Jumat, 26 April 2024

Breaking News

  • Terkait Lesapnya Dana Nasabah BRI Makassar Rp 400 Juta, Ini Tanggapan Pihak BRI   ●   
  • Uang Beredar di Indonesia Mencapai Rp 8.888,4 Triliun per Maret 2024, Ini Kata Orang BI   ●   
  • Andi Rahman Desak Pemerintah Segera Tuntaskan Pembayaran Lahan Tol Pekanbaru -Padang   ●   
  • Brigjend TNI Edy Natar Nasution Mendaftar sebagai Balon Gubri di Kantor PDIP Riau   ●   
  • MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Riau, Kota Pekanbaru Raih Juara Pertama Cabang Fahmil Qur’an Putri   ●   
Puncak Musim Hujan, Ini Daerah Berpotensi Banjir di Januari 2021
Selasa 19 Januari 2021, 13:06 WIB
BMKG

Jakarta, berazamcom - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan wilayah Indonesia memasuki puncak musim hujan pada Januari-Februari 2021. Masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia diminta waspada terkait bencana banjir.

"Sampai Maret masih ada potensi multirisiko, tapi untuk hidrometeorologi puncaknya pada Januari-Februari," kata Kepala BMKG Dwikorita dalam keterangan tertulis, Jumat (16/1/2021).

Dwikorita menyebut pihak BMKG sejauh ini sudah mengeluarkan informasi potensi bencana bersamaan dengan prakiraan musim hujan sejak Oktober 2020. Sejak awal Januari 2021, sejumlah daerah bahkan dilaporkan mengalami banjir dan tanah longsor akibat peningkatan curah hujan.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim Dodo Gunawan mengatakan saat ini Indonesia sudah memasuki puncak musim hujan. Masyarakat diminta mewaspadai peningkatan potensi bencana hidrometeorologi.

"Januari-Februari memasuki puncak musim hujan. Karena itu, perlu ditingkatkan kewaspadaan terhadap bencana hidrometeorologi," ucap Dodo.

Berikut ini 13 provinsi yang berpotensi mengalami banjir menengah pada Dasarian III Januari 2021:
1. Banten
2. Jawa Barat
3. Jawa Tengah
4. DI Yogyakarta
5. Jawa Timur
6. Bali
7. Nusa Tenggara Barat
8. Nusa Tenggara Timur
9. Sulawesi Tengah
10. Sulawesi Selatan
11. Sulawesi Tenggara
12. Maluku
13. Papua

Seperti diketahui, sejumlah kabupaten dan kota sudah lebih dulu mengalami banjir akibat curah hujan atau gelombang tinggi laut. Yang terbaru adalah banjir yang melanda wilayah Kudus, Jawa Timur.

Sebanyak 600 rumah warga pun terendam banjir setinggi 30-80 sentimeter. Kepala BPBD Kudus Budi Waluyo mengatakan banjir di Kudus ini hampir merata di sejumlah wilayah. Banjir disebabkan curah hujan tinggi. Akibatnya, sungai di Kudus meluap.

"Kejadian banjir hampir merata. Seperti di Kecamatan Mejobo, Kecamatan Jati, dan Kecamatan Kaliwungu," ucap Budi saat dihubungi wartawan hari ini.

Budi mengatakan saat ini pihaknya masih memonitor rumah hingga warga yang terdampak banjir. "Kita saat ini masih melakukan monitoring terhadap dampak banjir ini," jelas Budi.

Tak hanya itu, hujan deras yang melanda Kota Pekalongan, Jawa Tengah, sejak kemarin pagi hingga saat ini juga menyebabkan banjir. Tercatat hingga saat ini ada 3.000 rumah warga yang terendam banjir di Kota Pekalongan.

Selain intensitas hujan yang tinggi, banjir juga disebabkan meluapnya sungai di Kota Pekalongan. Dia menyebut banjir cukup merata terjadi di wilayahnya.

[]bazm-13
sumer: detik.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top