Kamis, 19 Mei 2022

Breaking News

  • Kejari Kuansing Musnahkan Barang Bukti Kulit Harimau Hingga Sabu Sebanyak 296,80 Kg   ●   
  • Pemprov Riau Anggarkan Bantuan 14 Milyar Untuk 12.266 Pelaku Usaha Mikro   ●   
  • Selamatkan Aset, Sekda Kuansing Ambil Alih Pengelolaan Kebun Sawit Pemda   ●   
  • Rumah Zakat Terima Global Good Govermance Award 2022   ●   
  • Sendratasik FKIP UIR Taja Workshop Dendang Syair Bersama Maestro Syair Nusantara Asal Malaysia   ●   
Polisi Jamaika Tangkap Aktor Utama Pembunuh Presiden Haiti
Minggu 16 Januari 2022, 12:18 WIB
Presiden Haiti Jovenel Moise (kiri) bersama Istri. (Foto dilansir detikcom).

Pekanbaru, berazamcom-Otoritas Jamaika telah menahan seorang mantan senator Haiti yang disebut sebagai dalang utama pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise pada Juli 2021 lalu.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (16/1/2022) Juru bicara Pasukan Polisi Jamaika, Dennis Brooks, mengatakan bahwa John Joel Joseph, seorang politisi Haiti terkenal yang disebut oleh pihak berwenang sebagai tersangka dalam pembunuhan Moise, ditangkap pada hari Jumat (14/1) oleh pihak berwenang.

Brooks menolak berkomentar apakah penangkapan Joseph itu mengikuti permintaan Biro Investigasi Federal AS, yang juga sedang menyelidiki pembunuhan itu. Pihaknya juga tidak menjelaskan di mana Joseph ditangkap di Jamaika.

Diketahui pada 7 Juli 2021 lalu, Presiden Haiti Jovenel Moise ditembak mati oleh sekelompok orang bersenjatakan senapan serbu di kediaman pribadinya di Port-au-Prince. Pembunuhan itu mendorong perburuan besar-besaran hingga penyelidikan di beberapa negara di Amerika Latin dan Karibia.

Beberapa hari setelah pembunuhan Moise, Kepala Polisi Nasional Leon Charles mengatakan Joseph adalah pemain kunci dalam pembunuhan tersebut. Joseph dituduh memasok senjata dan merencanakan pertemuan.

Pihak berwenang Haiti juga telah menangkap 45 tersangka setelah pembunuhan sang Presiden itu. Meski begitu, belum ada satupun tersangka yang didakwa secara resmi.

Sementara itu, otoritas Amerika Serikat (AS) juga menangkap seorang mantan tentara Kolombia atas dugaan pembunuhan Presiden Haiti. Dia didakwa atas konspirasi penculikan dan pembunuhan.

Mantan tentara Kolombia bernama Mario Palacios (43) itu dinilai membuka jalan untuk dijeratkannya dakwaan pidana pertama dalam kasus pembunuhan Moise, yang memicu krisis politik di Haiti.

Palacios mulai disidang di pengadilan Miami pada Selasa (4/1) waktu setempat. Atas dakwaan itu, Palacios terancam hukuman maksimum penjara seumur hidup jika terbukti bersalah.**

[]sumber: detikcom





Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top