Senin, 5 Desember 2022

Breaking News

  • Ambil Sumpah ASN, Plt Bupati Kuansing Sayangkan Minimya Kehadiran CPNS   ●   
  • Pemprov dan Delapan Kabupaten/Kota di Riau Teriam Predikat WTP   ●   
  • Sudah Mulai Belajar Berjalan, Mita Ingin Kembali Bersekolah   ●   
  • Riau Terima DIPA dan TKD Tahun 2023 Sebesar Rp 30,71,Triliun   ●   
  • BMKG : Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Mengguyur Riau Sore Hingga Dini Hari   ●   
Lebih Dekat dengan H Asmar: Dari Aparat ke Politik Praktis
Selasa 26 April 2022, 09:30 WIB
AKBP (Purn) H Asmar

"Kesabaran dan keahlian sangat penting dalam membidik sasaran. Jangan pernah lengah walaupun sesaat" --H Asmar--

SIAPA yang tak kenal dengan bapak satu ini? Kiprahnya di kepolisian membuat AKBP (Purn) H Asmar sangat familiar di tengah masyarakat kepulauan Meranti. Apatah lagi saat ini ia duduk sebagai Wakil Bupati Kepulauan Meranti sejak dilantik pada 26 Februari 2021.

Asmar lahir pada tanggal 5 Mei 1962 di Desa Penyangun, Kepulauan Meranti. Di desa pulau terluar Indonesia ini ia dibesarkan ayah dan ibunya.

"Saya bangga dengan ayah saya (Alm) Jemang yang berprofesi sebagai petani. Meski hidup susah pada masa itu, tapi ayah sangat telaten mendidik kami  anak-anaknya. Keras memang, tapi beliau mendidik kami dengan penuh kasih sayang. Alhamdulillah, berkat didikan beliau saya bisa jadi seperti saat ini," ucap Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, AKBP (Purna) H Asmar, memulai kisah hidupnya kepada berazam.com, Senin (25/4/2022).

Asmar merupakan anak ke lima dari tujuh orang bersaudara. Ia dikenal sebagai anak yang mudah bergaul. Punya sikap tegas dan lugas, namun tak pernah menyakiti sesama teman. Tak heran kalau Asmar mempunyai banyak teman.

Memulai pendidikan dasar di SDN 001 Penyangun, Asmar tergolong anak yang cerdas. Meski tak pernah mendapat juara di kelas, namun dalam mata pelajaran matematika ia sangat jago. Cerdas dan tangkas membuat ia pernah ditunjuk menjadi ketua kelas. Ya, bakat pemimpinnya sudah terlihat ketika masih kecil.



"Perjuangan kami dulu untuk menimba ilmu di sekolah sangat keras. Ke sekolah bertelanjang kaki, tanpa alas atau pun kasut. Jalan belum ada yang aspal. Jalan tanah yang kalau hujan penuh lumpur. Semua itu kami jalani dengan sabar," ucapnya.

Tamat SD pada tahun 1975, Asmar melanjutkan sekolahnya ke MTsN Selatpanjang. Setelah lulus SMP tahun 1978, Asmar melanjutkan studinya di SMEA Negeri Selatpanjang.



Di sekolah menengah ini ia mulai aktif berorganisasi. Waktu itu belum ada yang namanya OSIS, namun organisasi lainnya ada seperti kepanduan.

Tahun 1984, pasca ia menyelesaikan pendidikannya di SMEA, Asmar memutuskan untuk ikut tes kepolisian. Ia dinyatakan lulus dan berhak mengikuti pendidikan di SPN Pekanbaru.

Pada tahun 1986, ia ditempatkan di Polres Indragiri Hulu. Di negeri 'Seribu Parit' ini Asmar menapak karier sebagai aparat kepolisian. Berbagai jabatan telah dirasakannya. Akhir masa tugasnya menjabat sebagai Plh Dir TAHTI  Polda Riau tahun 2018.

Atas dedikasi, pengabdian dan prestasinya di jajaran kepolisian, dirinya pun pernah mendapatkan penghargaan tanda kehormatan bintang Bhayangkara Naraya dari Presiden RI tahun 2019.

Politik Praktis

Pensiun dari kepolisian, Asmar pun dilirik banyak pihak untuk bisa terjun ke dunia politik. Asmar yang memang anak jati Meranti ini pun punya keinginan besar untuk membangun tanah kelahirannya.

Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, pada musim Pilkada 2020, dirinya ikut seleksi penjaringan balon wabup yang dibuka oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).



Asmar Menunjukkan keseriusannya untuk menjadi bakal calon Wakil Bupati Kepulauan Meranti. Hal ini dibuktikan dengan langkahnya yang mengembalikan formulir ke DPC PDIP Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Berangkat dari keseriusan dan rasa ikhlas, sebagai putera daerah saya merasa terpanggil untuk maju di Pilkada Meranti 2020," ucap H Asmar.

Dikatakan Asmar, dirinya punya alasan kuat kenapa terpanggil maju di Pilkada, yakni ingin menjadikan masyarakat kabupaten Kepulauan Meranti yang maju, cerdas dan bermartabat. Selain itu meningkatkan pemerataan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia di Meranti.

"Alhamdulillah, hasil Pilkada, KPU Meranti memutuskan pasangan HM Adil - H Asmar sebagai pemenang Pilkada Meranti Tahun 2020 dengan raihan suara terbanyak, 37.1106 suara," ucap Asmar yang hobi berburu dan mancing ini. (sier)

Biodata Singkat:

Nama :
AKBP (Purn) H Asmar
Tempat/Tgl Lahir: 05 Mei 1962
Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Nama istri: Ismiatun SE
Anak :
- Anggara Desmarisma SE
- Antoni Shidarta SH CP NLH
- Amelia Rizky

Riwayat Pendidikan:
- SD Negeri 001 Pengayun
- MTS Negeri Selatpanjang
- SMEA Negeri Selatpanjang

Riwayat Pekerjaan:
- PAMAPTA 1 Polres Tanjungpinang
- KBO Bimas Polres Inhil
- Kapolsek Kemuning Polres Inhil
- KTAUD Polres Inhil
- Kapolsek Gaung Polres Inhil
- Kapolsek Enok Polres Inhil
- Kapolsek Gas Polres Inhil
- Kapolsek Mandah Polres Inhil
- Kapolsek Kateman Polres Inhil
- Kabag SUMDA Polres Inhil
- Wadir TAHTI Polda Riau (2018)
- Plh Dir TAHTI Polda Riau (2018)




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top