Sabtu, 13 April 2024

Breaking News

  • Waspadai Politik ''Gentong Babi'' di Pilkada Serentak: Tantangan Demokrasi di Indonesia   ●   
  • Ketika Ustadz Mawardi Salam Komando dengan Edy Natar Nasution, Teriakan ''Jadikan'' Menggema   ●   
  • Momen IKBR ''Open House'' ke Para Pemimpin Riau: Menguatkan Hubungan Silaturahmi Dihari yang Fitri   ●   
  • Warga Tanjung Rhu Naik Viar ke Kediaman Mantan Gubri Edy Natar Nasution Dihari Kedua Idul Fitri   ●   
  • Dukungan Terhadap Burhan Gurning untuk Calon Wakil Walikota Terus Mengalir   ●   
Lima Tahun CAKAPLAH.COM: Semoga Tetap Eksis di Tengah Transformasi Digitalisasi
Rabu 09 Februari 2022, 14:52 WIB
Pengasuh Cakaplah.com. (Foto; dok cakaplah)

Kendari, berazamcom-7 Februari 2017-7 Februari 2022  Cakaplah genap lima tahun. Sebagai media berbasis digital, Cakaplah.com memiliki segmentasi pembaca tersendiri. Itu lantaran sumber daya media ini telah mampu mengadaptasi diri dan eksistensinya tetap terjaga kendati berada dalam era transformasi digitalisasi saat ini.


Namun Cakaplah gak boleh berpuas diri mengingat tantangan yang dihadapi di era digital semakin berat menyusul bermunculannya ragam media sosial yang menempatkan diri sebagai 'media terdepan' dalam menyampaikan informasi ke tengah publik.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Ismail MT Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika
dalam diskusi Open Mic SDPPI yang mengangkat tema 'Tantangan dan Masa Depan Media di Era Digital' sempena Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Era digital, kalau boleh diambil sebuah perumpamaan, adalah era dimana setiap individu tidak lagi bertumpu pada ruang konvensional, tapi aktivitas kehidupan ini banyak bertransformasi dari ruang-ruang konvensional ke ruang-ruang digital.

Apa saja yang bertransformasi itu? Pertama adalah dunia keuangan dan pembayaran. Aktivitas yang berhubungan dengan dunia keuangan dan pembayaran kini dipindahkan ke ruang digital, termasuk kredit dan sebagainya.

Kedua, transportasi. Dengan perkembangan dunia digital ini, model baru pendekatan penggunaan transportasi melalui platform digital. Jadi, kondisi transportasi nasional berubah dengan adanya digitalisasi.

Ketiga, perdagangan dan industri. Termasuk dengan industri media saat ini. Industri media saat ini juga telah banyak yang merambah ruang digital. Apa pemicunya sehingga ruang digital ini bisa dimanfaatkan. Antara lain karena perkembangan teknologi internet yang memungkinkan hubungan antara orang secara massif dengan biaya yang murah.

Jadi, ada suatu perilaku mayarakat yang memanfaatkan ruang digital secara besar-besaran. Bahkan secara kecenderungannya, ruang digital ini makin mendominasi, makin lebih banyak orang menggunakan ruang digital daripada ruang konvensional dalam berbagai sektor kehidupan.

"Jelas, media juga merupakan salah satu dari sektor yang terdampak dengan adanya perubahan ke ruang digital. Pemicunya adalah teknologi berkembang begitu pesat yang didukung infrastruktur dan konektivitas. Jadi memudahkan koneksi masyarakat," kata Ismail.

Menyikapi problematika ini Cakaplah ternyata telah mengantisipasinya jauh hari. Meski diakui tidak mudah memang
bertahan hingga menginjak usia 5 tahun.

"Eksistensi bisnis media di tengah gempuran sosial media (medsos) saat ini bukanlah perkara mudah. Namun, semangat dan optimisme selalu menjadi benteng pertahanan yang mengantarkan kami hingga berusia ke-5 tahun," kata DR Zulkarnain SH.MH Komisaris Utama PT CMS, dalam percakapan daring, Rabu (9/2/2022).

ZK, panggilan akrab Zulkarnain Kadir, bilang sejak muncul ke publik awal 2017 lalu, mereka menyadari betul risiko yang akan dihadapi kedepannya. "Apalagi kami muncul di tengah terjadinya "turbulance" industri media yang harus menerima kenyataan bersaing dengan media sosial yang berimbas turunnya pendapatan media dari sektor iklan," ujarnya.

Namun walaupun dirasa berat,  "Saya, Alnofrizal, Heri Susanto, Koh Edi Liem, Nizhamul dan Dian Alhadi punya pemikiran yang sama dalam menginisiasi berdirinya media CAKAPLAH.com. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Pilihannya ada dua, bertahan atau bubar," kelakar kami ketika itu," tutur ZK.

Mengusung semangat tagline Berpikir, Berbuat Bercakap, "kami tancap gas. Alhasil, kami bisa melewati tahun pertama dengan hasil cukup bernas. Belum genap 1 tahun berdiri, kami sudah bisa mendapat kerjasama iklan dengan nilai yang lumayan lah.
Tidak sampai sepekan, bincang-bincang ringan itu menuntun kami benar-benar menuju kata sepakat mendirikan media ini," tuturnya.

Menurut ZK dia sendiri sangat yakin dengan pilihan untuk mendirikan media ketika itu. Karena media bukanlah barang baru dalam kehidupan nya. "Hampir 20 tahun karir saya sebagai ASN selalu bersinggungan dengan yang namanya media, khususnya wartawan," ujarnya.

Kini, 5 tahun sudah Cakaplah berimprovisasi menyapa pembaca setianya. Mendistribusikan ragam informasi ke ruang publik di tengah menjamurnya media media online dan medsos. Kendati demikian, tampaknya media ini tetap optimis akan mampu bertahan dan bersaing secara profesional. "Kuncinya kemauan dan kesamaan visi seluruh sumber daya yang ada. Baik SDM maupun infrastruktur pendukung lainnya. Dan yang terpenting adalah kami tetap mengembangkan kreatifitas dan soliditas agar mampu eksis ditengah transformasi digitalisasi di abad ke 21 ini," pungkas ZK.

Tahniah buat CAKAPLAH! Tetaplah berkarya dan berkontribusi dalam proses pembangunan bangsa dan Negara khususnya Provinsi Riau. God Bless You!





Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top