Jumat, 3 Februari 2023

Breaking News

  • Pemko Pekanbaru Minta LPTQ Susun Program Magrib Mengaji   ●   
  • Pj Sekdako Pekanbaru Pastikan Flyover Simpang Garuda Sakti Dibangun Tahun Depan   ●   
  • Peduli Ekonomi Desa, Gubernur Syamsuar Terima Penghargaan dari Kemendes PDTT   ●   
  • Disnaker Riau Sebut Penyebab Kematian Pekerja Sumur Minyak di Minas Siak Tak Sesuai Standar K3   ●   
  • Bulog Pastikan Stok Beras di Riau Masih Aman, Cukup untuk 4 Bulan ke Depan   ●   
MUI dan FKDM Riau Siap Berkolaborasi, Ilyas Husti : Tugas Kita Sama-sama Berat
Selasa 05 April 2022, 15:05 WIB
Pertemuan antara pengurus MUI dan FKDM Riau ini berlangsungg gembira dan penuh senda gurau

Pekanbaru, berazamcom - Ketua Majelis Ulama (MUI) Provinsi Riau Prof Dr H Ilhas Husti MA beserta pengurus menyambut rombongan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Riau di Kantor MUI Riau, Selasa (5/4/2022).

Pada kesempatan itu, Ilyas Husti menyampaikan semangat untuk berkolaborasi dengan FKDM. ''MUI ini lembaga fatwa yang diminta dan tidak dimintai fatwanya. Tentang banyak hal. Mulai  dari persoalan narkoba, toleransi antar umat beragama, sampai vaksin. Jadi, MUI juga tidak bisa sendiri. Setiap tiga bulan sekali, kami memgumpulkan komunitas-komunitas untuk berdiskusi bersama. Datang FKDM Riau ke sini, tentu kami sangat senang. Selain menjalin silaturrahmi, juga untuk kolaborasi dalam bergerak bersama membangun Riau ini,'' kata Ilyas.

Kedatangan FKDM Riau dipimpin langsung oleh Ketua Data Wardana. Semua pengurus FKDM hadir. Karena silaturrahmi, kehadiran FKDM disambut dengan berkenalan.

Ilyas bukan hanya memperkenalkan Pengurus MUI yang hadir, tapi juga membaca semua pengurus FKDM sesuai absensi. Bahkan Ilyas berbalas pantun dengan Datuk Nasir Penyalai, salah satu anggota FKDM.

 Pertemuan antara kedua organisasi ini berlangsungg gembira dan penuh senda gurau. Tapi tujuan hadirya masing-masing organisasi ini juga dipaparkan dengan jelas. ''Tugas kita ini sama-sama berat. Makanya perlu bergandeng tangan,  bersinergi dan kolaborasi,'' tegas Ilyas lagi.

 Data wardana pada kesempatan tersebut juga menyampaikan tentang FKDM Riau yang belum lama lahir. Meski begitu, sebagai organisasi yang diamanatkan untuk melakukan pencegahan tentang ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dari tingkat tapak atau sejak dini, maka FKDM perlu menjalin kerjasaama dengan banyak pihak.

 ''FKDM ini mencari informasi sebanyak-banyaknya dari tingkat paling tapak di tengah masyarakat tentang sesuatu yang mengangancam, mengganggu keamanan dan ketertiban umum, sekaligus bertugas menyampaikan informasi tersebut kepada pemerintah, dalam hal ini gubernur,'' jelas Data.

 Data juga menambahkan, FKDM bersama MUI Riau melalui bidang dakwah, bidang penelitian dan pengkajian, bisa melakukan pemetaan dakwah dan deteksi konflik atau perpecahan yang dapat mengganggu kerukunan umat beragama. Singkroniasi dan kerja kolaborasi ini juga diharapkan bisa dilakukan FKDM di setiap kabupaten/kota dengan MUI masing-masing kabupaten/kota.

 Selain Ketua  MUI Riau Prof H Ilyas Husti MA, hadir juga dalam pertemuan ini pengurus MUI Riau. Mereka antara lain H Abu Nawas SA MM (Sekkum), Drs Afrizal DS (Ketua), Dr Elfiandri MSi (Ketua Komisi Ukhuwah Islamiyah), dan Drs H Azwir Alimuddin MSi (Ketua).*bazm3




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top