul Diikuti 3 Pasangan Calon
Senin 03 Februari 2020, 08:04 WIB
ist

Pasir Pengaraian, berazamcom - Peta politik jelang Pilkada Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kian memananas. Berapa kandidat, kecuali bakal Calon Petahana, mendorong Pilkada Rohul ini hanya diikuti 3 pasangan calon. Untuk memuluskan hal itu, komunikasi politik antar bakal calon akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

Adalah Ketua DPC Partai Demokrat Rohul Kelmi Amri SH yang menginisiasi rencana tersebut. Bahkan, politisi yang kini menjabat sebagai anggota DPRD Riau tersebut menegaskan dirinya akan mengurungkan niatnya maju pada Pilkada Rohul, jika nantinya sudah ada 3 pasangan Calon.

“Kita menginginkan desain Pilkada Rohul itu sedikit calon yang maju. Ketika Demokrat berkoalisi dengan Golkar, PKS, Nasdem PKB dan PAN tentu secara otomatis calon hanya akan ada 3 pasang saja dan itu sedang kita desain,” cakapnya, Ahad (2/2/2020) usai menyampaikan visi Misi Penjaringan Partai Golkar Rohul.

Kelmi menjelaskan konsep dirinya dari awal adalah bagaimana membangun koalisi antara Demokrat dengan parpol lainnya terlebih dahulu. Apalagi, sebagian partai yang membuka penjaringan itu hampir sama tokoh yang mendaftar di penjaringan Partai Demokrat.

“Kita ingin bangun kesepahaman bersama. Siapa yang paling layak diusung di pilkada ini sekalipun dari partai lain seperti PKB, Nasdem atau 4 partai lainnya seperti PAN dapat berembuk siapa yang paling siap untuk maju. Tapi kan tetap parameternya harus jelas, ada basisnya survei, track record calon ataupun kekuatan kompetitor yang ada. Nah inikan harus kita ramu,” cakap Kelmi.

"Persoalan saya maju atau tidak maju itu tergantung dukungan parpol. Tidak ada garansi bagi saya mendapatkan dukungan dari Golkar, PAN, PKB dan Nasdem. Maksud saya ini dulu yang kita rembukkan, bangun dulu rumahnya baru isinya siapa yang patut dan layak yang mengisinya," jelasnya.

Melalui pola politik seperti ini, Kelmi berharap akan menjadikan pekerjaan pemenangan pilkada Rohul sebagai kerja partisipatif dan gotong royong. Ia juga berharap kepada semua tokoh yang sudah menyatakan maju untuk sama-sama mendesain Pilkada semurah mungkin dengan cara sepert ini.

“Kalau semangat personal yang kita kedepankan, akhirnya kita akan menghadapi pilkada yang diwarnai perang urat saraf dan perang logistik dan itu tidak baik bagi demokrasi kita,” tuturnya.

Dengan hanya 3 pasang calon, lanjut Kelmi, diharapkan Pemerintatah yang dihasilkan pada Pilkada itu didukung lebih dari 30 persen masyarakat Rohul sehingga diharapkan menciptakan pemerintahan yang stabil.

“Membangun negeri ini harus didukung stabilitas baik ekonomi, politik, semuanya harus stabil. kalau 4 pasangan calon maka dukungan kemenangan itu tidak sampai 30 persen. Legitimasi Pemerintah secara dejure memang didapatkan tapi secara de facto tidak mendapatkan legitimasi kuat dari Masyarakat,” tegasnya.

Kelmi menyatakan dirinya tidak menginginkan lagi Rohul terjebak dalam kecelakaan sejarah, dimana kontestasi Pilkada terkadang membenturkan masyarakat pada pilihan yang rumit dan ujungnya, masyarakat terjebak dalam pilihannya.

“Kita tidak ingin pemerintah diurus sembrono dan kita tidak ingin Rohul diurus orang yang tidak mengedepan kepentingan Rohul. Inilah yang terjadi sekarang, Pemerintah Rohul ke depan harus dikeloala orang-orang profesional dan bertanggung jawab terhadap pembangunan Rohul,” tegasnya.

Di tempat yang sama, pendapat Kelmi Amri ini diSambut baik cakal calon bupati lainya Ir. H. Hafith Syukri MM. Menurut Ketua DPC PKB Rohul tersebut, pendapat Kelmi Amri perlu segera disikapi.

Menurut mantan Wabup Rohul ini, kondisi ril saat ini diperlukan sebuah komitmen bersama, untuk bisa maju bersama, bagaimana Rokan Hulu lebih baik ke depan.

“Harus segera ditindaklanjuti. Maka dari itu ke depan akan lakukan pertemuan yang lebih intens dengan seluruh kandidat dan partai politik bagaimana menyatukan visi agar di Pilkada ini cukup 3 pasang calon saja yang bertarung,” pungkasnya.*



Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top