Jumat, 1 Juli 2022

Breaking News

  • Kisah Miris JCH di Makkah, Dihipnotis Hingga Ditangkap karena Merokok   ●   
  • Kunjungan Kerja ke Bengkalis, Wagubri Sempatkan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Al-Hakim   ●   
  • Catatan Bemusem Duren Bengkalis Gambaran Mesranya Rakyat dan Pemimpin   ●   
  • Sekda Kuansing dan KONI Riau Respon Keluhan Cabor Porprov   ●   
  • Bupati Bengkalis Kasmarni Ikut Rakor Bersama Gubernur Se-Sumatera   ●   
Merdeka Belajar, 89 Orang CGP di Kuansing Ikuti Festival Panen Hasil Belajar
Senin 16 Mei 2022, 14:30 WIB
Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby saat menyerahkan penghargaan kepada tokoh pendidikan Kuansing di acara Upacara Hardiknas 2022

Kuansing, berazamcom – Delapan puluh Sembilan orang Calon Guru Penggerak (CGP ) dari Kabupaten Kuantan Singingi sudah mengikuti lokakarya ke 7, dengan tema Festival Panen Hasil Belajar pada tanggal 13 – 14 Mei 2022 yang lalu di Gedung Aula SMAN Pintar Telukkuantan.

Program Guru Penggerak merupakan persiapan untuk tenaga pendidik mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar didunia Pendidikan sesuai  Keputusan Direktorat Jenderal Guru dan tenaga Kependidikan Nomor 3028/B/GT/2020 tentang Pedoman Pendidikan Guru Penggerak.

Menurut Plt Kadis Pendidikan Kepemudaan dan olahraga (Disdikpora ) Kabupaten Kuantan Singingi Masrul Hakim, Calon Guru Penggerak menjalankan proses pendidikan selama 9 bulan yang terdiri dari pembelajaran daring dan pendampingan.

Pembelajaran daring berlangsung selama 9 bulan dengan 3 paket modul yang wajib dipelajari oleh Calon Guru Penggerak. Pendampingan terdiri dari lokakarya dan pendampingan individu yang akan dilaksanakan setiap bulan selama 9 bulan.

Kegiatan Lokakarya merupakan salah satu bentuk dan kesempatan para CGP bertemu dengan para pendampingnya.

“Rangkaian Hardiknas kemarin sudah tahapan lokakarya ke 7, dengan tema Festival Panen Hasil Belajar. Pada lokakarya 7 ini CGP  mempromosikan hasil kerja nyata dan program unggulannya”, sebut Masrul.

"Adapun hasil yang diharapkan pada lokakarya ke 7 ini adalah, pertama Calon Guru Penggerak dapat menyusun Analisis hasil evaluasi program yang dibuat di Lokakarya 6, kedua Calon Guru Penggerak dapat Menyusun analisis evaluasi program pelatihan CGP, ketiga Calon Guru Penggerak dapat berbagi Praktik baik di lingkungan belajar sekolah, keempat Calon Guru Penggerak dapat menyusun ide program selanjutnya,"urainya.

Sementara diketahui Guru penggerak merupakan program pendidikan dari pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru. Selain itu hadirnya program guru penggerak diharapkan mampu menggerakkan komunitas belajar.

Prinsip program ini sama seperti kurikulum merdeka dimana menggunakan metode yang lebih fleksibel. Nantinya guru penggerak mendorong upaya peningkatan kualitas pendidikan di sekolah maupun diluar sekolah menggunakan pendekatan andradogi dan blended learning.

Itu berarti guru yang terpilih dan menjalankan program ini wajib menerapkan proses pembelajaran yang didasarkan atas realitas dengan menggabungkan strategi tatap muka dan belajar daring.

Kemudian syarat secara umum menjadi guru penggerak adalah, pertama Guru PNS maupun Non PNS baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, kedua memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), ketiga memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4, keempat memiliki pengalaman minimal mengajar 5 tahun, kelima memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun, keenam memiliki keinginan kuat menjadi Guru Penggerak.

 

 

[]bazm-8




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top