Kamis, 19 Mei 2022

Breaking News

  • Pemprov Riau Anggarkan Bantuan 14 Milyar Untuk 12.266 Pelaku Usaha Mikro   ●   
  • Selamatkan Aset, Sekda Kuansing Ambil Alih Pengelolaan Kebun Sawit Pemda   ●   
  • Rumah Zakat Terima Global Good Govermance Award 2022   ●   
  • Sendratasik FKIP UIR Taja Workshop Dendang Syair Bersama Maestro Syair Nusantara Asal Malaysia   ●   
  • Repdem Riau Ingatkan, Pj Kepala Daerah Jangan Rasis dan Mesti Berjiwa Pancasila   ●   
Pansus Konflik Lahan Masyarakat Dengan Perusahaan DPRD Riau Kunjungi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN
Jumat 25 Februari 2022, 17:10 WIB
Pansus Konflik Lahan Masyarakat Dengan Perusahaan DPRD Riau saat menguunjungi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN di Jakarta

Jakarta, berazamcom – Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Hardianto, bersama Panitia Khusus (Pansus) Konflik Lahan Masyarakat dengan Perusahaan DPRD Provinsi Riau kecewa terhadap argumentasi yang diberikan oleh pihak Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Jumat (25/2/2022).

Rombongan Pansus dipimpin oleh Ketua Pansus Konflik Lahan Masyarakat dengan Perusahaan DPRD Provinsi Riau Marwan Yohanis, didampingi Wakil Ketua Pansus Konflik Lahan Masyarakat dengan Perusahaan DPRD Provinsi Riau Robin P. Hutagalung, serta Anggota Pansus Konflik Lahan Masyarakat dengan Perusahaan DPRD Provinsi Riau lainnya yaitu Abu Khoiri, Manahara Napitupulu, dan Tumpal Hutabarat.

Dilansir dari dprd.riau.go.id, Pansus Konflik Lahan Masyarakat dengan Perusahaan DPRD Provinsi Riau mengunjungi Kementrian ATR/BPN dalam rangka kunjungan kerja terkait konflik lahan yang terjadi di Provinsi Riau. Kunjungan tersebut didasari oleh banyaknya surat masuk, aspirasi, dan desakan dari masyarakat untuk menyelesaikan konflik lahan yang ada di daerah mereka.

Dalam kunjungan tersebut berbagai persoalan pun dilontarkan oleh Anggota Pansus diantaranya adalah masalah HGU yang bermasalah, status kawasan yang diragukan, perizinan yang diterbitkan tidak sesuai, proses yang tidak prosedural, dan lain sebagainya.

Pihak Kementerian pun merespon hal tersebut dan menjelaskan aturan-aturan yang menjadi wewenang Kementrian ATR/BPN. Namun masalah tersebut belum menemukan titik terang yang jelas. Sehingga Pansus kecewa terhadap argumentasi dan pernyataan yang diberikan oleh pihak Kementerian ATR/BPN yang mengakibatkan diskusi terhenti karena tidak menemukan solusi.

Pihak Kementerian pun akhirnya meninggalkan ruang diskusi tanpa ada kejelasan, sehingga pertemuan tersebut tidak membuahkan hasil dan akan dijadwalkan ulang kembali. Agar selanjutnya yang dapat menerima kehadiran Pansus ini nantinya adalah orang-orang yang dapat mengambil keputusan.

Saat dimintai keterangan usai rapat, Marwan mengatakan bahwa penyelesaian konflik yang saat ini belum membuahkan hasil. Masih terlihat normatif, dan tidak lagi menjadi persoalan yang serius.

“Jawaban yang tidak sesuai harapan ini memancing emosi saya dalam memimpin rapat, saya minta maaf dengan apa yang terjadi. Saya sangat kecewa dengan pemerintah saat ini karena pemerintah yang memberi izin kepada perusahaan yang ada di republik ini. Tetapi pemerintah kita tak berdaya terhadap kesewenangan-wenangan terhadap perusahaan yang beroperasi di wilayah Indonesia. Sekali lagi saya mohon maaf kepada masyarakat Riau terhadap kebijakan pemerintah. Sehingga kami belum berhasil memperjuangkan harapan masyarakat, untuk itu saya mohon maaf,” tuturnya.

 

 

[]bazm




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top