Sabtu, 8 Mei 2021

Breaking News

  • Larangan Mudik, Bupati Siak Pantau Pos Penyekatan Minas dan Kandis   ●   
  • 100 Hari Kapolri, Peluncuran Berbagai Aplikasi Wujud Keseriusan Perbaikan Korps Bhayangkara   ●   
  • Soal WNA Asal Cina yang Masuk ke Indonesia, Imigrasi: Sudah Dapat Rekomendasi   ●   
  • Kemenag Hormati Putusan MA Soal Pembatalan SKB 3 Menteri Seragam Sekolah   ●   
  • Wakajati Riau Apresiasi Keberadaa MPP Pekanbaru   ●   
Sandi Uno Targetkan Dana Turis Lokal Rp150 T Berputar di RI
Senin 22 Maret 2021, 13:34 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Jakarta, berazamcom -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan sebagian dana yang biasanya dihabiskan wisatawan nusantara untuk berwisata di luar negeri bisa diputar di Indonesia.

Catatan Sandi, dana wisatawan lokal yang digunakan untuk berlibur di luar negeri sebesar Rp150 triliun per tahun.

"Karena ada Rp150 triliun jumlah dana yang teralokasi oleh para wisatawan nusantara untuk berwisata di luar negeri. Ini bisa ambil peluang untuk merealokasi sebagian dana masyarakat yang habis untuk berwisata di luar negeri," ungkap Sandiaga dalam Webinar: DBS Asian Insights Conference 2021, Senin (22/3).

Sandiaga mengatakan agar dana itu bisa tetap bertahan di Indonesia, pihaknya akan berupaya menarik masyarakat untuk berwisata di dalam negeri dengan mengembangkan lima destinasi super prioritas.

Kelima destinasi tersebut, antara lain Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

"Yang kami siapkan bukan hanya infrastruktur, tapi juga kami fokuskan ekonomi kreatifnya, atraksi, produk fesyen, kuliner, film, musik, dan sebagainya," ucap Sandiaga.

Sebelumnya, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo Manuhutu berharap jumlah wisatawan domestik akan semakin banyak di masa pandemi covid-19. Ia menargetkan dana sebesar US$10 miliar yang biasanya digunakan wisatawan Indonesia di luar negeri bisa berputar di dalam negeri.

"Sebelum pandemi banyak yang ke luar negeri nilainya lebih dari US$10 miliar, itu bagaimana caranya didorong tetap di dalam domestik," ungkap Odo.

Saat ini, pemerintah sedang fokus mengembangkan pariwisata di kawasan Labuan Bajo. Beberapa titik pembangunan dilakukan di Puncak Waringin, Batu Cermin, Pantai Marina, dan Pulau Rica.

Berdasarkan catatan Kementerian PUPR per Februari 2021, kemajuan penataan di Puncak Waringin saat ini 98 persen, Batu Cermin 96,5 persen, Pantai Marina 17,74 persen, dan fasilitas penunjang di Pulau Rica 37 persen.*

 

[]bazm-13

sumber: CNN Indonesia.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top