Sabtu, 2 Maret 2024

Breaking News

  • Dukung Penuh Rencana Edy Nasution Maju Pilgubri, Ini Kesan Wakil Ketua FKUB Riau Frans PF Sirait   ●   
  • Surya Smart Village: Langkah Inovatif Meretas Kemandirian Desa Terpencil   ●   
  • Tertibkan Gepeng, Dinsos Pekanbaru Sasar Persimpangan Lampu Merah   ●   
  • Pj Gubri SF Hariyanto Ramah Tamah Bersama Tokoh Masyarakat Riau   ●   
  • Dilantik jadi Pj Gubri, Muflihun: SF Hariyanto Sosok yang Banyak Pengalaman   ●   
Bupati Inhu sampaikan 'Kado Indah' Presiden pada peringatan Hari santri 2021
Selasa 26 Oktober 2021, 16:55 WIB
ist

Inhu, berazamcom - Memperingati Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 oktober, Pemkab Inhu melaksanakan upacara peringatan hari santri di lapangan pondok pesantren modern Nur Alif, Desa Seko Lubuk tigo, Kecamatan Lirik, Selasa (26/10/2021).

Menjadi Inspektur Upacara, Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi dengan peserta upacara camat Lirik, Sani S, Forkopimcam Lirik, pengurus dan santri pesantren se-Kabupaten Indragiri Hulu.

Dalam sambutan menteri agama Indonesia yang dibacakan saat amanat upacara Bupati Indragiri hulu, Rezita Meylani Yopi menjelaskan bahwa hari santri yang jatuh pada 22 oktober ditetapkan melalui keputusan presiden no 22 tahun 2015 yang merujuk pada tercetusnya "Resolusi jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pada peringatan hari Santri tahun ini mengusung tema "Santri Siaga Jiwa Raga" sebagai bentuk pernyataan sikap Santri Indonesia agar selalu siap siaga jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia.



Tema "Santri Siaga Jiwa Raga" juga penting dan relevan di masa pandemi covid-19 ini agar santri tidak lengah dan terus menerapkan protokol kesehatan.

Terakhir disampaikan juga bahwa pada peringatan hari santri tahun 2019 lalu, para santri mendapat 'kado indah' dari presiden Joko Widod berupa pengesahan undang-undang no 18 tahun 2019 yang berfungsi sebagai rekognisi, afirmasi dan fasilitasi bahwa pesantren tidak hanya Mengembangkan fungsi pendidikan, tapi juga mengambangkan fungsi dakwah dan fungsi pemberdayaan masyarakat.



Untuk tahun ini, para santri kembali mendapat 'kado indah' berupa Peraturan Presiden no 82 tahun 2021 tentang pendanaan pengadaan pesantren Yabg secara khusus mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan dalam upaya peningkatan Kualitas sumber daya manusia pendidik pesantren.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan dari para santri setiap pondok pesantren se-Kabupaten Inhu dan ditutup dengan peresmian Madrasah Aliyah Pondok pesantren Modern Nur Alif.*Adv




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top