Senin, 20 September 2021

Breaking News

  • ''Santun Berpolitik, Lebih Banyak Merangkul daripada Memukul''   ●   
  • Terus Turun, Kasus Aktif COVID-19 di Riau Tinggal 1.543 Orang   ●   
  • Wisata Istana Siak Kembali Dibuka, Gubri Pesan Pengunjung Taat Prokes   ●   
  • Pengendara Harus Waspada, Besok Polri Gelar Operasi Patuh Lancang Kuning 2021   ●   
  • Humas-WMPR Peduli, Salurkan Ratusan Paket Sembako   ●   
Begini Cerita UAS Terkena Gejala Covid-19: Semua Tulang Rasanya Mau Putus
Selasa 13 Juli 2021, 13:49 WIB
Ustaz Abdul Somad (UAS) pernah menyangka akan meninggal ketika merasakan gejala Covid-19. Ia bahkan menulis surat wasiat untuk anaknya

Pekanbaru, berazamcom - Penceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) bercerita tentang pengalamannya merasakan gejala Covid-19. Ia merasakan anosmia dan sakit seperti tulang mau putus. UAS mengatakan gejala-gejala itu ia rasakan sepulang berdakwah dari luar kota. Rasa sakit yang ia rasakan membuatnya terpikir tentang kematian.

"Saya pernah menyangka mati. 'Kapan Ustaz menyangka mati?' Ketika tiba-tiba saya pulang dari luar kota, sampai di rumah semua tulang-tulang saya ini rasanya mau putus," kata UAS dalam dakwah yang disiarkan kanal Youtube Musyawarah, dilihat Selasa (13/7/2021).

Dia menyampaikan gejala tersebut berlangsung selama sekitar sembilan hari. Pada hari keempat, UAS merasa sakit kepala luar biasa. Ia menyebut seperti ada yang menusuk-nusuk jarum ke kepalanya.

Pada hari keenam, UAS hendak memakan buah durian. Namun, ia mengalami gejala anosmia sehingga tak bisa mencium bau durian sama sekali.

Pendakwah kondang itu pun langsung menulis surat wasiat untuk anaknya. Ia berpesan agar sang anak terus mentauhidkan Allah SWT, belajar di pesantren, menghafal Al-Quran, dan mendoakan orang tua.

"Karena saya sangka pada hari kesembilan, kesepuluh, napas sudah pendek sekali. Judulnya setengah napasku pergi," ujar UAS sambil tertawa. UAS mengaku tak melakukan tes Covid-19 saat itu.

Namun, ia percaya apa yang ia alami sebagai gejala Covid-19. Setelah kondisi memburuk, ia mulai mengonsumsi madu dan vitamin C.

UAS merasa keadaannya kemudian mulai membaik hingga saat ini. Namun UAS tetap mengingatkan kepada masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.  

Gejala Covid-19 paling umum menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah demam, batuk kering, dan mudah lelah.

Dokter spesialis paru yang juga bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Ahmad Pekanbaru, dr Yovi mengatakan  Covid-19 adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus corona. Beberapa orang dapat terinfeksi tetapi tidak merasakan atau menunjukkan gejala apa pun. Dokter menyebutnya dengan istilah asimtomatik.

 

Sementara, kebanyakan orang dilaporkan akan mengalami gejala ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Di sisi lain, beberapa orang dengan infeksi virus corona mungkin juga bisa mengalami masalah yang parah, seperti kesulitan bernapas.

 Seseorang dengan gejala ini mungkin memiliki Covid-19: Demam atau kedinginan, Batuk kering, Sesak napas atau kesulitan bernapas, Kelelahan, Nyeri otot atau tubuh, Sakit kepala, Kehilangan rasa atau bau (anosmia), Sakit tenggorokan, Hidung tersumbat atau pilek, Mual atau muntah dan Diare.*bazm3




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top