Minggu, 19 Mei 2024

Breaking News

  • Ketua DPC PJS Kota Palembang Soroti Pembangunan Terminal Batubara Kramasan   ●   
  • Pernyataan Wan Abu Bakar Berpotensi Primordialisme, Tokoh Riau Edy Natar Nasution Angkat Bicara   ●   
  • Dinkes Siak dan Apkesmi Gelar Webinar, Perkenalkan Program ILP   ●   
  • Mahasiswa Hukum UIR Raih Best Speaker di Kontes Duta Wisata Riau 2024   ●   
  • UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp 70 Juta dari Bank Syariah Indonesia   ●   
Komisi II DPRD Meranti Lakukan Kosultasi Ke Bappeda dan Litbang Provinsi Riau
Jumat 14 Februari 2020, 18:05 WIB
ist

Meranti, berazamcom - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis  (30/01/2020) melakukan kunjungan monsultasi ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Litbang Provinsi Riau di Jalan Gajah Mada Pekanbaru. Kunjungan tersebut dalam rangka mempertanyakan perencanaan dan alokasi program dan anggaran untuk Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2020 dan Tahun 2021.

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Meranti Taufiek, SM. Ikut serta dalam kunjungan konsultasi tersebut Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti Iskandar Budiman, SE, Sekretaris Komisi II Tengku M. Nasir, Anggota Komisi II Fauzi Hasan, SE, Pandumaan Siregar, SP, Basiran, SE, MM, Muhammad Syafi’i, H. Hatta, Dedi Yuhara Lubis, Sekretaris DPRD Eri Suhairi serta Kabag Keuangan Sugiatsih, SE.


Dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepulauan Meranti ikut mendampingi Kepala Bidang Perencanaan M. Sakinul Wadi, S.Hi.

Wakil Ketua Komisi II Taufiek SM menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka mengetahui alokasi anggaran untuk Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2020 dan Tahun 2021. “Kita ingin mengetahui program-program apa saja yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Meranti pada Tahun 2020 ini,” ujar Taufiek menjelaskan.


Menurut Taufiek, selain program di tahun 2020, perencanaan program di tahun 2021 juga harus menjadi perhatian dari Bappeda Litbang Provinsi Riau. “Selama ini Kabupaten Kepulauan Meranti setiap tahunnya terabaikan dan seperti di anaktirikan dan kurang mendapat perhatian dibanding kabupaten lain di Provinsi Riau. Hal tersebut dibuktikan dengan alokasi anggaran yang sedikit dibandingkan kabupaten lain di Provinsi Riau.

Taufiek juga berharap agar Pemerintah Provinsi Riau tidak mengalokasikan anggaran untuk Kabupaten Kepulauan Meranti hanya berbentuk DED atau perencanaan saja tapi bagaimana DED atau perencanaan tersebut benar-benar dilaksanakan secara nyata. Selain infrastruktur, menurut Taufiek, bantuan di sektor pertanian, perkebunan, pendidikan serta kesehatan juga harus menjadi prioritas untuk Kabupaten Kepulauan Meranti.

Ditempat yang sama, anggota Komisi II Fauzi Hasan, SE juga berharap Bappeda Litbang Provinsi Riau dapat memetakan prioritas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Meranti dengan baik. “Kita mau pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pemerintah Provinsi Riau harus fokus.


“Pembangunan Jalan Kampung Balak-Alai-Selatpanjang yang sudah direncanakan dan terbengkalai saat ini harus menjadi prioritas,” pinta Ketua DPRD Kepulauan Meranti Periode 2014-2019 tersebut.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi II Basiran, SE, MM. Menurutnya, pembangunan jalan Kampung Balak-Alai-Selatpanjang harus segera dilaksanakan untuk membuka akses dan perputaran ekonomi masyarakat. “Saya kira beberapa bagian jalan yang menjadi masalah bisa dikaji dan diselesaikan,” ujar politisi Gerindra tersebut.

Kepala Bidang 1 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Litbang Provinsi Riau Andi Ista Tutih yang membidangi bidang perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah menyampaikan bahwa pihaknya mempunyai semangat yang sama dalam upaya percepatan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Andi Ista Putih juga menjelaskan bahwa alokasi anggaran ke Kabupaten/Kota disusun berdasarkan kebutuhan dan prioritas bukan hanya presentasi.


“Kita selalu berkomitmen untuk membantu Pemerintah Daerah dalam upaya keberlanjutan pembangunan. Apa yang sudah disampaikan secara lisan nantinya harus diterjemahkan kedalam tulisan untuk ditindaklanjuti sesuai tahapan perencanaan,” kata Andi menambahkan.

Menurutnya, alokasi anggaran untuk Kabupaten Kepulauan Meranti untuk tahun 2020 masih diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur dan Bantuan Keuangan (Bankeu) untuk membayar gaji guru dan bidang-bidang lainnya.

Kegiatan kunjungan konsultasi Komisi II DPRD Kepulauan Meranti tersebut merupakan bagian dari komitmen untuk keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan bertukar cenderamata.*adv



Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top