Jumat, 12 Agustus 2022

Breaking News

  • BBM Langka di SPBU, CERI: Muara dari Inefisiensi Proses Bisnis Pertamina Mulai Hulu Hingga Hilir   ●   
  • Jika NIK Dicatut Parpol, KPU Minta Masyarakat Melapor   ●   
  • Gubri Syamsuar Resmikan Mall Vaksinasi COVID-19 dan Imunisasi Rutin   ●   
  • Antisipasi Karhutla dan Bencana Alam, Satgas TMMD Gelar Penyuluhan ke Masyarakat Sialang Rampai   ●   
  • Perwira Polri Putra Kuansing Peroleh Beasiswa S3 Polri   ●   
Sangat Disayangkan Dana 5 Miliyar Terabaikan, Pemkab Kuansing Tidak Memanfaatkan Kuota Kartu JKN
Sabtu 28 Mei 2022, 18:59 WIB

Kuansing, berazamcom – Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau masih aunder Kuota atau masih ada kuota yang belum terpenuhi terkait kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN ).

Kuota ini masih sangat banyak ada sekitar 13.000 bila dihitung dengan materi ada sekitar 5 miliar Pemkab kuansing membiarkan dana yang ditanggung Pemerintah Pusat yang tidak dimanfaatkan oleh Pemerintah Kuansing untuk masyarakatnya.

Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN ) ini merupakan tanda  untuk memperoleh layanan di fasilitas kesehatan dengan mekanisme yang ditentukan.

Landasan hukum program JKN KIS adalah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004. Program ini dijalankan oleh lembaga BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan menerbitkan KIS untuk seluruh program JKN termasuk Penerima Bantuan Iuran (PBI), Askes, dan JKN BPJS Kesehatan.

Belum terpenuhi kuota JKN untuk Kuantan Singingi ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin Jum’at ( 27/05 ) saat acara rembuk stunting percepatan penurunan stunting Kabupaten Kuansing di Pendopo rumah Dinas Bupati Kuansing.

“Sayang, Kuansing aunder Kuota lebih kurang 13.000 untuk JKN, bila dihitung setahun ada sekitar 5 miliyar dana pusat yang tidak bisa dinikmati”, Kata Zainal Arifin usai acara kepada awak media.

“saya rasa ini leding sektor Dinas Sosial untuk menginput data pada tanggal 1-11 setiap bulannya, Kabupaten Kota lain terus berpacu memanfaatkan kuota JKN ini. Jawa barat saja minsalnya, itu mereka terus menginfut sementara kuota mereka sudah penuh”, papar Zainal.

Bila Bupati Kuansing mau kata Kadis Kesehatan Riau tersebut, sangat mudah membantu masyarakat terkait jaminan Kesehatan.

“Tinggal input data KTP oleh Dinas Sosial”, katanya.

Tidak itu saja, rupanya Kuansing saat ini  juga belum memiliki Gedung farmasi.

“ Saya kira tidak ada lagi di Riau yang belum memiliki Gedung Farmasi, rupanya Kuansing belum”, kata Kadis tersebut.

“ Kami dari Dinas Kesehatan Provinsi siap membantu Pemkab Kuansing melalui Bantuan Keuangan Provinsi Riau untuk pembangunan Gedung Farmasi, dengan catatan sudah ada Hibah tanahnya”, pungkas Zainal.


 

 

[]bazm-8




Untuk saran dan pemberian informasi kepada berazam.com, silakan kontak ke email: redaksi.berazam@gmail.com


Komentar Anda
Berita Terkait
 
 


About Us

Berazamcom, merupakan media cyber berkantor pusat di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Indonesia. Didirikan oleh kaum muda intelek yang memiliki gagasan, pemikiran dan integritas untuk demokrasi, dan pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Kata berazam dikonotasikan dengan berniat, berkehendak, berkomitmen dan istiqomah dalam bersikap, berperilaku dan berperbuatan. Satu kata antara hati dengan mulut. Antara mulut dengan perilaku. Selengkapnya



Alamat Perusahaan

Alamat Redaksi

Perkantoran Grand Sudirman
Blok B-10 Pekanbaru Riau, Indonesia
  redaksi.berazam@gmail.com
  0761-3230
  www.berazam.com
Copyright © 2021 berazam.com - All Rights Reserved
Scroll to top