Senin, 25 Oktober 2021

Breaking News

  • TAF Hadirkan Aplikasi Digital FLEX dan TAF Jakarta Service Lounge   ●   
  • Banjir Promo di SPEKTRA FAIR, Catat 96 Kota Beruntung!   ●   
  • Ketua ASITA Riau Mundur, DPP ASITA Segera Tunjuk Pelaksana Tugas   ●   
  • DPRD Minta Pemprov Riau Percepat Vaksinasi dan Masyarakat Wajib Peduli   ●   
  • Kakanwil Kemenag Riau Lepas Kontingen Riau ke KSM Tingkat Nasional   ●   
Penantian Jemaah RI Umroh Lagi Segera Terealisasi
Minggu 10 Oktober 2021, 09:59 WIB
Ilustrasi

Jakarta, berazamcom - Penantian jemaah Indonesia untuk melaksanakan umroh akan segera terealisasi. Pasalnya pihak Kerajaan Arab Saudi telah memberikan lampu hijau.

Informasi ini disampaikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang menyebut Kerajaan Arab Saudi telah memberi lampu hijau untuk jemaah umroh asal Indonesia. Jemaah asal RI segera bisa melaksanakan umroh lagi.

Hal tersebut disampaikan lewat press briefing Menlu RI Retno Marsudi yang diunggah di situs Kemlu, Sabtu (9/10/2021). Retno mengatakan pihaknya telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Arab Saudi di Jakarta soal pembukaan pelaksanaan umroh bagi jemaah asal RI di tengah pandemi Corona.

Komite khusus di Kerajaan Arab Saudi juga disebut tengah bekerja melakukan persiapan. Hal ini untuk meminimalkan hambatan yang mungkin terjadi.

"Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jemaah umroh Indonesia. Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja saat ini guna meminimalkan segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah umroh Indonesia untuk melakukan ibadah umroh," ucap Retno.

Dia mengatakan nota diplomatik itu berisi pihak Saudi dan RI terus berupaya membahas teknis masuknya jemaah umroh dari RI. Ada pertimbangan masa karantina selama lima hari bagi jemaah umroh.

"Kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jemaah," ucapnya.

"Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama lima hari bagi para jemaah umroh yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan," sambung Retno.

Kemlu, katanya, terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan pihak terkait di Saudi agar jemaah asal RI segera bisa umroh. Dia mengatakan koordinasi itu dilakukan langsung oleh dirinya.

Kemenag Temui Dubes Saudi

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Himan Latief sebelumnya sempat bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqafi. Pertemuan itu membahas soal ibadah umroh di masa pandemi.

"Kepada Dubes, saya menyampaikan bahwa jemaah Indonesia sudah merindukan proses umroh yang indah dan proses haji yang khusyuk. Mereka betul-betul menunggu angin segar yang bisa memberikan kemudahan untuk bisa melaksanakan ibadah umroh dan haji," terang Hilman dalam keterangannya, Kamis (7/10/2021).

Hadir mendampingi Hilman, Sesditjen PHU Ramadhan Harisman, dan Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid.

Hilman juga menerangkan soal penanganan virus Corona (COVID-19) di Indonesia yang membaik. Menurutnya, hampir seluruh kota mengalami penurunan kasus yang drastis dan masyarakat yang sudah paham soal protokol kesehatan.

"Harapannya, ini bisa dijaga dengan disiplin agar pandemi terus menurun, keadaan menjadi lebih baik lagi, dan jemaah Indonesia bisa segera mendapat kesempatan untuk beribadah umroh," ujar Hilman.

Menurut Hilman, perlu ada skema khusus dalam penyelenggaraan ibadah umroh di saat pandemi. Untuk itu, pihaknya saat ini terus bersinergi dan berkoordinasi dengan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Kemenkes, Kemenlu, Kemenhub, Maskapai Penerbangan.

 

 

 

 

 

 

[]bazm

Sumber : detik.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top