Jumat, 1 Juli 2022

Breaking News

  • Kisah Miris JCH di Makkah, Dihipnotis Hingga Ditangkap karena Merokok   ●   
  • Kunjungan Kerja ke Bengkalis, Wagubri Sempatkan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Al-Hakim   ●   
  • Catatan Bemusem Duren Bengkalis Gambaran Mesranya Rakyat dan Pemimpin   ●   
  • Sekda Kuansing dan KONI Riau Respon Keluhan Cabor Porprov   ●   
  • Bupati Bengkalis Kasmarni Ikut Rakor Bersama Gubernur Se-Sumatera   ●   
Kunjungi Diskominfotik, Kadisbud Tegaskan Pentingnya Kolabosari Kerja-kerja Budaya
Selasa 22 Maret 2022, 12:30 WIB
Kepala Dinas Kebudayaan Yoserizal Zen dan Kepala Diskominfotik Riau Erisman Yahya

Pekanbaru, berazamcom - Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen sengaja datang ke Kantor Dinas Kominfotik Provinsi Riau pada Senin (22/03/2022) pagi.

Pria yang akrab disapa Datuk Yos itu punya tujuan khusus, yakni ingin mempererat kerjasama atau kolaborasi antara Disbud dengan Diskominfotik. Terutama soal pemberitaan atau publikasi.

"WBTB (Warisan Budaya Tak Benda) kita, misalnya, itu sudah cukup banyak diakui UNESCO, 50-an lebih. Ini kan harus ada tindaklanjut dan sosialisasi," ungkap Yos membuka pembicaraan.

Jika tidak ada pengembangan ke arah yang lebih baik, WBTB itu terancam dicabut. "Pantun misalnya, kan sudah diakui sebagai WBTB, kita berkewajiban mengembangkannya," kata Yos lagi.

Itu sebabnya, jelas Yos, setiap 17 Desember, diperingati sebagai Hari Pantun Nasional. "Setiap tahun kita tentu harus membuat iven-iven yang menarik untuk Hari Pantun ini, agar masyarakat juga tertarik," sebut Yos.

Tidak itu saja, contoh lain Pacu Jalur, juga sudah ditetapkan sebagai WBTB. "Ini juga harus nampak pengembangannya. Misalnya bagaimana kita hidupkan lagi tradisi maelo jaluar, malayuar jaluar dan lainnya," lanjut Yos memberi contoh.

Kerja-kerja budaya ini, tegas Yos, tentu harus dibantu dari sisi publikasi oleh Diskominfotik. "Itulah pentingnya sinergi dan kolaborasi. Sehingga nampak hasil kerja kita oleh masyarakat," tegas Yos, seraya menyebut UNESCO bisa saja mencabut SK WBTB jika tidak ada kepedulian.

Dengan kerjasama yang baik antara Disbud dan Diskominfotik, Datuk Yos juga ingin menggugah kepedulian Pemerintah Kabupaten/Kota. "Inilah tugas bersama kita ke depan, tegas pria yang juga dipercaya sebagai Ketua Forum Kadis Kebudayaan se-Indonesia ini.*bazm3




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top