Jumat, 1 Juli 2022

Breaking News

  • Kisah Miris JCH di Makkah, Dihipnotis Hingga Ditangkap karena Merokok   ●   
  • Kunjungan Kerja ke Bengkalis, Wagubri Sempatkan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Al-Hakim   ●   
  • Catatan Bemusem Duren Bengkalis Gambaran Mesranya Rakyat dan Pemimpin   ●   
  • Sekda Kuansing dan KONI Riau Respon Keluhan Cabor Porprov   ●   
  • Bupati Bengkalis Kasmarni Ikut Rakor Bersama Gubernur Se-Sumatera   ●   
Harga TBS di Kuansing Belum Sesuai Pergub, APKASINDO Ancam Laporkan PKS Keaparat Hukum
Senin 09 Mei 2022, 18:01 WIB
Sekretaris Apkasindo Kuansing, Imrial, SE, MM

Kuansing, berazamcom - Pengurus Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia ( APKASINDO ) DPD Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) ,Riau ancam Pabrik Kelapa Sawit ( PKS ) di Kuansing bila dalam waktu satu minggu kedepan tidak menyesuaikan harga dengan ketetapan harga Pemerintah Riau melalui Dinas Perkebunan.

Hal ini disampaikan Ketua APKASINDO Kuansing melalui sekretarisnya Imrial, SE, MM kepada media Senin siang ( 09/05 ) di Telukkuantan.

Menurut  Imrialis, SE, MM,  Penurunan harga TBS petani yang  dilakukan secara sepihak oleh PKS sejak tanggal 23 April lalu  tanpa berdasarkan harga ketetapan yang di tetapkan oleh pemerintah melalui Dinas Perkebunan Provinsi Riau.

Harusnya semua PKS Patuh terhadap Pergub Nomor 77 Tahun 2020 (turunan Permentan 01 2018), tentang Tataniaga TBS, tapi kenyataannya harga TBS kami malah hanya dihargai 30% dari harga yang ditetapkan oleh Disbun Provinsi Riau.

"Kesabaran kami sudah habis, kami menunggu satu minggu kedepan jika PKS masih zalim terhadap petani, kami akan melaporkan secara resmi sekitar 20 PKS ke Aparat Penegak Hukum (APH), ke Polres Kuansing " tegasnya.

Dalam penjelasannya didampingi sejumlah pengurus Apkasindo,  lebih lanjut menjelaskan bahwa pihaknya mendapat laporan dan keluhan para petani sawit di Kuansing dimana harga TBS mereka anjlok jauh dan Parahnya lagi, potongan timbangan naik dari biasanya di PKS. Laporan ini sudah berlangsung sejak 23 April lalu.

"Namun kami terlebih dahulu melakukan telaah dilapangan dan berkordinasi ke DPW APKASINDO, uraian dari harga penjualan TBS sebelum tanggal 22 April rata-rata masih Rp3.500-Rp.3.950/kg, sejak tanggal 23 April langsung ambruk dan tgl.7/5 lalu harga ditingkat petani masih 1000 an. Saat ini ada kenaikan namun tidak dominan hanya dihargai  Rp.2.000-an per Kg, ini tidak manusiawi, padahal harga CPO dunia sedang melambung Rp.24.500/kg, Situasi itu terjadi hampir merata di tiap pabrik-pabrik PKS yang ada di Kuansing," kata Imrialis.

"Sementara dalam pengamatan kami bersama, bahwa harga TBS yang di tetapkan oleh pemerintah dengan berbagai indikator, tidak pernah turun, masih di atas Rp.3000/kg". Kami percaya dengan Pemerintah, dalam hal ini Disbun "ya kalau katanya turun ya kami terima, kan ini tidak turun, masak kami diam saja", tambahnya.

Untuk tindakan ini, pihaknya sudah kordinasi ke Ketua DPW APKASINDO. PKS-PKS di Kuansing sangat keterlaluan membeli TBS Petani, terkhusus yang Petani Swadaya, demikian juga RAM (Pedagang Pengumpul), semua berpacu menurunkan harga TBS petani.

"Kami mohon kepada semua PKS-PKS di Kuansing untuk melakukan pembelian TBS petani secara proporsional, jangan sepihak, jangan menangguk di air keruh, kami petani sawit jangan dijadikan tumbal untuk keuntungan berlebih, ini sudah merampok namanya, mohon juga ke Bapak Kapolres Kuansing, Satgas Pangan Nasional dan provinsi untuk memperketat pengawasan juga memeriksa segera PKS-PKS dan juga gak kalah pentingnya memeriksa PEROND atau RAM sebagai bagian dari pemasok TBS PKS, ini Penting untuk meredam kemarahan petani sawit, terkhusus di Kuansing,"ujar Imrialis mengakhiri.

Sementara berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum pertanggal 9 Mei harga sawit di salah satu RAM di Kuansing di angka 1.920/kg, namun untuk besok sepertinya harga terus bergerak naik, kata salah seorang karyawan RAM tersebut.

 

 

 

 

[]bazm-8




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top